Sunday, April 27, 2014

Usai Olahraga, Jangan Langsung Duduk!

Usai Olahraga, Jangan Langsung Duduk!SETELAH berolahraga, pasti Anda akan merasa lelah. Namun bukan berarti usai berolahraga, Anda boleh langsung duduk beristirahat. Apa pasal?  
"Untuk orang yang sering melakukan olahraga yang terpenting adalah cooling down. Jadi setelah berolahraga tidak boleh langsung berhenti, tetapi ada fase cooling down," ucap Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga dr. Grace Tumbelaka, SpKO di The Sultan Hotel, Senayan, Jakarta, baru-baru ini.
 
"Cooling down itu kita tidak berhenti duduk, tetapi tetap beraktivitas dengan intensitas ringan," tambahnya.
 
Lebih lanjut, dr. Grace menjelaskan bahwa cooling down sebenarnya adalah sebuah fase recovery yang baik usai berolahraga. Hal ini karena dengan cooling down, menurut dr. Grace akan mengembalikan, meng-clearance atau membersihkan metabolik-metabolik yang terjadi pada otot sesudah latihan fisik.
 
"Contoh yang membuat pegal itu adalah asam laktat. Asam laktat itu kan tertimbun di dalam otot. Kalau kita duduk, asam laktat akan tetap dalam otot. Tetapi kalau kita jalan dalam bentuk perlahan, otot itu mempunyai kemampuan membantu pembuluh darah balik," jelasnya.
 
Kemudian, dr. Grace menjelaskan bahwa pada manusia terdapat pembuluh darah nadi dan pembuluh darah balik. Pembuluh darah nadi berfungsi menyebarkan makanan dan metabolik yang sehat, sedangkan pembuluh darah balik berperan dalam pembersihannya untuk membawa kembali ke jantung.
 
"Dengan kita berjalan, otot kaki akan membantu pumping darah baliknya membawa metaboliknya itu ke jantung dan proses clearence-nya menjadi lebih bersih. Jadi, kalau kita duduk saja, pegalnya pasti lebih lama," tandasnya.
(tty)

»

1 comments:

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

Post a Comment