Saturday, April 26, 2014

Bisakah Penyakit Parkinson Disembuhkan?

Bisakah Penyakit Parkinson Disembuhkan?PARKINSON merupakan penyakit yang muncul akibat kerusakan pada sel-sel otak dan bisa dialami semua orang, baik tua maupun muda, pria ataupun wanita. Anda harus waspada mulai sekarang.

Jika sudah didiagnosis terkena penyakit parkinson, secara perlahan kualitas hidup seseorang pun akan menurun. Dalam kondisi itu, banyak orang yang mengambil pengobatan dari obat sampai operasi.

Sayangnya, banyak yang masih mengeluh akan hasil dari pengobatan yang mereka jalani. Gejala-gejala yang mereka alami seperti bergetar saat istirahat, tak bisa menyeimbangakn tubuh, dan kaku masih saja terjadi. Hal itu akhirnya memunculkan pertanyaan apakah penyakit parkinson memang bisa disembuhkan?

"Parkinson belum ada obatnya, tidak bisa sembuh. Tidak ada obat-obat sampai sekarang yang memberhentikan penyakit parkinson," ucap Dr. Frandy Susatia, Sps, spesialis dokter saraf dari RS. MRCCC Siloam Hospitals di RS. MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta Pusat, Sabtu (26/4/2014).

Hal itu, kata dia, parkinson ialah penyakit kronis dan progresif seperti penyakit diabetes, sehingga tak bisa disembuhkan.

Akan tetapi, penyakit parkinson masih bisa dikontrol, yaitu berdasarkan gejala-gejalanya. Bila diketahui gejala-gejala pada penderita parkinson, dokter akan mencocokan apakah obat, operasi atau kompleks surgery yang bisa dijadikan pengobatan.

"Kalau gejala-gejala parkinson sudah banyak, biasanya disarankan minimal operasi. Dan caranya itu bisa dengan pembakaran pusat gangguan dalam otak atau cara stimulasi, yaitu memacu elektrode di dalam otak," terangnya.

Biasanya saat pasien sudah melakukan operasi, kualitas hidupnya perlahan akan meningkat dan mereka bisa beraktivitas lagi dengan lebih nyaman, urai Dr. Frandy.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment