Saturday, May 31, 2014

Mentan: Tahun 2025, Indonesia Berdaulat Susu

Mentan: Tahun 2025, Indonesia Berdaulat SusuMENTERI  Pertanian Suswono dan Wakil Pertanian Rusman Heryawan merayakan Hari Susu Nusantara (HSN) 2014 di Makassar, sulawesi Selatan. Perayaan tersebut diadakan di Anjungan Pantai Losari, Minggu (1/6/2014).

"Peringatan Hari Susu Nusantara hari ini adalah wujud kepedulian pada para peternak, pelaku usaha persusuan, dan para pelajar yang membutuhkan susu. Saya berharap dengan gerakan ini dapat memperkokoh pembangunan persusuan nasional dengan semangat baru Indonesia berdaulat susu," ujar Suswono saat memberi sambutan.

Suswono mengakui, sebanyak 70 persen produk susu Indonesia masih diimpor. Sementara, 98 persen produksi susu nasional masih di-back up tiga provinsi besar, yakni Jawa Barat, Jateng, dan Jatim. Menurutnya, tahun ini pemerintah menargetkan produksi susu nasional sejumlah 1,2 juta ton susu.

Diuraikan, cetak-biru persusuan Indonesia dibuat 2013 dan ditargetkan selesai 2025. Menurutnya, 2013 sampai 2014 menjadi tahap pemantapan persusuan nasional Indonesia. Dengan rencana aksi me-review kebijakan dan regulasi yang ada di bidang persusuan.

Sedangkan tahap berikutnya adalah, tahapan persusuan nasional yaitu 2015 hingga 2020. Pada tahap ini diharapkan konsumsi dan produksi sudah bisa seimbang sehingga impor dapat dikurangi.

"Tahap terakhir adalah tahapan persusuan Indonesia berdaulat tahun 2021 sampai 2025. Pada tahap ini produksi sudah bisa menutupi kebutuhan yang ada dan masih ada yang tersisa untuk diekspor ke luar negeri,"imbuh Suswono.

Suswono mengungkapkan, saat ini peningkatan pertumbuhan susu dalam negeri 2,3 persen, padahal kebutuhan masyarakat sudah mencapai 6 persen per tahun. "Karena itu produktivitas kita masih rendah. Posisi Indonesia dalam bidang persusuan di antara negara ASEAN pada peringkat keenam," ucap Suswono.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang menyambut baik penyelenggaraan puncak HSN 2014 di Makassar. Agus mengimbuhkan, ini merupakan momentum yang baik untuk mendorong Sulsel menjadi sentra produksi susu di luar Pulau Jawa.

"Produksi susu Sulsel masih rendah dibanding produksi nasional. Saat ini baru mencapai 2,6 juta liter per tahun. Saya berharap ke depannya ada industri pengolahan susu yang besar di provinsi ini," kata Agus.

Peringatan HSN tahun ini dipusatkan di Makassar, Sulsel. Kegiatan ini mengambil tema 'meningkatkan produksi susu dalam negeri dan meningkatkan ketahanan pangan guna mewujudkan kemajuan pertanian Indonesia'.

Peringatan ini ditandai penyelenggaraan beberapa kegiatan, di antaranya Fun Walk bersama 2.500 warga kota Makassar. Puncak perayaan dimeriahkan dengan minum susu bersama di Anjungan Pantai Losari oleh seluruh peserta bersama pejabat berwenang. (ren)

»

2 comments:

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment