Sunday, May 4, 2014

Cegah MERS-CoV, Jangan Lupa Cuci Tangan Usai Bersin dan Batuk

Cegah MERS-CoV, Jangan Lupa Cuci Tangan Usai Bersin dan BatukMIDDLE East Respiratory Syndrome (MERS) kian mewabah di berbagai belahan dunia, termasuk warga Malaysia yang beberapa waktu lalu terinfeksi. Bahkan, kasus tersebut sebagai yang pertama terjadi di wilayah Asia Tenggara.
 
Lantas, bagaimana mencegah agar terhindar dari MERS-CoV ketika berpergian ke beberapa negara Arab? a Public Health Specialist, Dr. Muhammad Badi mengatakan bahwa untuk mencegah terinfeksi MERS-CoV harus menerapkan gaya hidup bersih dan sehat.
 
?Mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir atau desinfektan lain, terutama setelah bersin dan menggunakan toilet. Selain itu, hindari konsumsi makanan masih mentah atau produk hewani yang kurang matang,? imbuh Dr. Badi, dikutip Khaleejtimes.
 
Di samping saran-saran tersebut, tentunya masih banyak yang ingin Anda ketahui mengenai virus yang pertama kali ditemukan di Arab Saudi pada 2012 silam. Untuk itu, melalui smart interactive clinic yang dikelolanya, Dr. Badi akan menjawab berbagai pertanyaan seputar penularan virus, gejala dan cara mencegahnya.
 
Bahkan, Kementerian Kesehatan Uni Emirat Arab (UAE) juga telah membawa smart interactive clinic ini ke jejaring sosial Twitter dengan nama akun @UAEMOH. Tujuannya, tentu untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang MERS-Cov yang telah menyebabkan jatuhnya beberapa korban jiwa di seluruh wilayah dunia.
 
Smart interactive clinic sendiri hadir setiap hari kamis pada akun @UAEMOH dibantu oleh Dr. Badi yang akan menanggapi pertanyaan masyarakat tentang penyebaran virus, gejala dan cara mencegahnya.
 
?Gejala virus ini mirip dengan flu biasa. Tetapi, virus ini merupakan varian baru dan bisa menginfeksi manusia maupun hewan,? tuturnya.
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment