Tuesday, June 3, 2014

Anak Muda Harus Tahu, Merokok Bikin Cepat Keriput

Anak Muda Harus Tahu, Merokok Bikin Cepat KeriputMENKES Kesehatan Nafsiah Mboi mengakui bahwa menaikkan pajak cukai yang akan dilakukan bersama Departemen Keuangan tak serta menurunkan angka perokok pemula di Indonesia. Begitu masifnya promosi semua produk rokok.

Promosi rokok dilakukan mulai dari iklan televisi sampai di jalanan, seperti baliho dan leaflet. Tindakan ini masih memotivasi anak muda untuk tetap merokok.

"Saya akui, iklan yang ada saat ini masih memengaruhi motivasi anak muda untuk merokok. Dan, masih jadi tantangan kita," katanya di Gedung Adhyatma Kemenkes, Jakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, anak muda masih sering salah kaprah terhadap imej bahwa merokok adalah tindakan keren. Sebaliknya, ujar Nafsiah, merokok membuat penampilan seseorang tidak sedap dipandang.

"Merokok memang keren? Ah, yang ada malah bikin cepat keriput, gigi kuning, dan napas jadi bau pula. Ini yang harus mereka tahu," tegas Menkes.

Sementara, terkait fenomena produk rokok mensponsori acara anak muda, Nafsiah menegaskan bahwa sudah harusnya pemerintah daerah yang menjadi sponsornya. Apalagi, bagi kota yang sudah memiliki Undang-Undang Kawasan Tanpa Rokok.

"Jika promosi rokok masih dengan mudahnya masuk ke dalam gaya hidup anak, susah juga menekan angka perokok pemula," pungkasnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment