Wednesday, May 28, 2014

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Lansia, Kemenkes Bentuk Pokja

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Lansia, Kemenkes Bentuk PokjaDIRJEN Bina Upaya Kesehatan Kemenkes RI, Prof. Akmal Prof. dr. Akmal Taher mengungkapkan Kemenkes di tahun 2014  sudah menetapkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Kesehatan Lanjut Usia (Pokja Lansia) dari Tim Ahli di bidang Kesehatan Lanjut Usia. Keluarnya peraturan ini diharapkan bisa memberi pelayanan optimal bagi para lansia di seluruh Indonesia.
 
Menurutnya, tugas Pokja ke depan akan melakukan kajian, analisis, dan pemberian masukan terhadap kebijakan program kesehatan lanjut usia dalam memberikan pelayanan yang komprehensif kepada lansia. Selain itu, mengkoordinir upaya meningkatkan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesehatan lanjut usia, serta mengkoordinir pendataan dan surveilans Lansia.
 
?Saya harap koordinasi dan integrasi pelayanan kesehatan ini juga dapat dilaksanakan para pengelola program di daerah baik di provinsi, kabupaten atau kota dan Puskesmas serta di fasilitas pelayanan kesehatan,? jelas Prof dalam acara yang bertema Worshop Kesehatan Lanjut Usia; Pendekatan Siklus Hidup dalam Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia Menuju Lansia Sehat Sejahtera di lantai 2 ruang Bima, Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, (28/5/2014)
 
Lebih dalam, drg Kartini Rustandi M.Kes, Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar Kemenkes RI menerangkan bahwa pada puskesmas, wujud dari Pokja ini ialah Puskesmas Santun Lanjut Usia. Kegiatan pelayanan ini, kata dia, sifatnya ialah pelayanan kesehatan satu pintu, dimana disana ada para lansia bisa mendapatkan pengobatan, pencegahan, penyuluhan dan juga rujukan. "Jadi, program pelayanan kesehatan jadi terintegrasi semuanya, semua dikemas dalam waktu bersamaan. Sudah berjalan juga meski belum merata di seluruh provinsi di Indonesia," terangnya
(ren)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment