Monday, April 21, 2014

Sakit Menstruasi & Pernah Keguguran, Apakah Miom?

   Sakit Menstruasi & Pernah Keguguran, Apakah Miom?DOKTER, saya sudah menikah 4 tahun, sering sakit saat menstruasi dan pernah mengalami keguguran. Apakah ini indikasi miom, apa yang harus dilakukan dokter?  
Dewi, 29 tahun
 
Jawaban:
 
Ibu Dewi, perlu dipastikan kendala yang dialami oleh ibu adalah miom, tentu diobservasi lebih lanjut. Perlu diketahui bahwa miom adalah bentuk istilah media dari tumor dinding rahim.
 
Besaran ukuran dapat berkembang sesuai kondisi tubuh, dengan tekstur kenyal dan dapat bertumbuh secara cepat. Pada umumnya, menyerang wanita usia produktif dan berakibat pada kemandulan maupun keguguran.
 
Miom adalah tumor yang terdiri dari serabut otot polos myometrium yang posisinya ada di rahim. Hal itu dapat menimbulkan keluhan saat datang bulan, bila kondisi ukuran miom semakin membesar. Keluhan ini dapat berupa siklus datang bulan yang tidak teratur atau nyeri berlebihan sampai jumlah hari haid panjang, sampai keluar darah haid di atas batas normal.
 
Penyebab miom ini dapat dipicu oleh faktor hormonal, terutama esterogen atau dapat pula ditimbulkan karena adanya infeksi maupun jamur pada daerah rahim yang memicu pertumbuhan miom. Perlu dilakukan pemeriksaan, agar mendapatkan penanganan sesuai, termasuk opsi untuk melakukan pengangkatan bila massa telah signifikan.
 
Demikian Ibu Dewi yang dapat disampaikan, terima kasih.
 
Salam
 
dr Rina Fajarwati SpOG
Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia Cibubur
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment