Monday, May 5, 2014

Begini Cara Periksa Kadar Gula Secara Mandiri

Begini Cara Periksa Kadar Gula Secara MandiriPASIEN diabetes miliki kewajiban untuk memeriksa kadar gula darahnya dalam waktu tertentu. Pemeriksaan kadar gula darah bisa dilakukan diabetesi secara mandiri dengan tujuan memantau kadar gula darah secara optimal dan hemat biaya.
 
Self monitoring of blood glucose (SMBG) atau pemeriksaan kadar gula darah secara mandiri dapat dilakukan dengan beberapa jangka waktu ideal, yaitu sebagai berikut ini:
 
1. Dua sampai tiga hari sesuai kebutuhan diabetesi
 
2. Dilakukan pada saat sebelum dan sesudah makan. Tes kombinasi tersebut merupakan contoh paling sederhana dari SMBG yang dilakukan secara terstruktur. Tujuan SMBG terstruktur adalah supaya hasilnya bisa dibaca sehingga bermanfaat untuk penyesuaian dosis obat.
 
3. Target hasil tes gula darah, yaitu gula darah puasa atau sebelum makan harus di bawah 100 mg/dL. Sedangkan, gula darah setelah makan harus di bawah 140 mg/dL.
 
Sementara, Internasional Diabetes Federation (IDF) memiliki beberapa panduan bagi pasien diabetes tipe-II yang tidak menggunakan insulin bila ingin melakukan SMBG. Diantaranya, SMBG sebaiknya dilakukan oleh diabetesi yang sudah diedukasi dan harus dipertimbangkan sejak awal pasien baru terdiagnosa.
 
Pengaturan jadwal dan frekuensi SMBG disesuaikan dengan kebutuhan masih-masing pasien. Namun, sebelum dilakukan SMBG perlu adanya kesepakatan antara pasien diabetes dengan dokternya mengenai tujuan SMBG, demikian sebagaimana rilis yang diterima redaksi Okezone dari Roche, Senin (5/5/2014).
 
 
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment