Friday, May 2, 2014

Terus Fit, Olga Dkk Harus Jalani Pola Makan Tepat

Terus Fit, Olga Dkk Harus Jalani Pola Makan Tepat   MAKAN tak teratur itu sudah jadi bagian sehari-hari para pekerja seni. Hal ini termasuk dialami Olga Syahputra, sehingga membuatnya sampai terkena meningitis.

Dokter Rubiana, ahli syaraf dari Rumah Sakit Pondok Indah menjelaskan, Olga terdiagnosis mengalami meningitis lantaran terlalu letih bekerja dan tak memiliki pola makan yang baik.  
Kenyataan itu pun seolah membuka mata kita bahwa pola makan merupakan salah satu gerbang penyakit masuk ke tubuh. Sehingga sudah sewajibnya para pekerja seni mawas diri akan makanan yang dimakan.
 
Sebab, seharusnya penyakit apa pun itu bisa cegah andai kata para pekerja seni mau makan teratur. Dr. dr. Inge Permadi MS, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS. Cipto Mangunkusumo menerangkan, sebenarnya kita bisa mencegah kondisi kita dari penyakit jenis apa pun. Prinsipnya, seseorang yang ingin terus sehat makan teratur, badan harus dijaga dengan aktivitas fisik, memiliki cara berpikir positif agar stres tak begitu menekan kebahagiaan hidup. Inilah hal yang harus diketahui para pekerja seni jika tak ingin terkena penyakit. Jika pekerja seni keluar dari prinsip kesehatan itu, sudah otomatis dia berisiko mengalami penyakit.
 
Kendati demikian, lanjut dia, tak dipungkiri pekerja seni kerap lupa atau telat untuk mengonsumsi makanan utamanya. Seperti yang diketahui setiap orang memiliki tiga makanan utama dalam sehari, plus camilan sehat.
 
Dengan demikian, hal yang harus diutamakan para pekerja seni ialah makan teratur makanan utama dengan tepat waktu. Sebab, penyakit datang itu biasanya karena daya tahan tubuh kita menurun dan itu biasanya terjadi karena telat makan.

"Saat seseorang telat makan, gula darah dalam tubuh menurun dan itu akan memengaruhi fungsi dan performa tubuh secara keseluruhan. Jika perut tidak diisi, daya tahan tubuh akan menurun dan memudahkan penyakit datang. Jadi, makan teratur memang sangat penting," ucapnya.
 
Sementara jika aktivitas memang sangat disibukkan dengan syuting atau hal lain yang membuat tak bisa mengonsumsi makanan utama, konsumsilah makanan ringan yang sehat. Hal itu bertujuan agar metabolisme tetap berkerja.
 
Lebih dalam, dr. Inge menerangkan, seseorang harus mengonsumsi makanan sehat dari jumlah maupun komposisinya.

"Apa itu makanan sehat? Itu adalah makanan yang sesuai dengan pekerjaan, plus dengan berat badan ideal Anda. Di mana tinggi badan dan berat badan seimbang hasilnya. Kalau pekerjaan sangat berat, apakah syuting sampai malam, apakah membuat lagu di ruang be-AC dalam waktu lama, jelas jumlah porsinya harus lebih," katanya saat diwawancara Okezone lewat sambungan telefon, Jumat (2/4/2014).

Untuk komposisi makan sendiri terdiri dari karbohirdat, kemudian harus protein nabati dan hewani, sayuran, dan buah. Menurutnya, jika para pekerja seni bisa melengkapi makanan utama dengan semua kandungan itu, dengan sendirinya tubuh akan membentengi dirinya dari berbagai penyakit.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment