Tuesday, April 22, 2014

Ayah Bisa Dukung Bunda Berikan ASI Eksklusif

Ayah Bisa Dukung Bunda Berikan ASI Eksklusif   MENCARI pengetahuan menyeluruh tentang menyusui memang biasanya menjadi kegiatan bunda. Akan tetapi, para ayah dapat diajak terlibat dengan cara berbagi info mengenai menyusui. Apalagi penelitian mengatakan, ajakan ayah bisa mendukung keberhasilan istri memberikan ASI. Mau bukti?

Hasil studi Internal Lactation Consultant Association (Juni 2013) mengenai ?Pengaruh Keterlibatan Pasangan (Suami) dalam Menyusui, Inisiasi Dini Menyusui dan Menyusui Lanjutan hingga Dua Tahun? menunjukkan bahwa dukungan para ayah mampu meningkatkan kecenderungan ibu untuk melakukan ketiga hal tersebut sebesar 30 persen.  
Lebih dalam, penelitian ini juga mengemukakan bahwa ayah yang memiliki pengetahuan lebih mendalam mengenai pentingnya menyusui bagi bunda dan si kecil, memiliki kelompok berbagi pengalaman, dan memahami cara-cara mendukung bunda terus menyusui, akan lebih dapat memfasilitasi para bunda untuk memberikan ASI eksklusif.
 
Sejalan dengan penelitian tersebut, di Indonesia juga terdapat jurnal yang diterbitkan di Berita Kedokteran Masyarakat pada Desember 2010. Studi berjudul ?Peran Ayah Dalam Praktik Menyusui? ini dilakukan pada 200 rumah tangga di wilayah Bukittinggi-Padang menunjukkan, prevalensi pemberian ASI secara eksklusif pada kelompok ayah yang mendukung lebih tinggi 2,25 kali dibandingkan dengan kelompok ayah yang tidak mendukung.
 
Penelitian itu pun menganjurkan agar ayah bisa mendukung bunda menyusui anak. Bunda pun bisa aktif mengirimkan tautan artikel dari internet ataupun mengajak membaca buku tentang menyusui bersama sebagai bagian quality time.  Kemudian, sangat disarankan untuk para ayah berbagi dan belajar dari kelompok pendukung agar situasi canggung terhindarkan. Komunitas seperti Ayah ASI bisa jadi solusinya. Demikian seperti press release yang didapat redaksi Okezone, Selasa, (22/4/2014).
 
Terkadang, walaupun si ayah mengerti pentingnya mendukung bunda, bukan berarti mereka memahami caranya. Bagi para ayah, haruslah memahami bahwa menyusui terbaik dilakukan saat bunda merasa aman, bahagia, dan didukung. Ayah dapat memberikan pujian dan kata-kata pendorong semangat agar bunda terlepas dari stres. Ciptakan suasana yang mendukung bunda untuk terus merasa nyaman saat menyusui, sehingga bunda kembali semangat untuk menyusui secara eksklusif.
 
Adapun hal itu menjadi latar belakang Phillips AVENT membantu para ibu hamil untuk memberikan ASI. ?Dalam membantu ayah dan bunda selama masa menyusui sampai hingga dua tahun, Philips AVENT berupaya mendukung melalui produk-produk inovatif yang telah dan terus dikembangkan selama 30 tahun oleh para tenaga ahli dan kesehatan profesional. Kami mendukung penuh pemberian ASI eksklusif sebagai hal terbaik bagi buah hati untuk memulai perjalanan hidup mereka,? kata Ratna Kurniawati, Marketing Manager, H&W Marketing, Consumer Lifestyle.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment