Wednesday, April 30, 2014

Siasat Redam Virus MERS CoV saat Naik Haji

Siasat Redam Virus MERS CoV saat Naik HajiMEREBAKNYA virus MERS Corona saat ini memicu kegelisahan bagi semua orang, khususnya yang ingin pergi umroh dan naik haji. Akan tetapi, sebenarnya Anda tak perlu cemas atas kejadian itu. Asal ada persiapan diri sedini mungkin, virus corona bisa kita tepis.  
Lantas, bagaimana cara memersiapkan itu? Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI memberikan beberapa anjuran kesehatan bagi masyarakat yang akan naik haji atau pergi ke jazirah Arab, sebagaimana rilis yang diterima redaksi Okezone.
 
1. Selalu lakukan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) (makan bergizi, istirahat cukup, dll). Ini penting karena penyakit terjadi karena ketidakseimbangan antara host, agent, environment.
 
2. ?Rajin dan seringlah cuci tangan pakai sabuh (CTPS), yang secara ilmiah sudah terbukti dapat mencegah penularan penyakit.
 
3. Sedapat mungkin gunakan masker bila sedang dalam kerumunan orang.
 
4. Bila memang punya penyakit kronik (DM, penyakit jantung paru kronik, gangguan ginjal atau penyakit kronik lain), maka periksakanlah ke dokter Anda sebelum bepergian ke jazirah Arab, dan gunakan obat rutinnya secara teratur.
 
5. Kalau selama di Arab ada keluhan batuk, demam dan lain-lain (sesak) yang cepat (dalam satu sampai dua hari) memburuk, maka segera konsultasi pada petugas kesehatan.
 
6. Bila dalam kurun waktu 14 ?hari sampai di Tanah Air mengalami keluhan-keluhan batuk, demam, sesak yang cepat (dalam satu sampai hari) memburuk, maka segera konsultasi pada petugas kesehatan dan beritahu petugas kesehatan bahwa Anda baru kembali dari Arab. Karena situasi penyakit MERS CoV ini m?ungkin saja berubah dari hari ke hari, maka kalau memang ada rencana umroh atau bepergian ke jazirah Arab, maka selalu ikuti berita akurat mutakhir tentang perkembangan MERS CoV ini.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment