Wednesday, June 11, 2014

Bangun Pagi Bikin Lebih Aktif & Ceria

Bangun Pagi Bikin Lebih Aktif & CeriaSEBAGIAN orang sulit bangun lebih pagi, entah karena tidur terlalu larut atau mengalami insomnia. Padahal, bangun lebih pagi memiliki banyak manfaat kesehatan secara keseluruhan.

Berikut beberapa manfaat bangun lebih pagi, sebagaimana dilansir Womenshealthmag, Kamis (12/6/2014).

Lebih termotivasi untuk berolahraga

Kurang beraktivitas dapat berakibat fisik kurang bugar sampai mengalami beberapa masalah kesehatan, termasuk obesitas. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Sleep 2014 pada pertemuan tahunan Associated Professional Sleep Societies dikatakan, bangun terlambat membuat seseorang cenderung malas bergerak.

Lebih ceria

Bangun lebih pagi dapat meningkatkan mood seseorang dibandingkan mereka yang bangun terlambat. Laporan sebuah studi pada 2012 dari the Journal Emotion menyebutkan, orang yang bangun lebih pagi merasa lebih sehat karena rutinitas sehari-hari lebih sinkron dengan lingkungan sekitar.
 
Selain itu, penelitian di Jerman pada  2013 mengatakan bahwa orang-orang yang bangun pagi memiliki risiko lebih kecil mengalami depresi. Penelitian ini juga menemukan adanya hubungan antara depresi yang lebih tinggi dengan tidur larut malam.
 
Makan lebih sehat

Bangun lebih pagi dapat membuat pola makan seseorang menjadi teratur dan sehat. Menurut studi dari the University Northwestern di tahun 2011, orang-orang yang bangun terlambat mengonsumsi 248 kalori dalam sehari. Selain itu, mereka juga mengonsumsi makanan dua kali lebih banyak dari biasanya, serta hanya sedikit mengudap sayuran dan buah-buahan.
  (fik)

»

0 comments:

Post a Comment