Saturday, April 26, 2014

Derita Penyakit Kronis Jangan Asal Olahraga Lho

Derita Penyakit Kronis Jangan Asal Olahraga LhoBEROLAHRAGA secara teratur, terukur, dan tepat dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan fit. Tetapi, bagaimana bila sedang sakit, apakah boleh berolahraga? Adakah guidlines berolahraga saat sakit?
Menurut Ketua National Task Force Indonesia SeGar, dr. Inggriani Husen, SpKO, guidelines berolahraga saat sakit pasti ada. Misalnya, dr. Inggriani mencontohkan bahwa kalau tubuh dalam keadaan panas atau sedang demam, tentu olahraga tidak dianjurkan.

Hal ini karena ketika suhu tubuh panas, berolahraga justru akan membuat suhu tubuh semakin meningkat. Lantas, bagaimana bila seseorang mempunyai penyakit kronis?

"Sementara, penyakit kronis juga ada kontraindikasi atau batasannya yang sebelumnya harus kita pahami. Misalnya, tekanan darahnya tinggi mencapai 200 itu tidak boleh berolaharaga," jelas dr. Inggriani pada konferensi pers bertema ?Excersice is Medicine untuk Indonesia SeGar (Sehat dan Bugar)? di The Sultan Hotel, Senayan, Jakarta, Jumat, 25 April 2014.

Selain itu, dr. Inggriani menambahkan, bilamana tekanan darah mencapai 160 pun harus dipantau ketika berolahraga oleh dokter atau trainer yang bersertifikasi. Sementara, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga, dr. Grace Tumbelaka, SpKO mengatakan, bila orang sakit yang tidak menular justru dianjurkan untuk berolahraga, bukan malahan menjadi tidak aktif bergerak.

"Jadi, justru memang orang sakit yang tidak mennular akibat kurang gerak bukannya tidak boleh berolahraga justru dianjurkan, tetapi dengan dosis tertentu sesuai kondisi medisnya," tandas dr. Grace.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment