Wednesday, April 23, 2014

Payudara Kecil, Bisakah Produksi Banyak ASI?

Payudara Kecil, Bisakah Produksi Banyak ASI?DOKTER, saya memiliki ukuran payudara kecil, apa bisa produksi ASI yang cukup buat anak saya nanti ya? Ada saran musti makan apa, dokter? Terima kasih.  
Novi, 26 tahun
 
Jawaban:
 
Salam ASI bunda Novi. Terima kasih sudah akan memilih ASI untuk nutrisi bayinya nanti. Tampaknya, bunda khawatir dengan produksi ASI ya. Apakah ukuran payudara memengaruhi produksi? Jawabannya tentu saja tidak, mari kita bahas.
 
Saat bunda hamil, payudara dipersiapkan untuk masa menyusui, kelenjar-kelenjar payudara bertambah banyak dan besar. Kemudian, di usia kehamilan 16 pekan produksi ASI yang dipicu hormon prolaktin mulai terjadi, namun ASI saat ini belum keluar, setelah plasenta terlepas barulah ASI keluar.
 
Produksi ASI ini memiliki prinsip supply meet demand. Di saat ASI banyak dikeluarkan akan memberi rangsang ke otak agar mengeluarkan hormon prolaktin lebih banyak, sehingga produksi juga banyak dan ASI yang keluar akan sama dengan yang diproduksi.
 
Oleh karena itu, saat menyusui bayi, payudara harus sampai "dikosongkan" agar produksi pun lebih banyak. Jika belum sampai kosong akan menghambat produksi ASI berikutnya. Jadi, dengan rutin ASI dikeluarkan produksi akan bertambah banyak.
 
Apakah ada makanan khusus untuk memperbanyak ASI? Berdasarkan penelitian, ada bahan makanan yang diduga dapat membantu meningkatkan produksi ASI, namun hal ini efektif pada orang dengan kadar prolaktin rendah (hipoprolaktinemia).
 
Prinsip manajemen menyusui yang tepat dan konsumsi makanan bergizi seimbang dapat membantu produksi ASI, sehingga cukup untuk bayi yang bunda susui. Selamat menyusui. Semoga membantu dan bermanfaat. Terima kasih.
 
Salam
 
dr Gita Tiara Paramita
Konselor Laktasi-Klinik Anak ASI Sehat RS Meilia Cibubur
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment