Wednesday, April 30, 2014

Tumbuh Kembang Anak Tak Terhambat, Moms Lakukan Ini

Tumbuh Kembang Anak Tak Terhambat, Moms Lakukan IniPENTING sekali untuk seorang ibu bisa memproduksi hormon oktitosin dalam tubuh anak. Pasalnya, oksitosin bisa memicu keluarnya growth hormon yang memermudah tumbuh kembang anak jadi optimal.  
Demikian seperti dijelaskan dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, dokter spesialis anak dari Sentra Laktasi Indonesia. Dia menjelaskan bahwa menstimulus anak adalah bagian penting dari upaya orangtua membuat anak mencapai tumbuh kembangnya sampai optimal. Sebaliknya saat orangtua tak bisa menstimulasi agar hormon antistres keluar atau oksitosin keluar, hal itu akan menghambat perkembangan anak. Lebih dalam, karena tak memproduksinya hormon oktitosin akan memudahkan anak menjadi stres. Pada tahap inilah, kenapa akhirnya bisa menghambat perkembangan tumbuh kembang anak.
 
Nah, agar Anda memahami cara agar anak tak sampai mengalami hambatan perkembangan tumbuh kembang, simak paparan menarik dari dr. Wiyarni.
 
Sentuhan dan terapi
 
Berikanlah sentuhan kepada anak dengan memeluknya atau menggendongnya. Hal itu tak hanya membuat kedekatan emosional anak dan ibu kian dekat, tapi juga bisa menstimulus kemampuan dasarnya apakah itu motorik, emosional, dan berbicaranya.
 
Berikan ASI secukupnya
 
Berikanlah anak ASI eksklusif secukupnya setiap hari. Memberikan ASI itu adalah salah satu bagian penting untuk memudahkan perkembangan fisiknya.
 
Berikanlah anak kehangatan
 
Memeluknya erat dan mengayun-ayun dia saat digendong adalah cara yang baik untuk membuat suhu badan anak tetap normal dan sehat.
 
Ajak si kecil bergerak
 
Memapah anak agar cepat jalan, jauh lebih cepat dibanding orangtua memberikan walk walker atau alat pembantu jalan anak agar anak cepat jalan. Apalagi, memapah anak sampai bisa jalan membantu kian dekat hubungan emosional antara orangtua dan anak.
 
Berikanlah suara rendah
 
Saat Anda menggendong atau memeluk, berikanlah suara rendah untuk membuatnya nyaman. Misalnya dengan kata dengungan ?sssssttt? layaknya orang berbisik dan tentu dengan menyajikan nada yang enak didengar.
 
Hindari berlebihan stimulasi
 
Saat orangtua pulang kerja, jangan sekali-kali memaksa anak untuk bermain dengan Anda jika tubuhnya sudah ingin tidur. Jadi biarkanlah istirahat, biarkan dia istirahat untuk membentuk sel otaknya dulu.
(tty)

»

1 comments:

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

Post a Comment