Thursday, May 1, 2014

Ingat, Salah Gendong Bikin Kepala Bayi Peang

Ingat, Salah Gendong Bikin Kepala Bayi PeangMENGGENDONG itu hal sederhana yang memiliki efek besar dalam membentuk perilaku dan mental anak di masa besar mereka. Akan tetapi, itu selagi ibu menggendong dengan cara yang benar.  
Hal itu seperti dijelaskan dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, dokter spesialis anak dari Sentra Laktasi Indonesia. Dia menjelaskan masih banyak para ibu menggendong anak dengan cara yang kurang benar. Mereka cenderung menggendong dengan cara menyamping atau memosisikan kepala anak pada tangan mereka. Padahal, kesalahan menggendong anak bisa membuat tempurung kepala anak jadi berubah atau peang.
 
"Kenapa bisa membuat kepala peang? Tempurung kepala anak baru lahir kan masih lembek ya, masih bisa kebentuk-bentuk. Nah, kalau memosisikannya itu menyamping, yang berarti akan beradu tulang dengan tulang. Jelas yang akan berubah tempurung kepala si anak," katanya  dalam acara bertema ?Smart Mom: For Thinking Mother? di SHY Roof Top (The Papilion), Kemang, Jakarta Selatan, Selasa, 30 April 2014.
 
Lantas bagaimana cara menggendong yang benar?
 
"Tekniknya, tangan kanan memegang leher dan kepala dan tangan kiri memegang badannya, lalu kepala anak deket dengan kita, peluklah di dada kita. Hal itu sendiri agar kita mudah melihat perubahan ekpresi anak. Anak itu kan tidak bisa bicara, jadi kalau bentuk ketidaknyamanan sampai haus, dia akan menumpahkannya dalam ekspresi, apakah itu menangis dan lain-lain. Yang pasti, seorang ibu yang lebih tahu," terangnya.
 
Jika Anda memakai alat bantuan untuk menggendong,  pastikan memakainya tidak menyamping. Jadi, anak harus dengan kondisi di dada ibunya dan pastikan juga  alat itu memapah badan dan kaki dengan benar, tambahnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment