Wednesday, June 11, 2014

Beda Demam Dengue dengan Demam Berdarah Dengue

Beda Demam Dengue dengan Demam Berdarah DengueDEMAM dengue dan demam berdarah dengue (DBD) ternyata berbeda. Meski penyebabnya sama, yakni gigitan nyamuk aedes aegypti, keduanya memiliki perbedaan gejala.

Menurut Dr dr Leonard Nainggolan, Sp.PD-KPTI dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, ada cara mudah untuk membedakan demam dengue dan demam berdarah dengue.

?Kalau seseorang mengalami demam tinggi secara mendadak disertai dengue shock syndrome, kita curigai sebagai demam berdarah. Tetapi, adakah tanda-tanda kebocoran plasma? Kalau tidak ada, itu hanya disebut dengan demam dengue,? ucapnya pada workshop Soho Global Health bertema "Waspadai Kebocoran Plasma saat DBD" di Artotel Hotel Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Sementara, bila demam tinggi secara mendadak disertai dengue shock syndrome dan tanda kebocoran plasma, maka itu disebut demam berdarah dengue. Tanda kebocoran plasma sendiri terlihat dengan adanya edema palpebra atau kelopak mata bengkak dan kemerahan.

?Jadi, bukan berarti berdarah sudah pasti demam berdarah dengue. Walaupun berdarah dan ada bintik merahnya, tetapi tidak ada kebocoran plasma itu diklasifikasikan demam dengue. Sedangkan, bila ada kebocoran plasma disebut demam berdarah dengue,? simpulnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment