Saturday, April 26, 2014

Tangan Gerak Sendiri, Tandanya Alami Parkinson

Tangan Gerak Sendiri, Tandanya Alami ParkinsonORANG yang mengalami penyakit parkinson itu memiliki gejala yang khas. Biasanya, tangan atau kaki mereka akan bergetar dengan sendirinya.

Demikian seperti diutarakan Dr. Roul Sibarani, Sps, spesialis saraf dari RS. MRCCC Siloam Hospitals Semanggi. Dia menjelaskan bahwa salah satu anggota tubuh bergerak-gerak sendiri merupakan tanda  khas dari penderita parkinson. Biasanya, hal itu terjadi sekalipun dia sedang duduk atau diam.

"Orang yang menderita parkinson itu gerak tubuhnya tidak terkontrol. Itu juga sekalipun dia diam, pasti salah satu bagian tubuhnya tetap akan ada yang bergerak, apakah itu tangan atau kaki," katanya kepada Okezone di RS. MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta Pusat, Sabtu (26/4/2014).

Akan tetapi, lanjut dia, gejala tubuh gemetar ini tak terjadi pada kedua tangan ataupun kedua kaki. "Kalau tangan kiri yang suka gemetar sendiri, ya kiri saja. Begitu juga jika yang suka bergetar itu terjadi pada kaki," ungkapnya.

Selain itu, biasanya orang yang mengalami parkinson akan mengeluh akan kelambanan dia bergerak atau melangkahkan kaki. Kemudian juga gangguan keseimbangan dan kekakuan yang muncul tiba-tiba.

"Biasanya gejala yang suka penderita parkinson rasakan itu saat berjalan, tiba-tiba mereka berhenti melangkah dan diam, persis seperti patung. Hal itu bisa terjadi akibat keluhan kekakuan yang muncul," terangnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment