Monday, May 5, 2014

Duh, Banyak Bayi Kekurangan Variasi Makanan di Negara Maju

Duh, Banyak Bayi Kekurangan Variasi Makanan di Negara MajuPADA usia 6 bulan merupakan waktu yang tepat untuk anda memberikan makanan bayi  atau MPASI (Makanan Pendamping ASI). Pada umur 6 bulan, bayi sudah mampu memproduksi enzym-enzym pencernaan sehingga mampu mencerna makanan selain ASI.
 
Namun satu studi terbaru mengingatkan para ibu untuk tak melupakan pentingnya variasi makanan dalam pola makan bayi mereka, selain ASI.
 
Jessica G. Woo , penulis utama studi tersebut menemukan, dari peserta penelitian bayi di Amerika sekitar 75 persen dari empat kelompok tak mendapatkaan makanan penting.  Para Peneliti berharap bahwa temuan mereka bisa membantu mendidik para ibu mengenai pentingnya pola makan seimbang untuk bayi di negara maju.
 
Untuk mendapat hasil penelitian itu, para peneliti mempelajari sebanyak 365 bayi yang disusui dari negara bagian daerah Cincinnati, Shanghai, dan Mexico City. Semua bayi yang sudah diberi ASI lebih dari usia enam bulan ditemukan, tiga dari empat bayi dari negara bagian Cincinnati tak memiliki pola makan yang cukup dengan keragaman gizinya di usia kritis enam sampai 12 bulan. Hasil itu sendiri berbeda jauh dari bayi yang ada di negara bagian Shanghai dan Mexico City.
 
"Banyak program kesehatan di bidang keanekaragaman makanan telah difokuskan pada negara-negara berkembang, dimana disana akses ke makanan pendamping yang sehat dan memadai mungkin terbatas. Sebaliknya bayi yang dari negara-negara bagian yang lebih maju di Amerika Serikat mengalami kekurangan dalam variasi makanan atau gizi, " kata  Woo,  seperti dilansir Medicaldaily.
 
Hal itu bisa terjadi, lanjut Woo, karena lingkungan yang menyediakan makanan di negara bagian tersebut. Sehingga membuat bayi mengalami kekurangan variasi dalam pola makan saat bayi.
 
Woo menyimpulkan  bahwa negara-negara maju perlu lebih mendidik para ibu tentang pentingnya memperkenalkan makanan baru kepada bayi setelah mereka mencapai usia enam bulan.
 
Menurut World Health Organization, kebutuhan bayi untuk energi dan nutrisi mulai ditambah saat bayi berumur sekira enam bulan. Di mana makanan pendamping diperlukan untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Pada usia enam bulan, bayi cukup berkembang dan sudah mampu menerima makanan lain.
 
Lebih lanjut, ketika makanan yang diberikan pada anak tak tepat, pertumbuhan bayi mungkin akan terhambat. Hal ini disarankan bahwa orang tua mulai dengan mengenalkan makanan sehat dengan jumlah sedikit namun meningkat seiring waktu. Pengenalan makanan ini tak hanya penting guna pertumbuhan mereka, tapi juga menanamkan kebiasaan makan yang sehat seumur hidupnya.
 
 
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment