Sunday, June 15, 2014

Apa Sebab Buang Air Kecil Keluar Darah & Batu Berpasir?

Apa Sebab Buang Air Kecil Keluar Darah & Batu Berpasir?MUNCULNYA batu di saluran kemih membuat seseorang merasakan sakit setiap kali buang air kecil. Lalu, apa gejala lain bila terdapat batu di saluran kemih?

Spesialis Urologi RS Premier Bintaro, Dr Gideon FP Tampubolon, SpU, mengatakan bahwa gejala yang paling sering terjadi adalah buang air kecil urine kemerahan seperti darah. Tetapi, menurutnya warna urine yang kemerahan seperti darah juga bisa disebabkan oleh infeksi ataupun tumor. (baca: Kapok batu ginjal, Naomi lolita rajin minum air putih)

"Namun, kalau kencing sudah berdarah, yang ada di pikiran kita selalu awalnya karena adanya batu," ucapnya pada media gathering & health talk bertema ?Laser untuk Penanganan Terkini Pembesaran Prostat dan Batu Saluran Kemih? di RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan, belum lama ini. (baca: Terbaring lama bisa akibatkan batu ginjal)

Lebih lanjut, Dr. Gideon mengungkapkan bila ada batu di saluran kemih, biasanya seseorang akan mengalami nyeri di pinggang. Selain itu, menurut Dr. Gideon, nyeri bisa menjalar ke perut bagian depan sampai ke lipatan paha,

"Bahkan nyeri yang dirasakan bisa sampai pada buah pelir atau testis pada laki-laki," tambahnya.

Selanjutnya, Dr. Gideon mengatakan, adanya batu di saluran kemih bisa ditandakan ketika seseorang buang air kecil keluar batu berpasir. Menurut Dr. Gideon hal tersebut bisa terjadi bila batu berukuran kurang dari 5 mm.

"Kadang-kadang batu kecil itu keluar bersama urine. Kalau batunya nyangkut sampai tidak bisa keluar pasti kesakitan pasiennya," tutupnya (fik)

»

0 comments:

Post a Comment