Sunday, May 4, 2014

Duh, Diabetes Meningkat pada Anak-Anak

Duh, Diabetes Meningkat pada Anak-AnakDIABETES selalu diidentikkan dengan sebagai penyakit orang dewasa. Namun kenyataannya, anak-anak yang mulai terkena penyakit degeneratif ini meningkat setiap tahun.
 
Menurut penelitian baru, tingkat diabetes pada anak-anak di Amerika Serikat telah melonjak tajam hanya dalam delapan tahun. Prevalensi diabetes tipe-1 meningkat 21 persen dari 2001 sampai 2009. Sedangkan pada rentang tahun yang sama, prevalensi diabetes tipe-2 meningkat 30,5 persen.
 
Pemimpin penelitian Dr. Dana Dabelea, yaitu seorang dekan di Fakultas the Colorado School of Public Health mengatakan bahwa peningkatan ini tidak melihat faktor jenis kelamin dan kelompok ras. Namun, Dr. Dabelea mengungkapkan bahwa alasan di balik kenaikan prevalensi diabetes pada anak-anak di Amerika Serikat masih belum jelas, terutama diabetes tipe-1 yang tidak diketahui penyebabnya.
 
?Ada kemungkinan sesuatu telah berubah di lingkungan kita, baik di Amerika maupun tempat lain di dunia, sehingga menyebabkan lebih banyak kalangan muda untuk mengembangkan penyakit, mungkin pada usia yang semakin muda,? jelas Dr. Dabelea, dikutip Newsmaxhealth.
 
Sementara itu, Dr. Dabelea memberi alasan mengenai peningkatan prevalensi diabetes-tipe 2 yang kemungkinan besar adalah karena obesitas. Sedangkan pada diabetes tipe-1, tubuh tidak memperoduksi insulin, yaitu hormon yang diperlukan untuk mengubah gula, tepung, atau makanan lain menjadi energi.
 
?Pada diabetes tipe-2, tubuh tidak memproduksi insulin dengan benar atau disebut resistensi insulin. Pada awalnya, pankreas bekerja ekstra untuk memproduksi insulin, namun seiring waktu tidak mampu mengimbangi. Sehingga pada akhirnya, pankreas tidak dapat membuat cukup insulin untuk menjaga kadar gular pada tingkat yang normal,? jelasnya.
 
Sementara itu, menurut penelitian ini pada 2001 sekira 5.000 anak-anak telah didiagnosa diabetes tipe-1. Sedangkan pada 2009, jumlah itu naik menjadi hampir 6.700 anak-anak atau meningkat 21 persen. Satu-satunya kelompok yang tidak terlihat adanya peningkatan diabetes tipe-1 adalah mereka yang berusia di bawah 4 tahun.
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment