Monday, May 12, 2014

Mata Sehat dengan Lensa Kontak

Mata Sehat dengan Lensa KontakLENSA kontak kini tidak hanya digunakan untuk membantu penglihatan, tapi bertambah sebagai pelengkap penampilan. Meski begitu, untuk pemakaiannya sendiri tetap harus diperhatikan.

Perawatan lensa mata diperlukan karena akan berpengaruh pada kesehatan mata. Berikut beberapa yang perlu dicermati para pemakai lensa kontak, seperti dilansir Healthmeup, Senin (12/5/2014).

Cuci tangan sebelum menyentuh lensa

Mencuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak memang sangat penting. Hal itu akan membantu menjaga lensa tetap bersih saat dipakai.

Jangan pernah tidur dengan lensa kontak

Ada beberapa lensa kontak memang yang bisa dipakai saat tidur. Namun, kebanyakan lensa kontak harus dilepas lebih dahulu sebelum tidur. Pasalnya, lensa kontak yang dibawa tidur lebih rentan terhadap infeksi.

Membersihkan secara rutin

Setelah dipakai, sebaiknya bersihkan lensa kontak dengan cairan khusus. Begitupula ketika akan memakainya lagi. Lakukan kebiasaan ini satu sampai dua kali per pekan, untuk membersihkan sisa kotoran pada kontak lensa. Apalagi jika tidak dipakai dalam jangka waktu lama.

Jangan memakai lensa kontak saat mandi atau berenang

Kolam renang, pantai, sungai, bahkan air keran bisa memunculkan acanthamoeba atau bakteri yang menyebabkan infeksi mata. Karenanya, ketika akan mandi, berenang, atau bersentuhan dengan air, simpan dulu lensa kontak. Tujuannya agar Anda tak rentan mengalami infeksi mata. (fik)
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment