Wednesday, June 11, 2014

ASI Tidak Keluar, Haruskah Bayi Minum Formula?

ASI Tidak Keluar, Haruskah Bayi Minum Formula?SAAT baru melahirkan, sejumlah wanita banyak mengeluh ASI-nya tidak keluar. Karenanya, tidak sedikit yang mengganti dengan susu formula

Menurut Prof. Dr. M Juffrie, SpA (K), PhD, Ketua UKK Gastrihepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), penggantian tersebut bisa dilakukan. Namun hal itu hanya berlaku sementara.

"Untuk sementara boleh pakai susu formula. Tapi ASI tetap the best, yang datang untuk diberikan untuk anak. Setiap ibu yang melahirkan anak dengan normal wajib memberikan ASI," katanya di  Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, (11/6/2014)

Lebih lanjut, WHO sendiri juga merekomendasikan situasi yang memerbolehkan anak mengonsumsi susu formula. Diantaranya, ketika sang ibu sakit, ASI tidak tersedia ataupun anak yang sakit. Meski begitu, tetap ada batasan berapa lama anak bisa diberikan susu formula.

"Sampai dua jam kelahiran, karena anak butuh cairan untuk energi. Setelah dua jam, baru si ibu memberikan ASI," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment