Tuesday, June 10, 2014

Agar Nyamuk DBD Tak Menulari Satu Keluarga

Agar Nyamuk DBD Tak Menulari Satu KeluargaDEMAM Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang paling dikhawatirkan dalam lingkungan keluarga. Pasalnya, bila salah seorang anggota keluarga terkena DBD, kemungkinan anggota keluarga lain bisa tertular.

Dr dr Leonard Nainggolan, Sp.PD-KPTI, dari RSCM mengatakan bahwa ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah diri tidak digigit nyamuk Aedes aegypti. "Caranya, karena nyamuk DBD keluarnya pukul 09.00 sampai pukul 15.00, maka ketika tidur siang harus menggunakan kelambu atau mengolesi losion penolak nyamuk," katanya pada workshop Soho Global Health bertema "Waspadai Kebocoran Plasma saat DBD" di Artotel Hotel Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (10/6/2014).

Lebih lanjut, Dr Leonard mencontohkan cara pencegahan di Thailand agar anggota keluarga lain tidak tertular DBD. Anak-anak sekolah dianjurkan untuk mengenakan seragam lengan panjang yang menutupi seluruh lengannya.

"Selain itu, kalau Muslim dianjurkan untuk mengenakan kerudung sehingga semakin sedikit kulit yang mungkin terpapar gigitan nyamuk," imbuhnya.

"Oleh karena itu, untuk mencegah anggota keluarga lain terinfeksi, perkecil kemungkinan ruang kulit terpapar atau tergigit nyamuk," simpulnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment