Wednesday, June 11, 2014

Awas, Barang-Barang di Rumah Jadi Sarang Nyamuk DBD

Awas, Barang-Barang di Rumah Jadi Sarang Nyamuk DBDNYAMUK aedes aegypti, penyebab demam berdarah dengue (DBD), dikenal senang hidup di lingkungan bersih. Karenanya, penting untuk mewaspadai tempat-tempat yang menjadi kesenangan nyamuk ini untuk berkembang biak.

Menjaga lingkungan bersih saja tidak menjamin nyamuk DBD tidak berkembang biak. Dr dr Leonard Nainggolan, Sp.PD-KPTI, dari RSCM mengatakan, masyarakat sering tidak sadar dengan adanya beberapa tempat di lingkungan rumah, yang terlihat bersih tapi justru jadi sarang nyamuk.

?Banyak orang bikin tanaman di rumah, kemudian di bawahnya dibuatkan alas supaya rapi. Tetapi, mereka tidak menyadari kalau alas tersebut bisa menjadi tempat air tergenang,? ucapnya pada workshop Soho Global Health bertema "Waspadai Kebocoran Plasma saat DBD" di Artotel Hotel Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Dr Leonard mencontohkan kasus tertinggi DBD di Kelapa Gading, Jakarta Utara, beberapa tahun lalu. Seperti diketahui, Kelapa Gading merupakan kawasan pemukiman kalangan ekonomi menengah ke atas dan lingkungan yang bersih. Ternyata, angka kasus DBD di sana menjadi yang tertinggi.

?Kebanyakan kasus bukan di outdoor melainkan indoor, seperti di dispenser, AC, dan alas pot bunga. Jadi, sebenarnya tidak tergantung kepada orang menengah ke atas atau tidak, yang terpenting adalah hindari sebisa mungkin sarang nyamuk atau air yang terjebak di wadah-wadah kecil ataupun besar,? tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment