Wednesday, April 23, 2014

Yuk Imunisasi ke Posyandu Cegah Bayi dari Kecacatan

Yuk Imunisasi ke Posyandu Cegah Bayi dari KecacatanKEBERHASILAN imunisasi ternyata mampu mencegah dua sampai tiga juta kematian anak di dunia setiap tahunnya.

Oleh karena itu, orang tua diharapkan melengkapi imunisasi anak mereka agar seluruh anak Indonesia terbebas dari penyakit yang sebenarnya dapat dicegah lewat imunisasi.

Imunisasi dianggap sebagai upaya kesehatan yang paling efektif. Namun, lebih dari 13 persen anak Indonesia ternyata belum mendapatkan imunisasi secara lengkap karena berbagai sebab, padahal imunisasi melindungi anak-anak dari berbagai penyakit yang dapat menyebabkan kecacatan hingga kematian.

Oleh karena itu, imunisasi adalah salah satu langkah tepat bagi orang tua untuk menjamin kesehatan anaknya.  Sementara itu, untuk melakukan imunisasi, para orang tua tidak membutuhkan biaya yang besar. Bahkan, di Posyandu anak-anak mendapatkan imunisasi secara gratis.

Ada lima jenis imunisasi yang diberikan secara gratis di Posyandu, yaitu terdiri dari Hepatitis B, BCG, Polio, DPT-HB, serta campak. Semua jenis vaksin ini harus diberikan secara lengkap sebelum anak berusia 1 tahun diikuti dengan imunisasi lanjutan pada batita.

Sementara, Sidang Majelis Kesehatan Dunia atau World Health Assembly (WHA) menyepakati bahwa minggu terakhir di bulan April setiap tahunnya menjadi Pekan Imunisasi Dunia (PID) atau World Immunization Week (WIW). Tahun ini, pekan imunisasi dunia dilaksanakan mulai hari ini sampai 30 April 2014 dengan mengusung tema ?Imunisasi Untuk Masa Depan yang Sehat?.

Sebelumnya pada 27 Maret 2014, Indonesia menjadi 1 dari 11 negara South East Asian Region (SEAR) yang menerima sertifikat Bebas Polio dari badan kesehatan dunia WHO. Kesebelas negara tersebut, yaitu Bangladesh, Bhutan, India, Korea Selatan, Maladewa, Myanmar, Nepal, Sri Lanka, Thailand, Timor Leste, dan Indonesia.
 
Oleh karena itu, untuk bertahan agar terus bebas polio Indonesia harus tetap melaksanakan imunisasi polio dengan cakupan yang tinggi dan merata, serta meningkatkan surveilens kasus lumpuh layu. Demikian rilis berita yang diterima redaksi Okezone dari Pusat Komunikasi Publik Kementerian Kesehatan RI, Rabu (23/4/2014).

Jadi, tunggu apa lagi, ayo bawa bayi Anda imunisasi ke Posyandu sekarang juga!. (ren)

»

0 comments:

Post a Comment