Wednesday, June 18, 2014

BAB Cuma Tiga Kali Seminggu, Segera Periksa Penyebabnya

BAB Cuma Tiga Kali Seminggu, Segera Periksa Penyebabnya   SUSAH buang air besar atau BAB sebaiknya jangan disepelekan. Apalagi, jika hal itu terjadi lebih dari sehari.

Menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, BAB harus dilakukan setiap hari. Jika tidak, maka ada yang tidak normal dalam metabolisme tubuh.
 

"Buang air besar setiap hari itu normal. Tetapi, kalau cuma tiga kali buang air besar dalam seminggu, itu sudah tidak normal," katanya pada peluncuran website dan talkshow ?Mari Bicara Sembelit ?di Eatology, Sabang, Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut, internis FK UI ini mengatakan bahwa jika sepekan tidak bisa BAB, sebaiknya lakukan pemeriksaan. Sebab, hal itu bisa menjadi cikal bakal kanker kolon di kemudian hari. (Baca: Makan Apel Bikin Perut Sembelit?)

"Jika seseorang hanya bisa BAB seminggu sekali, maka itu bisa meyisakan kerak kotoran yang menempel di dinding saluran cerna. Hal ini bisa menyebabkan racun, dan jika ada bakteri datang bisa menyebabkan peradangan hingga menyebabkan polip. Inilah yang beberapa tahun kemudian bisa menyebabkan kanker usus besar," tutupnya.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment