Tuesday, March 25, 2014

Cara Pangkas Risiko Kanker Usus Besar

Cara Pangkas Risiko Kanker Usus BesarKANKER usus besar adalah penyebab kedua kematian seseorang akibat kanker. Namun seperti yang lainnya, penyakit ini juga bisa dicegah. Mau tahu caranya?

"Kanker usus besar sebagian besar bisa dicegah dengan skrining dan deteksi dini," kata Dr Anne Lin, asisten profesor bedah umum dari University of California, Los Angeles, seperti dilansir Healthmonitor.

Mengambil langkah-langkah berikut bisa membantu Anda menurunkan risiko terkena kanker kolorektal, menurut para ahli UCLA.

Jika memiliki risiko dalam tingkat normal, Anda harus melakukan skrining secara teratur dimulai pada usia 50. Jika berisiko tinggi memiliki riwayat pribadi atau keluarga kanker usus besar, kanker lain atau penyakit radang usus, Anda harus berbicara dengan dokter. Kemudian, melakukan skrining sebelum usia 50.

Setiap hari, makanlah 25 sampai 30 gram serat yang berasal buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan atau roti gandum dan sereal. Selain itu, penting untuk makan dengan menu makan rendah lemak karena kanker usus besar berkaitan dengan pola makan tinggi lemak jenuh. Anda juga harus menyediakan makanan yang mengandung folat, seperti sayuran berdaun hijau.

Jika Anda minum alkohol, sebisa mungkin untuk minum secukupnya. Jika Anda seorang perokok, berhenti adalah cara terbaik untuk menghindari jenis kanker ini. Kombinasi minum dan merokok dikaitkan dengan kanker usus besar dan gastrointestinal lainnya.

Lakukan minimal 20 menit olahraga sebanyak tiga atau empat hari dalam sepekan. Di samping itu, kegiatan seperti berjalan kaki, naik tangga atau berkebun bisa mengurangi risiko kanker usus besar.

Sebuah berat badan yang sehat sangat penting, karena obesitas bisa meningkatkan risiko kanker usus besar.
Ber
itahu dokter Anda bila mengalami gejala awal kanker usus besar, seperti perubahan dalam kebiasaan buang air besar, darah dalam tinja, nyeri perut, penurunan berat badan. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment