Saturday, June 14, 2014

Batu Ginjal Bisa Muncul Akibat Minum Susu & Vitamin C

Batu Ginjal Bisa Muncul Akibat Minum Susu & Vitamin CBATU GINJAL dan batu saluran kemih bisa terbentuk karena adanya gangguan non-metabolik, misalnya terkena infeksi saluran kemih. Tetapi, timbulnya batu di ginjal atau saluran kemih juga bisa disebabkan faktor metabolik.

Spesialis Urologi RS Premier Bintaro, Dr Gideon FP Tampubolon, SpU, mengatakan bahwa salah satu faktor metabolik yang dapat memicu timbulnya batu adalah gangguan metabolisme, misalnya mengalami hiperparatiroid. Hiperparatiroid adalah penyakit yang disebabkan oleh kelebihan sekresi hormon paratiroid (PTH) yang ditandai dengan dekasifikasi tulang dan terbentuknya batu ginjal yang mengandung kalsium. Lalu, mengapa hiperparatiroid memicu timbulnya batu di ginjal atau saluran kemih?. (baca: Deretan herbal atasi batu ginjal)

"Pada kondisi ini, bila kelenjar paratiroid (sebuah kelenjar endokrin di leher yang memproduksi hormon paratiroi ) di gondok (leher-red) terlalu aktif, maka penyerapan kalsium di dalam usus akan sangat tinggi," ucapnya pada media gathering & health talk bertema ?Laser untuk Penanganan Terkini Pembesaran Prostat dan Batu Saluran Kemih? di RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan, belum lama ini. (baca: Lama terbaring bisa akibatkan batu ginjal)

Ketika penyerapan kalsium tinggi, maka kadar kalsium akan meningkat di dalam darah, sehingga dapat mengendap di ginjal. Pada akhirnya kalsium yang mengendap di dalam ginjal akan memicu timbulnya batu.

Sementara itu, Dr. Gideon mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi asupan kalsium secara normal pada organ ginjalnya juga berisiko terbentuk batu kalau mengalami hiperparatiroid. Tetapi, Dr. Gideon juga memperingatkan orang-orang yang kelenjar paratiroidnya normal terkait risiko terbentuknya batu pada ginjal mereka. (baca: Cara sederhana atasi batu ginjal)

"Tetapi orang yang paratiroidnya normal juga harus hati-hati. Mungkin dia suka konsumsi susu berkalsium tinggi, atau mengonsumsi vitamin C dosis tinggi, hati-hati itu juga memudahkan timbulnya batu (ginjal)," simpulnya.
(uky)

»

0 comments:

Post a Comment