Tuesday, May 27, 2014

Ingin Sehat di Usia Senja? Begini Caranya!

Ingin Sehat di Usia Senja? Begini Caranya!BAGI yang ingin sehat saat lanjut usia (lansia), mereka perlu memperhatikan pendekatan siklus hidup. Pasalnya, untuk sehat dalam usia tua merupakan proses dari dalam kandungan dan berlanjut sampai memasuki usia lanjut.

Demikian penjelasan dari Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kemenkes RI, Prof. dr. Akmal Taher. Dia menjelaskan bahwa kesehatan seseorang di usia lanjut merupakan cerminan dari kehidupan mereka saat masa mudanya.

Dengan pendekatan siklus hidup ini, seseorang bisa memengaruhi bagaimana seseorang dapat menerapkan gaya hidup sehat dan beradaptasi dengan perubahan sesuai dengan pertambahn usia disepanjang siklus kehidupannya.

"Pendekatan tersebut memiliki makna bahwa pada setiap tahap kehidupan mempunyai upaya pendekatan yang berbeda-beda untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Dan juga bagaimana seseorang menyiapkan kesehatan untuk fase berikutnya sampai menjadi lanjut usia," jelas dalam acara yang bertema Worshop Kesehatan Lanjut Usia; Pendekatan Siklus Hidup dalam Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia Menuju Lansia Sehat Sejahtera di lantai 2 ruang Bima, Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, (28/5/2014)

Hal senada juga di sampaikan drg Kartini Rustandi M.Kes, Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar Kemenkes RI. Dia menegaskan bahwa pangkal sehat-bugar dan berperan aktif di usia lansia, ialah menerapkan pola gaya hidup sehat saat muda.

"Kita ingin sehat pada usia lansia, tapi baru bergerak (melakukan gaya hidup sehat) pada usia 60 tahun, ya tidak bisa. Sehat saat lansia ialah hasil membina kesehatan tubuh saat muda," ucapnya.

Dengan demikian, bagi mereka yang ingin sehat saat lansia ialah merawat kesehatan di usia muda dan menjauhi kebiasaan yang mendatangkan penyakit.

"Ya namanya siklus hidup, kalau kita saat muda tidak bisa memelihara kesehatan tubuh, akan 'susah' saat lansia. Misalnya kalau orang waktu muda memiliki kebiasaan merokok, kemungkinanya saat lansia akan mengalami sakit paru-paru atau darah tinggi. Yang waktu muda diabetes, saat lansia kemungkinannya akan menjalani cuci darahnya. Dan kalau sudah seperti apakah saat saat lansia mereka akan sehat, kan enggak mungkin. Malah yang ada bikin susah anak-cucu," pungkasnya. (ren)

»

2 comments:

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment