Sunday, May 4, 2014

Cara Mudah Atasi Tekanan Darah Rendah

Cara Mudah Atasi Tekanan Darah Rendah   MEMPUNYAI tekanan darah rendah memang sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Pasalnya, Anda cepat mengalami pusing saat beranjak dari tempat tidur atau berdiri dari kursi.  
Untuk mengatasi hal itu, solusi berikut bisa diterapkan.
 
Ubah posisi tubuh pelan-pelan
 
Agar tidak terasa pusing, sebaiknya Anda tidak melakukan gerakan tiba-tiba. Saat bangun tidur, dari posisi berbaring ke posisi duduk, lakukan perlahan. Demikian juga kalau Anda jongkok, berdirilah perlahan atau dari posisi duduk ke berdiri lakukan secara perlahan.
 
Olahraga teratur
 
Lakukan olahraga teratur atau aktivitas fisik ringan, tidak perlu olahraga berat. Jalan santai 30 menit atau joging dapat meringankan gejala tekanan darah rendah. Berenang atau bersepeda dua hingga tiga kali seminggu juga boleh dilakukan. Olahraga teratur sekurang-kurangnya 30 menit setiap hari akan menstabilkan tekanan darah seseorang.
 
Konsumsi air
 
Konsumsi cukup air setiap hari sekitar 8 hingga 10 gelas setiap hari. Saat tubuh mendapat cukup air, maka air dapat meningkatkan volume darah.
 
Makanan sehat
 
Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, daging merah juga bagus untuk meningkatkan tekanan darah, pilih daging merah tanpa lemak yang dimasak dengan cara direbus atau dipanggang.
 
Asupan garam

Pada penderita hipotensi dianjurkan untuk meningkatkan asupan garam terutama jika hipotensi terjadi karena mual dan muntah.
 
Konsumsi sayur dan buah-buahan

Konsumsi sayur dan buah-buahan secara umum membantu untuk memperbaiki tekanan darah.
 
Hindari minuman beralkohol

Alkohol menyebabkan terjadinya dehidrasi dan kondisi ini akan memperburuk terjadinya hipotensi.
 
Konsumsi teh dan kopi
 
Kafein yang terkandung pada kopi dan teh dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Untuk konsumsi kopi sebaiknya konsultasikan dengan dokter terutama pada pasien yang memang mempunyai masalah jantung dan gangguan pencernaan.
 
Hindari diet yang salah

Diet yang salah bukan membantu menurunkan berat badan, melainkan membuka gerbang untuk segala penyakit berkumpul di tubuh. Diet yang tidak dianjurkan adalah menahan untuk tidak makan dan membiarkan perut hingga kelaparan. Cara diet seperti ini hanya akan merusak tubuh dan membuat tubuh menjadi lemah. Saat berdiet, cukupi semua kebutuhan nutrisi, karbohidrat, protein, kalsium dan semua vitamin.
 
Tingkat keefektifan dari cara-cara di atas berbeda-beda bagi setiap orang. Keefektifan cara-cara tersebut juga dipengaruhi dari penyebab terjadinya tekanan darah rendah pada masing-masing individu. Jika tekanan darah masih terlalu rendah dan gejalanya mengganggu aktivitas, cobalah konsultasi dengan dokter.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment