Monday, May 12, 2014

Sudah Pukul 16.00, Ayo Berburu Sinar Matahari!

Sudah Pukul 16.00, Ayo Berburu Sinar Matahari!MENJAGA kesehatan tulang terbilang penting. Apalagi, tulang yang sehat juga menentukan penampilan seseorang.

Namun sayang, karena takut panas atau terkena sinar matahari, tidak sedikit yang justru menghindarinya. Hal inipun dibenarkan oleh spesialis gizi klinik, dr Cindiawaty Pudjiadi MARS. MS, SpGK.

"Padahal, itu kesempatan para wanita memperoleh vitamin D dari sinar matahari pagi secara gratis. Hal itu pula yang membuat wanita lebih rentan kekurangan kalsium," kata pada media workshop bertema "Mau Tulang Sehat? Kenali dan Cukupi Nutisi" di The Cone, fX, Senayan, Jakarta, Senin (12/5/2014).

Sinar matahari yang diserap oleh tubuh, imbuh dr Cindiawaty, akan membuat vitamin D lebih aktif. Selanjutnya, vitamin D yang aktif ini akan membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh lebih banyak. Alhasil, kebutuhan kalsium pun tercukupi.

Dalam kesempatan tersebut, dr Cindiawaty mengatakan bahwa penggunaan tabir surya akan mengurangi penyerapan vitamin D oleh tubuh. Meski begitu, untuk memeroleh vitamin D dari sinar matahari, sebaiknya dilakukan sebelum pukul 10.00 WIB dan setelah pukul 16.00 WIB.

"Dengan kombinasi konsumsi kalsium dan vitamin D, maka risiko patah panggul dan patah gigi akan berkurang. Kalau, misalnya, asupan kalsiumnya kurang, maka risiko osteoporosis akan meningkat. Oleh karena itu, untuk tampak cantik dibutuhkan pula tulang yang kuat dan sehat,? tutupnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment