Tuesday, April 22, 2014

Begini Cara Tepat Mengorek Telinga

Begini Cara Tepat Mengorek Telinga   CUTTON bad atau dikenal korek kuping merupakan alat paling efektif membersihkan kotoran telinga. Tetapi, Anda harus memikirkan juga bagaimana cara tepat menggunakannya.

Sebuah studi terbaru dari Rumah Sakit Henry Ford mengungkapkan, korek cutton bad berkaitan langsung dengan kerusakan telinga bagian dalam. Namun, hal itu bukan berarti Anda tak boleh atau menghindari memakai korek kuping untuk membersihkan kotoran di telinga.  
Merek korek kuping terkemuka mengatakan di situsnya, "Bersihkanlah bagian luar kuping dengan keras, tapi tidak bagian dalam saluran telinga."

Menanggapi hal itu Rachel Pritzker, M.D, dokter kulit yang praktik di Chicago itu nasihat yang layak dijadikan pegangan. Hal itu terjadi karena membersihkan dengan keras dalam saluran telinga bisa menyebabkan gangguan pendengaran akibat serimen terganggu.

Bahkan, tak sedikit orang gendang telinga pecah pada akhirnya. Jika gangguan pendengaran itu terjadi akibat korek kuping, seseorang memerlukan dokter THT untuk memerbaikinya.
 
"Serumen secara alami melumasi dan melindungi telinga bagian dalam Anda dari segala sesuatu yang ada di luar (kuping) dan begitu terganggu, pasti memengaruhi fungsi pendengaran," kata  Rachel Pritzker, M.D, seperti dilansir Menshealth.
 
Bila Anda tak ingin membersihkan telinga dengan korek kuping. Studi merekomendasikan memakai campuran peroksida dingin dengan air hangat dan menggunakan penetes air mata untuk mengairi saluran telinga sebanyak empat sampai lima tetes.
 
Lebih dalam, ada solusi agar Anda tak mengalami gangguan telinga atau berakhir di klinik dokter THT.  Caranya, saat memakai korek kuping, lakukanlah dengan pelan-pelan dan jangan membersihkannya setiap hari.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment