Monday, March 31, 2014

Turunkan Angka Kelahiran Remaja, BKKBN Fokus Kesehatan Reproduksi

Turunkan Angka Kelahiran Remaja, BKKBN Fokus Kesehatan ReproduksiSTRUKTUR piramida penduduk Indonesia mengindikasikan adanya masalah beban ganda pada 3 kelompok umur, yaitu usia anak, remaja, dan usia lanjut. Dari total populasi di Indonesia, 28 persen merupakan penduduk usia remaja atau sekitar 64 juta jiwa.
 
Menurut Kepala Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D.,Sp.GK, besarnya jumlah kelompok usia remaja ini jelas memerlukan perhatian dan penanganan serius dari seluruh pihak.
 
Lebih lanjut, Fasli Jalal mengatakan bahwa dalam upaya akselerasi implementasi program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKB&PK) untuk mencapai target RPJMN 2014 dan target MDG's 2015, serta mempersiapkan program aksi FP 2020, maka salah satu target prioritas program KKB&PK adalah memberikan perhatian yang besar pada kelompok umur muda dan remaja.
 
"Salah satu strateginya memberikan edukasi yang komprehensif tentang kesehatan reproduksi kepada generasi muda," ujarnya pada High Level Seminar on ICPD Beyond 2014 di Gran Melia Hotel, Jl. HR Rasuna Said Jakarta Selatan, Selasa (1/4/2014).
 
Lebih lanjut, Fasli Jalal menjelaskan bahwa hal tersebut bertujuan untuk mendewasakan usia kawin pertama. Selain itu, menurutnya, hal tersebut juga bertujuan untuk menurunkan angka kelahiran remaja yaitu usia 15-19 tahun melalui program Generasi Berencana
 
 "Program ini diharapkan dapat menjangkau seluruh institusi pendidikan formal dan non-formal, serta perguruan tinggi dengan program utama pendidik dan konselor sebaya yang ramah remaja melalui Pusat Informasi dan Konsultasi-Remaja," terangnya.
(ren)

»

Sperma Pria Sedikit Gara-Gara Kurang Tidur

Sperma Pria Sedikit Gara-Gara Kurang TidurINFERTILITAS atau ketidaksuburan merupakan masalah yang dapat membuat seorang pria sampai tidak bisa tidur di malam hari. Lantas, apakah kurang tidur dapat memengaruhi kesuburan seorang pria? Tentu saja iya.   
Tubuh perlu istirahat yang cukup untuk membuat organ berfungsi secara optimal, termasuk sistem reproduksi. Kurang tidur dapat mengakibatkan stres, sehingga bisa memengaruhi kesuburan secara keseluruhan.
 
Jika Anda masih bertanya mengapa kurang tidur dapat memengaruhi kesuburan, berikut alasannya, sebagaimana dilansir Boldsky.
 
Kenaikan berat badan
 
Faktanya, obesitas adalah salah satu alasan utama penyebab ketidaksuburan pada pria dan wanita, mengapa? Kurang tidur akan memiliki dampak langsung pada sistem metabolisme Anda yang akan mengakibatkan obesitas hingga akhirnya ketidaksuburan.
 
Ritme sirkadian terganggu
 
Ritme sirkadian berperan dalam mengontrol keseimbangan hormon tubuh Anda dan tergantung dari tidur malam. Setiap gangguan dalam pola tidur akan memengaruhi ritme sirkadian, sehingga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang bisa berujung pada ketidaksuburan.
 
Penurunan testosteron
 
Kurang tidur memengaruhi ketidaksuburan karena terjadi penurunan testorsteron. Beberapa penelitian menyarankan untuk menghindari kurang tidur, sehingga tidak memengaruhi sistem endokrin, dengan demikian risiko ketidaksuburan lebih rendah.
 
Penurunan jumlah sperma
 
Ritme sirkadian yang terganggu akibat kurang tidur akan memengaruhi tubuh Anda, termasuk yang berkaitan dengan ketidaksuburan. Penurunan jumlah sperma dapat menjadi masalah yang besar dan itu bisa diakibatkan karena kurang tidur di malam hari.
(tty)

»

Anak Tiga Tahun Belum Bisa Menggowes, Solusinya?

Anak Tiga Tahun Belum Bisa Menggowes, Solusinya?PERKENALKAN saya Diana (29). Dokter, anak lelaki saya, tiga tahun, kesulitan bermain sepeda yang menggowes, gerakannya masih menggunakan kaki manual. Mohon penjelasannya dan terima kasih.

Jawaban:

Dear Ibu Diana, sesuai dengan usia tumbuh kembang anak, maka tahapan seharusnya pada anak usia tiga tahun sudah mempunyai kemampuan menggowes sepeda roda tiga. Tapi jika belum mampu, biasanya dikarenakan kurang matangnya kemampuan sensori integrasi.
 
Hal tersebut akan berhubungan dengan perencanaan gerak motorik kasar, di mana kondisi ini berhubungan dengan tidak lancarnya penrencanaan gerak dan koordinasinya. Maka terdapat beberapa hal yang harus ibu lakukan, antara lain:
 
1. Melatih gerakan Cross Laterality Brain (semua gerakan yang melibatkan kedua belahan tubuh), seperti berlari, jalan di tempat, lari di tempat, berenang, memukul bola atau sand bag yang di gantung, dan lain-lain.
 
2. Melatih menggowes sepeda roda tiga terlebih dahulu dan hanya berfokus pada masalah kaki saja dulu, telapak kaki diikatkan di pedal dan anak diajarkan reparterning (pola menggowes).
 
3. Menjadi teladan dengan bermain sepeda bersama, sehingga anak dapat melakukan duplikasi dan imitasi, ataupun dengan kita terlebih dahulu yang menggerakkan pedalnya atau dengan cara kita yang mendorong sepedanya supaya pedalnya berputar.
 
Semoga beberapa hal tersebut di atas dapat membantu menyelesaikan masalah ibu. Bila dirasa perkembangannya tidak berhasil atau stagnan, silahkan ibu menghubungi klinik tumbuh kembang anak terdekat, sehingga dapat ditangani sesuai dengan hasil konsultasi dan observasi langsung.
 
Demikian bu, semoga dapat membantu dan salam tumbuh kembang bagi Ananda.

Salam

dr Tri Gunadi
Direktur Klinik Tumbuh Kembang YAMET
RS Meilia Cibubur

(tty)

»

''Obat'' Ginjal Tetap Sehat & Tubuh Bebas Lemak

MENTIMUN sudah tidak asing lagi bagi orang-orang di Indonesia. Salah satu asupan bergizi ini banyak mengandung vitamin A dan cairan, sehingga baik untuk kesehatan.   
Bahkan, mentimun kini sudah sering juga dikonsumsi dalam bentuk jus di pagi hari dengan beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan. Berikut manfaat minum jus mentimun setiap pagi hari, seperti dilansir Boldsky.
 
Tetap terhidrasi
 
Mentimun berperan hampir sama dengan yang dilakukan air terhadap tubuh, yaitu membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Dalam beberapa kasus, Anda sering kali tidak dapat memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, namun dengan mengonsumsi mentimun itu akan membantu tubuh tetap terhidrasi.
 
Mengatasi panas dalam
 
Tubuh yang panas dapat menjadi masalah. Untuk mengatasi tubuh yang panas dari dalam, Anda membutuhkan beberapa jus mentimun. Terlebih Anda sering terkena paparan sinar matahari yang membuat suhu tubuh menjadi panas, minum jus mentimun akan membantu menormalkan suhu tubuh.
 
Detoksifikasi
 
Jus mentimun adalah sumber ideal untuk membuang racun dari dalam tubuh Anda. Selain itu, bila ingin menjaga ginjal tetap sehat, Anda perlu minum jus mentimun secara rutin untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga membuat tubuh lebih sehat.
 
Membantu menurunkan berat badan
 
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka harus minum jus mentimun. Ini adalah cara terbaik untuk membantu menurunkan berat badan sekaligus memastikan tubuh memeroleh nutrisi yang dibutuhkan.
 
Baik untuk kesehatan mata
 
Jus mentimun adalah pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan penglihatan Anda karena mengandung tinggi vitamin A. Selain itu, jus mentimun juga baik untuk membantu mengurangi masalah pada penglihatan, sehingga baik untuk dikonsumsi.
(tty)

»

Berikut Makanan Terbaik untuk si Mr.P

Berikut Makanan Terbaik untuk si Mr.PKITA tentu sudah tahu bahwa makanan yang kita makan menentukan berat tubuh kita. Tapi tahukah bahwa makanan yang kita makan juga menentukan kualitas sperma dan membantu mendapatkan bayi?
 
Ya, sebuah studi dari Iran mengungkapkan bahwa, asam folat dan seng dalam jumlah yang sehat bisa meningkatkan kualitas sperma seseorang. Para peneliti menemukan, pria infertilitas yang mengonsumsi asam folat dan seng secara signifikan bila dibandingkan dengan pria yang subur. Hal itu terjadi saat mereka memenuhi rekomendasi dua kandungan itu dari Institute of Medicine.
 
Penulis penelitian menduga bahwa antioksidan ini melindungi sperma dari kerusakan. Bila Anda tertarik untuk mendapatkan manfaat itu, Alan Aragon, M.S penasehat gizi kesehatan, memberikan makanan yang bisa dijadikan referensi, seperti dilansir Menshealth.
 
Deretan makanan yang mengandung seng
 
Daging sapi
 
Tiga ons, lima sampai enam miligram
 
Daging babi
 
Tiga ons, tiga miligram
 
Daging ayam berwarna gelap
 
Tiga ons, 2,5 miligram
 
Yogurt
 
Delapan ons 1,7 miligram
 
Kacang mete
 
Satu ons (15 kacang-kacangan), 1,6 miligram
 
Chickpea
 
Tiga ons 1,3 miligram
 
 
Deretan makanan yang mengandung folat
 
Bayam
 
Black eyed peas
 
Asparagus
 
Kubis brussel
 
Alpukat
 
Jus jeruk
(ren)

»

Jurus Istri Ahmad Fathanah Kecilkan Lengan & Cepat Langsing

Jurus Istri Ahmad Fathanah Kecilkan Lengan & Cepat Langsing MASUK dalam dunia hiburan, seorang figur publik harus menyuguhkan penampilan terbaik.
Baik dari pakaian, make up, hingga masalah kecantikan tubuh.

Hal itu yang menjadi perhatian utama Sefty Sanustika saat ini. Istri Ahmad Fathanah ini menegaskan akan kembali ke dunia hiburan dan memulai karier dari nol setelah membuka jilbab.

Istri terpidana kasus suap kuota impor daging sapi itu kini semakin memantapkan diri setelah mengantongi izin dari suami. Selain melakukan perawatan wajah, membeli banyak pakaian untuk manggung, Sefty menyadari bahwa tubuhnya masih terlalu gemuk.

"Saya masih enggak pede sama lengan yang terlalu besar, apalagi kalau pakai baju tangan buntung, masih diakalin pakai manset atau bolero," katanya saat berbincang dengan Okezone di Perumahan Permata Depok Jalan Berlian, Citayam, Depok, baru - baru ini.

Karena itu, Sefty saat ini tengah melakukan diet karbohidrat dan perbanyak mengonsumsi sayur serta buah- buahan. Sefty juga rajin melakukan fitnes setiap pekan untuk mendapatkan tubuh langsing.

"Saya lagi rajin fitnes sekarang di Celebrity Fitness. Di Depok kan ada di Margo City, tapi kan bisa di all club. Sama diet saja, paling sudah turun tiga sampai lima kilogram," tutupnya.
(tty)

»

Lima Kondisi yang Menurunkan Kehidupan Seksual Anda

Lima Kondisi yang Menurunkan Kehidupan Seksual Anda   MELAKUKAN seks secara teratur sering dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Jadi saat melakukan hubungan seks malah membuat kesehatan Anda memburuk, tentu ada yang salah. Apa sebab?  
Ya, karena ada beberapa kondisi tertentu yang bisa menurunkan kehidupan seksual. Sehingga semua orang harus berhati-hati dan segera mengambil penanganan bila mengalaminya.
 
Penasaran apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dilansir Healthmeup.
 
Ketidakseimbangan hormonal
 
Testosteron, estrogen, oksitosin dan lain-lain adalah hormon yang memengaruhi libido dan kehidupan seks Anda. Ketidakseimbangan hormon bisa mengganggu beberapa fungsi tubuh, termasuk seks. Ketidakseimbangan hormon adalah salah satu penyebab paling umum hilangnya hasrat seksual. Untuk mengatasinya, kunjungilah ke urolog Anda ( untuk pria ) atau obgyn ( untuk wanita ).
 
 
Kesehatan jantung
 
Salah satu gejala awal penyakit jantung adalah disfungsi ereksi. Kondisi jantung juga bisa menyebabkan kelelahan secara umum dan menurunkan banyak fungsi tubuh. Semua itu bisa berkontribusi seseorang menghilangkan ketidaktarikan dalam seks. Perikslah untuk kesehatan jantung Anda jika kehidupan seks Anda mulai mengendur.
 
 
Depresi
 
Depresi biasanya menyebabkan seorang individu merasa tak tertarik dalam banyak ataupun kegiatan hariannya. Ketidaktertarikan ini juga bisa dilihat dalam kegiatan diatas ranjang, dimana menyurutkan hasrat seksualnya. Jika Anda merasakan gejala seperti itu, penting untuk Anda mengobati depresi agar bisa meningkatkan mood dan dorongan seks.
 
Kurang tidur
 
Penelitian menyatakan, ada hubungan kuat antara kehidupan seks yang kurang memuaskan dan kurang tidur . Kurang tidur bisa memengaruhi tingkat energi dan bisa menyebabkan kelelahan. Hal ini pada gilirannya memengaruhi libido dan kenikmaatan seseorang dalam melakukan hubungan seks. Oleh karena itu, penting untuk mengubah kebiasaan kurang tidur itu untuk mengdongkrak kehidupan seks seseorang.
 
 
Sindrom kelelahan kronis
 
Sindrom kelelahan kronis biasanya ditandai dengan kelelahan terus-menerus yang disebabkan  tak ada tenaga dalam waktu yang lama. Kondisi ini bisa memengaruhi banyak gejala fisik seperti nyeri sendi, sakit tenggorokan, sakit kepala, kelelahan, menurunkan dorongan seks dan lain-lain. Jika Anda merasa bahwa kurang memiliki dorongan seks disertai dengan gejala lain seperti, berhati-hatilah mungkin itu sindrom kelelahan kronis.
(ren)

»

Moms, Ini Cara Ampuh Sembuhkan si Kecil dari Sembelit (II-Habis)

Moms, Ini Cara Ampuh Sembuhkan si Kecil dari Sembelit (II-Habis)SAAT si buah hati mengalami sembelit, para ahli sepakat bahwa, si anak kurang aktivitas fisik dan tak cukupnya makanan serat.  
Kendai demikian bila anak Anda suatu saat mengalami sembelit, berikanlah makanan yang mengandung banyak serat. Kemudian, jika memungkinkan, ajaklah anak Anda berjalan-jalan agar kotoran dalam usus terdorong. Alhasil, keluhan sembelit itu bisa cepat hilang.
 
Jika Anda membutuhkan cara lain, karena dua cara itu kurang ampuh, tak usah cemas. Sebab masih ada beberapa cara yang bisa Anda jadikan referensi seperti dilansir Foxnews.
 
Minum lebih banyak air
 
Makanan kaya serat memang penting untuk mengobati sembelit, tapi anak Anda membutuhkan air untuk mendorong kotoran bisa keluar. Minumlah setidaknya satu sampai dua gelas air setiap kali makan, menurut Dr Dyan Hes, seorang dokter anak dan direktur medis untuk Gramercy Pediatrics di New York City.
 
Kurangi minum susu
 
Beberapa anak-anak yang tak makan cukup serat disebebakan karena mereka meminum banyak susu, kata Hes. Setelah usia satu tahun, anak-anak tak boleh minum lebih dari 16 ons susu setiap hari dan tak lebih dari 24 ons setelah usia sembilan tahun.
 
Tambahkan sedikit jus
 
Meskipun buah utuh memiliki lebih banyak serat dan sedikit gula, para ahli mengatakan tak masalah untuk memberikan 100 persen jus buah jika sembelit pada anak berlanjut. Empat sampai enam ons jus buah pir setiap hari adalah cara terbaik.
 
Sempatkan Anda untuk berolahraga
 
Meskipun berolahraga tak akan menyembuhkan sembelit, namun upaya ini bisa membantu pergerakan kotoran dalam usus. " Ketika ada kontraksi otot perut, hal itu akan membantu mendorong tinja di usus, " kata Hes.
 
Bicaralah dengan dokter anak
 
Jika sembelit masih tak kunjung hilang, tanyakan dokter anak Anda mengenai obat terbaik dan bagaimana menggonsumsinya.
(ren)

»

Moms, Ini Cara Ampuh Sembuhkan si Kecil dari Sembelit (I)

Moms, Ini Cara Ampuh Sembuhkan si Kecil dari Sembelit (I)   SEMBELIT merupakan jenis penyakit yang tak hanya banyak dialami orang dewasa, tapi anak-anak pun  tak sedikit juga mengalaminya. Apalagi bila kegiatan bermain dan makanan yang dikonsumsi anak dengan teman-temannya tak terpantau para orang tua.  
Namun kabar baiknya adalah, jika anak-anak Anda sembelit, mereka tak harus menderita. Di bawah ini, Dr. Wendy Sue Swanson, dokter anak sekaligus direktur eksekutif kesehatan digital di Rumah Sakit Anak Seattle, menunjukan cara membantu menyembuhkan anak mengalami sembelit. Berikut, ulasan lengkapnya seperti dilansir Foxnews.
 
Memberikan si kecil waktu lebih lama saat di toilet
 
"Bangunlah kebiasaan pada anak 10 sampai 15 menit setiap hari atau dua kali sehari untuk sekedar duduk di toilet saat mandi. Pastikan ia juga melakukan hal yang sama untuk membuat kotoran keluar dalam tubuh," kata Swanson.
 
Mengintip
 
Anak Anda mungkin tak ingin Anda melihat kotorannya. Tetapi saat di mengalami sembelit, penting untuk memantaunya. Hal itu ditakutkan keluhan sembelitnya sudah parah, dimana saat dikeluarkan fesesnya ada darah diatasnya. Bila Anda menemukan hal itu pada anak Anda, segeralah buat janji dengan dokter anak Anda. Selain itu juga, bila anak Anda saat sembelit merasakan rasa nyeri saat mengeluarkan feses, disarankan untuk bertemu dengan dokter.
 
Menambahkan jus buah pir
 
Sembelit biasanya tak menjadi masalah pada bayi yang diberikan ASI, tetapi bagi anak diberikan susu formula, hal itu sangat mungkin. Bicaralah dengan dokter anak Anda, bila Anda beralih ke susu formula atau tambahkanlah sejumlah jus buah pir pada botol bayi Anda.
 
Perbanyak makanan berwarna
 
"Kekurangan makanan berwarna seringkali penyebab sembelit muncul," kata Swanson. Jadi, batasilah mengonsumsi makan berwarna putih seperti roti putih, nasi, pasta dan keju. Mulailah menambahkan makanan berwarna pada pola makan harian Anda.
 
Makan lebih banyak serat
 
Semua jenis kacang-kacangan adalah sumber serat yang juga bisa mencegah sembelit. Namun sebagian besar anak-anak tak mengonsumsi dalam jumlah cukup, menurut sebuah studi yang dirilis ke dalam jurnal Nutrition Research. Buah-buahan dan sayuran, roti gandum dan pasta, beras merah, kacang-kacangan, dan biji-bijian segar adalah pilihan yang baik.
(ren)

»

Jaga Tubuh Terus Fit, Yossico Jaga Pola Makan

Jaga Tubuh Terus Fit, Yossico Jaga Pola Makan   SELAIN teratur berolahraga, mengonsumsi makanan sehat merupakan kunci penting agar tubuh terus fit. Mungkin inilah yang diyakini oleh Yossico Stephanie, Miss Eco Tourism 2013.

Ya, dara cantik ini mengaku tak hanya mengandalkan kardio dan yoga sebagai aktivitasnya berolahraga, ia selalu mengedepankan makan makanan sehat. Hal itu supaya mendukung tubuhnya bisa terus fit ditengah aktivitas yang padat.  
"Saya kalau soal makan, saya sebisa mungkin menjaga makan tetap sehat. Seperti sayur-sayuran hijau, salad, dan buah-buahan. Jenis makanan itu selalu ada di menu makan pagi, siang, dan malam," ungkapnya saat bertandang ke redaksi Okezone, di Gedung Highend lantai 4, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, beberapa waktu yang lalu.
 
Tak lupa, ia juga meminum susu setiap hari saat pagi dan juga meminum vitamin mengawali aktivitas. Hal itu bertujuan agar tubuh terus fit saat menjalani aktivitas sampai malam.
 
"Biasanya saya sebelum berangkat kerja minum vitamin C, dan itu sudah pasti," tandasnya.
(ren)

»

Terapi Rumahan ini Bisa Redakan Sinus Anda

Terapi Rumahan ini Bisa Redakan Sinus AndaINFEKSI sinus bisa sangat menjengkelkan bila tak segera ditangani. Sebab, hal itu akan membuat seseorang mengalami sakit kepala akut, batuk kronis, hidung tersumbat dan lain-lain.
 
Bila Anda termasuk mengalami demikian, Anda harus mengonsumsi obat agar terhindar dar infeksi lebih parah lagi. Namun, sebenarnya ada juga solusi rumahan yang bisa dijadikan pengobatan untuk membantu mengobati infeksi sinus. Mau tahu? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dilansir Healthmeup.
 
Minyak kayu putih
 
Masukan beberapa tetes minyak kayu putih di air hangat. Kemudian, oleskan ke tulang pipi untuk memberi bantuan cepat dari sinus.
 
Terapi uap
 
Terapi uap adalah salah satu perawatan yang paling umum dari sinus. Cara mendapatkan terapi uap ini, Anda hanya perlu merebus air dan kemudian menuangkan ke dalam mangkuk. Setelah itu, dekatkan wajah Anda dengan kepala dengan handung dan hiruplah uap itu dari hidung.
 
Cuka sari apel
 
Setelah Anda merasa menunjukan tanda-tanda infeksi sinus, segera campurkan beberapa cuka sari apel, air dan madu untuk memerangi infeksi. Minum tiga kali sehari sampai gejala infeksi sinus Anda mereda.
 
Bawang merah dan bawang putih
 
Bawang merah dan bawang putih memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang akan membantu mengobati infeksi sinus. Sertakan kedua bahan dengan aroma tajam pada makanan jika Anda menderita sinus.
(ren)

»

Deretan Pengobatan Medis Kuno yang Ngetren saat Ini

Deretan Pengobatan Medis Kuno yang Ngetren saat IniTAHUKAH Anda bahwa masih ada  pengobatan kuno yang efektif dan dipercaya mengobati keluhan penyakit masyarakat? Ya, pengobatan medis alternatif kian menjadi tren saat ini, Ah, benarkah?
 
Ya, Dr. Manny Alvarez Ketua Departemen Obstetri dan Ginekologi dan Ilmu Reproduksi di Hackensack University Medical Center di New Jersey, menjelaskan bahwa beberapa pengobatan medis kuno yang bisa dijadikan alternatif penyakit tertentu masyarakat. Di mana kini mulai jadi pilihan dan trend di kalangan masyarakat luas.
 
Untuk mengetahui apa saja pengoabatan medis kuno itu, simaklah ulasan di bawah ini seperti dilansir Foxnews.
 
Pengobatan lintah
 
Lintah sudah digunakan selama lebih dari 2.500 tahun untuk mengobati banyak penyakit. Pengobatan ini yang sudah digunakan di India dan negara-negara lain biasanya digunakan untuk mengobati asam urat, nyeri sendi, vertigo, sinusitis, dan bahkan jerawat. Hal itu bisa terjadi karena enzim dalam air liur lintah diyakini bisa meningkatkan aliran darah ke jaringan yang rusak.
 
Bekam
 
Menurut para ahli pengobatan alternatif, pengobatan bekam mungkin terlihat aneh tapi sesungguhnya pengobatan ini ialah penyembuh yang nyata. Pengobatan ini bisa digunakan di bagian belakang tubuh, leher dan kaki untuk melemaskan otot dan memulihkan aliran darah yang sehat. Bekam juga sudah digunakan untuk mengobati sindrom bahu beku dan meringankan pilek .
 
Hipnosis
 
Hipnosis sudah digunakan dalam ritual kuno dan upacara keagamaan. Dan yang pengobatan hipnosis yang ada pada hari ini merupakan perkembangan dari ilmu dari tahun 1700-an.
 
Hypnotherapy
 
Hypnotherapy sekarang sudah banyak dipilih masyarakat untuk mengobati beberapa keluhan penyakit. Contohnya, kecemasan, kecanduan, insomnia, obesitas, asma, dan bahkan digunakan untuk melahirkan.
(ren)

»

Sunday, March 30, 2014

Galau di Akun Sosmed, Sehatkah?

Galau di Akun Sosmed, Sehatkah?MARAKNYA akun sosial media seperti twitter, facebook, instagram, path saat ini, membuat semua orang sulit lepas dari ponselnya. Semua orang memberitahu aktivitas, isi pikiran, perasaan, dan keluh kesahnya ke dalam feature 'update status' yang tersedia. Alhasil, semua orang pun jadi sedikit-sedikit update status, sedikit-sedikit update foto.
 
Tak sedikit juga dari pengguna social media itu, seolah menjadikan update status seolah sahabat curhat-nya. Atau fenomena yang populer sekarang disebut galau. Ya, mereka banyak menumpahkan segala keluh kesahnya dengan begitu mudahnya. Sehingga kita yang berteman dalam akunnya terkadang merasa aneh ataupun prihatin.
 
Sehingga tak sedikit menimbulkan pertanyaan, lumrahkah untuk orang yang sedikit-sedikit update status di dalam akun facebook, twitter atau path-nya? Sehatkah update status terus di akun social media?
 
"Ya, tidak apa-apa. Akun social media itu, kalau zaman dulu kan orang-orang nulisnya di diary, dan karena perkembangan teknologi jadinya lewat status facebook, twitter, instagram. Namun, feel melakukan hal itu kita harus tidak mengganggu hajat hidup orang banyak. Ya kalau nggak suka sama statusnya atau semua yang dia update tinggal unfollow akun twitter-nya, unshare akun path-nya ataupun replace akun facebooknya. Simpel," jelas Zoya Amirin, M. Psi, Psikolog Seksual  dalam acara bertema Durex Turn Off to Torn On, di The Only One Club, f(X) Lifestyle, Jakarta, Kamis, 27 Maret 2014.
 
Selain itu, kata dia, asal yang sering update status terima konsekuensi orang lain memandang mereka, hal itu sah-sah saja.
 
Di samping itu banyak orang yang bertanya juga apakah sering update status itu tergolong narsis, jawabannya ialah tidak. Karena narsis itu kalau dia terlalu fokus pada diri sendiri, tanpa ada timbal balik dengan orang lain.
 
"Narsis itu kalau orang yang bisa dapet feed back dari orang lain, tidak punya temen yang real dan mementingkan diri sendiri. Jadi, sering update status ya tidak apa-apa. Kecuali kalau dia update status atau apapun, seolah kita fans-nya dia, malesin juga kan ituh. Kalau sudah seperti, tinggal balik lagi ke kitanya sendiri mau dimanfaatkan gak feature 'unfollow' di twitter, 'unshare' di path, atau 'replace' di facebook itu," tandasnya.
(ren)

»

Minimalisir Nyeri Siklus Haid, Nabilla Perbanyak Makan Sayur

Minimalisir Nyeri Siklus Haid, Nabilla Perbanyak Makan SayurSaat wanita memasuki siklus haid, biasanya mereka akan terserang nyeri ataupun kram pada perutnya. Tak jarang dari kondisi itu, banyak wanita yang terkulai lemas dan akhirnya tak bisa melanjutkan aktivitas harian.
 
Meski begitu, sebenarnya kita menimalisir nyeri itu jauh-jauh hari. Ya, dengan menjalani gaya hidup sehat dan berolahraga teratur seperti yang dilakukan Nabilla Shabrina.
 
Putri Pariwisata 2013 ini meyakini, gaya hidup yang sehat bisa meminimalisir rasa nyeri saar siklus haid dating.Oleh karenanya,  ia mengaku sebisa mungkin selalu menjaga pola hidupnya terus sehat. Hal itu pula ia lakukan, tak serta merta hanya untuk menimalisir nyeri haid saat masa menstruasi datang. Tetapi memang sudah keputusan hidupnya untuk menjalani gaya hidup sehat. Jadi rasa nyeri haid hanyalah sedikit bonus dari apa yang ia lakukan.
 
"Kalau kita setidaknya berolahraga dan makan makanan sehat kaya banyak makan sayur, kalau siklus haid datang, sakit pun yang dirasa sewajarnya aja. Tidak sampai yang terlalu parah sampai tidak bisa berakivitas, seperti yang terjadi pada sejumlah wanita," katanya saat bertandang ke redaksi Okezone, di Gedung Highend lantai 4, belum lama ini.
 
Nabilla menuturkan, biasanya nyeri luar biasa saat siklus haid datang, lantaran wanita  kurang makan sayur dan minum air putih. Sehingga membuat metabolisme jadi tak sehat dan pada gilirannya memengaruhi siklus haid. Jadi hidup bagi  wanita yang tak ingin aktivitasnya terganggu karena nyeri haid, hidup sehat penting untuk dikedepankan.
 
"Coba deh sebentar jalanin gaya hidup sehat, mulai dari banyak makan sayuran, perbanyak minum air putih, batasi makanan berminyak, dan punya rutinitas olahraga setiap minggu, palingan nyeri saat haid, cuma kram di sekitar paha aja," tandasnya.
(ren)

»

JAPFA Ajak 1.200 Anak Takalar Konsumsi Makanan Bergizi

JAPFA Ajak 1.200 Anak Takalar Konsumsi Makanan BergiziPT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) melanjutkan komitmennya untuk menggalakkan konsumsi makanan bergizi bagi Anak Indonesia. Kabupaten Takalar tepatnya Kec. Mangarabombang menjadi pilihan lokasi kegiatan Kampanye Gizi JAPFA4Kids pada 26-27 Maret 2014.

Melibatkan sekitar 1.200 anak dari SD Inpres Lamangkia, SDN Kajang, SD Inpres 185 Salambu, SDN 63 Punaga, SD Inpres 113 Laikang, SDN 62 Laikang, SD 33 Transmigrasi Laikang, SDN 61 Puntondo, dan SD Inpres 184 Boddia, kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dipusatkan di SDN 62 Laikang, Kec. Mangarabombang, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.
JAPFA memberikan Pelatihan Dokter Kecil untuk anak-anak perwakilan siswa. Pelatihan tersebut membekali calon dokter kecil dengan materi Dokter Kecil Berkarakter, PHBS, Gizi Seimbang, dan P3K.
 
Tak hanya mengajak pada siswa, Pelatihan prinsip manajemen dari Jepang bertajuk 5S juga diberikan kepada seluruh guru dari semua sekolah peserta Kampanye Gizi. Pelatihan prinsip manajemen jepang 5S (Seiri/pilah, Seiton/tata, Seiso/bersihkan, Seiketsu/mantapkan, (Shitsuke/biasakan) merupakan metode yang dapat digunakan sekolah untuk menata dan mengelola lingkungan belajar mengajar agar lebih kondusif.
 
?Melalui Pelatihan 5S dan Dokter kecil, kami berupaya untuk membekali para guru dan murid untuk membentuk budaya sehat di sekolah,? ujar AC. Valentino Babay, Head of Unit Pabrik Pakan JAPFA Makasar. ?Kami sengaja membekali guru dan siswa agar terdapat pendekatan menyeluruh kepada stakeholder utama sekolah,? lanjutnya.
 
Melalui kedua pelatihan tersebut, JAPFA telah membekali ilmu dokter kecil kepada sejumlah 45 murid dan 111 guru dari 9 SD di takalar.
 
Tak hanya memberikan bekal pelatihan kepada para murid dan guru. JAPFA juga melanjutkan kegiatan di hari kedua dengan memberikan pemeriksaan kesehatan serta memberikan paket gizi kepada siswa. Sejumlah 1.200 siswa mendapatkan paket gizi berupa 2 buah buku bertajuk ?Aku dan Diriku?, ?Empat Sehat Lima Sempurna?, 2 buah sosis siap makan, 3 buah susu, 1 buah alat tulis serta 1 butir telur.
 
?Kami berupaya untuk mengenalkan bahwa makanan bergizi tidak harus mahal, tetapi memiliki kecukupan asupan gizi yang sesuai pertumbuhan anak,? Ungkap R. Artsanti Alif, Vice President, Head of Public Relation JAPFA.
 
Selama pemberian paket gizi, JAPFA juga memberikan ruang bagi anak-anak untuk menampilkan kemampuannya berkesenian melalui Panggung Gebyar Budaya JAPFA4Kids. Setiap sekolah diberi kesempatan unjuk gigi menampilkan kemampuan para siswanya dalam berkesenian.  Tak hanya itu, JAPFA juga mengajak pecatur kaliber nasionalnya Surya Wahyudi yang sudah memegang Norma Master Internasional untuk melawan 10 anak-anak dan 10 orang dewasa.
 
Kegiatan Kampanye Gizi JAPFA4Kids telah dilaksanakan oleh JAPFA sejak tahun 2008. Melalui kegiatan tersebut JAPFA telah mampu menjangkau sejumlah 425 sekolah, 80.395 siswa,  4.486 guru di seluruh Indonesia.
 
Sebagai salah satu perusahaan yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan ayam, pembibitan dan penggemukan sapi, budidaya perairan, dan  produksi vaksin hewan, JAPFA berupaya untuk tetap menjunjung visi perusahaanya ?Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama? melalui berbagai kegiatan kepedulian sosial di sekitar lokasi usahanya.
(ren)

»

Nih, Tip Nabilla Miliki Tubuh Langsing Tanpa Diet

Nih, Tip Nabilla Miliki Tubuh Langsing Tanpa DietWANITA mana yang tak ingin memiliki tubuh dan langsing. Namun, ada saja faktor yang membuat berat badan wanita bertambah, seperti kurang berolahraga, ataupun kalap makan saat PMS (Premenstrual Syndrome) tiba.
 
Tapi hal itu sebenarnya bisa mudah didapatkan apabila, Anda mengonsumsi makanan sehat dan tak pernah lewatkan makan saat masuk jam makan. Tidak percaya?
 
Hal itu sudah terbukti bagi Nabilla Shabrina, Putri Pariwisata 2013. Dara cantik ini mengaku tak pernah melakukan diet untuk menjaga tubuhnya terus ideal sampai saat ini. Tetapi, yang ia lakukan hanya konsisten untuk mengonsumsi makanan sehat, khususnya menghindari makanan mengandung banyak lemak dan berkarbohidrat banyak. Alhasil, berat tubuhnya secara sendirinya tetap ideal.
 
"Miliki tubuh (ideal) seperti ini, saya itu tidak diet. Sejauh ini, mungkin ini alasan kenapa saya bisa menjaga tubuh terus ideal, saya itu lebih mengonsumsi makanan sehat aja kalau makan, mengurangi makanan dan minuman manis, dan berminyak. Sebab saya percaya, makananlah yang cenderung membuat berat badan jadi bertambah," katanya saat bertandang ke redaksi Okezone, di Gedung Highend lantai 4, belum lama ini.
 
Bahkan ia mengaku suka mengurangi porsi nasi dan mengganti nasi menjadi roti gandum agar tumpukan lemak dalam tubuh bisa dihindari. Tak kalah penting, baginya untuk tak pernah melewatkan makan saat jam makan demi ingin tubuh ideal. Sebab itu hanya membuatnya makanan berlebihan di jam makan selanjutnya. Menurut Nabilla, semua itu membantunya untuk mendapatkan tubuhnya tetap langsing dan sehat.
 
"Saya itu tipe yang makan teratur, tepat waktu. Di mana selalu sarapan, makan siang selalu jam 1, makan malam bersama jam 6. Disini juga, kan disini saya sendiri bekerja dan masih sibuk promosi, makan tetap tepat waktu," terangnya.
 
Seringnya berkumpul dengan teman, Nabila pun mengakui dirinya bisa mengontrol diri agar tidak berlebihan makan. Nabilla pun bercerita karena memiliki lingkungan yang sama-sama jebolan ajang putri Indonesia, semuanya sudah mengerti batasan untuk mengonsumsi makanan. Malah ia mengaku ialah sosok yang suka mengingatkan mereka untuk mengontrol makanan.
 
"Alhamdulillah, lingkungan saya itu sama-sama Putri, jadi malah kami saling mengingatkan kalau ada yang makan berlebihan. Dan kebetulan saya orang yang kasih tahu mereka, untuk tidak makan banyak atau yang tidak menyehatkan," tandasnya.
(ren)

»

Ini Dia Orang yang Paling Berisiko Alami Impotensi

Ini Dia Orang yang Paling Berisiko Alami ImpotensiDOK, siapa saja pria yang paling berisiko mengalami impotensi? Apakah usia remaja bisa mengalami impotensi? Jika iya, Apa faktor yang menyebabkan remaja mengalami impotensi?

Nurdin, 34 tahun  
JAWABAN
 
Salam untuk Pak Nurdin, definisi Impoten merupakan istilah awam, sedangkan terminologi medisnya adalah disfungsi ereksi.
 
Disfungsi ereksi didefinisikan sebagai ketidakmampuan mencapai dan mempertahankan ereksi untuk dapat memperoleh hubungan seksual yang memuaskan.
 
Dari definisi tersebut, biasanya disfungsi ereksi dialami oleh laki-laki yang menikah atau setidaknya pernah menikah.
 
Disfungsi ereksi pada remaja sepertinya sulit dipastikan, mengingat remaja belum mencapai usia menikah.
 
Disfungsi ereksi sendiri diklasifikasikan menjadi DE (disfungsi ereksi)  psikogenik dan organik. DE psikogenik timbul dikarenakan faktor psikis seperti stress pekerjaan, kelelahan fisik, adanya masalah suamu-isteri dsb. 
 
Sedangkan DE organik disebabkan adanya penyakit kronik yang mempengaruhi aliran darah, antara lain diabetes mellitus, kadar lemak atau kolesterol yang tinggi, gangguan hormon lelaki.
 
DE psikogenik biasanya dialami laki2 usia produktif, sedangkan DE organik biasanya pada laki-laki usia yang lebih senior (>40-50 tahun).
 
Tentu saja disarankan untuk berkonsultasi dengan urolog untuk mendapatkan diagnosis maupun penatalaksanaan yang sesuai.
 
Demikian penjelasannya, terima kasih-salam.
 
dr Nugroho Budi Utomo, SpU Spesialis Urologi di RS Meilia Cibubur
(ren)

»

Macam-Macam Emboli Perlu Anda Tahu

Macam-Macam Emboli Perlu Anda TahuMENURUT dr. Adi Wahyuono, SpOG dari RS M.H Thamrin Salemba, emboli adalah penyumbatan pembuluh darah yang terjadi di berbagai bagian tubuh oleh embolus (zat asing) yang dibawa oleh aliran darah. Karena menyebabkan sumbatan di pembuluh darah yang halus, maka akan terjadi penghentian aliran darah di daerah yang mengalami sumbatan tersebut, sehingga terjadilah kerusakan dan dapat berakibat kematian.  
Untuk mengetahui lebih detail, macam-macam emboli yang bisa Anda ketahui, sebagaimana dilansir Mom & Kiddie.
 
Emboli Udara

Emboli udara adalah masuknya udara ke dalam sistem pembuluh darah. Pada saat operasi sesar emboli udara dapat terjadi. Sama halnya dengan emboli air ketuban, emboli udara dapat terjadi ketika hamil, saat persalinan maupun setelah persalinan baik persalinan normal, tindakan, maupun sesar. Misal, ketika sedang melakukan proses operasi, saat membuka sayatan, bisa saja udara masuk yang menyebabkan terjadi emboli udara. Tapi kasus ini sangat jarang terjadi.  
 
Emboli Air Ketuban

Emboli air ketuban adalah masuknya air ketuban dengan segala komponennya seperti rambut janin,  lanugo, lemak, mekonium, dan sebagainya ke aliran darah ibu hamil yang dapat menyebabkan kegawatdaruratan obstetrik karena terjadi kardiovaskuler-respiratori kolaps dan perdarahan. Kegawatan ini terjadi dengan tiba-tiba dan sangat cepat. Namun, sebenarnya kejadian emboli air ketuban sangat jarang, dari catatan penelitian kejadian emboli adalah 1:8.000 sampai 80.000.
Pada emboli air ketuban sangat fatal akibatnya. Berkisar 50 persen kematian akan terjadi dalam satu jam pertama terjadinya emboli air ketuban, selebihnya akan mengalami perdarahan hebat karena terjadi gangguan proses koagulasi. Angka kematian emboli air ketuban sebesar 80 ? 90 persen. Ibu hamil yang ketika persalinan berhasil lolos dari kematian akan memerlukan perawatan yang lama dan akan menderita kerusakan neurologis misalnya pada bagian saraf atau otak yang mengakibatkan kelumpuhan dan  gangguan memori.
(tty)

»

Emboli, ''Pembunuh'' Ibu Melahirkan!

Emboli, MENDENGAR kata emboli, mungkin moms masih mengingat kasus dr. Dewa Ayu Sasiary Prawan (38) yang divonis 10 bulan penjara sesuai putusan kasasi Mahkamah Agung. Yang mana, dalam persidangan terungkap istilah emboli, terkait penyebab kematian pasien yang bernama Julian Fransiska Maketey di RSUP Prof dr RD Kandou, Malalayang, Manado, 10 April 2010 silam.  
Terlepas dari kasus hukum yang menjerat dr. Ayu di atas, apa sih emboli itu? Banyak yang menjuluki emboli ini si pembunuh ibu melahirkan. Hi, mengerikan ya, moms? Namun, sebelum moms ?parno? dengan kata emboli, berikut penjelasan selengkapnya. 
 
Penyumbatan di Pembuluh Darah


Menurut dr. Adi Wahyuono, SpOG emboli adalah penyumbatan pembuluh darah yang terjadi di berbagai bagian tubuh oleh embolus (zat asing) yang dibawa oleh aliran darah. Dan karena menyebabkan sumbatan di pembuluh darah yang halus, maka akan terjadi penghentian aliran darah di daerah yang mengalami sumbatan tersebut, sehingga terjadilah kerusakan dan dapat berakibat kematian.

Lebih rinci dr. Adi menyebutkan bahwa penyumbatan tersebut bergantung pada ukuran emboli, yaitu besar-kecilnya emboli yang masuk ke bagian pembuluh darah. Dan letak sumbatan - lokasi lepasnya emboli - bisa terjadi di jantung, paru-paru, otak,  atau organ lainnya. Bila di otak dapat menyebabkan stroke, bila di jantung bisa sebabkan tidak berfungsinya kerja jantung, dan bila di paru-paru sebabkan fungsi pernapasan tidak bekerja dengan baik.
 
Proses Terjadinya

Emboli dapat disebabkan oleh air ketuban, udara, lemak, trombus (darah beku), rambut bayi, bahkan feses bayi serta komponen lain. Mekanismenya jika dikarenakan oleh air ketuban, yaitu masuknya air ketuban dengan segala komponen di dalamnya ke sistem pembuluh darah. Akibatnya terjadi sumbatan di bagian tertentu, seperti otak, paru-paru, jantung dan organ lainnya yang menyebabkan kegagalan fungsi organ-organ tersebut.

Sebenarnya kasus emboli tidak hanya terjadi pada saat proses persalinan saja, bisa saja saat kehamilan atau beberapa waktu setelah melahirkan. Dan tak hanya saat proses persalinan sesar saja, saat persalinan normal atau normal dengan tindakan (vakum, forceps), kasus emboli ini bisa saja terjadi.
 
Perlu moms ketahui, dalam setiap proses persalinan pasti terdapat kondisi dimana pembuluh arteri dan vena yang pecah. Saat itulah, air ketuban atau sel lemak bayi, rambut bayi, dan feses bayi bisa masuk ke pembuluh darah.
 
Adi menegaskan, tidak ada gejala awal yang dapat memprediksi terjadinya emboli pada ibu melahirkan. Meskipun pemeriksaan dan prosedur medis lengkap telah dilakukan. Sementara, emboli bisa saja terjadi secara tiba-tiba di tengah-tengah persalinan. Apalagi setiap pasien memiliki keadaan tubuh yang berbeda. Bahkan terkadang dalam penanganan persalinan, emboli tidak teraba oleh dokter kandungan. Gejala emboli lebih sering ditemukan oleh dokter anestesi atau bedah yang melakukan operasi. Keadaan paling jelas yang menunjukkan terjadinya emboli adalah kadar saturasi oksigen yang sangat rendah pada tubuh pasien. Umumnya ditemui pasien yang mengalami sesak napas karena terjadi penyumbatan aliran darah dan paru.
 
Bila Terjadi Emboli?

Kasus emboli jelas sangat berbahaya karena terjadinya sangat tiba-tiba, cepat dan fatal. Saat terjadi emboli air ketuban Moms akan mengalami sesak napas hebat sehingga wajah membiru, penurunan tekanan darah sampai syok.  Terjadi kegagalan pernapasan, gagal jantung,  kejang hingga koma dan diikuti perdarahan hebat karena gangguan koagulasi (pembekuan darah). Jika tidak ditangani dengan cepat, bisa mengalami kematian pada ibu hamil. Sedangkan pada janin akan menyebabkan gawat janin dan kematian.
 
Saat terjadi emboli yang dapat dilakukan oleh dokter adalah dengan memberi terapi bantuan napas dengan ventilator, mengatasi syok dengan memberi cairan tertentu untuk menaikkan tekanan darah, mengatasi gagal jantung, memberi transfusi darah dan mengatasi gangguan koagulasi. Semua tindakan medik ini harus dilakukan dengan segera. Perlu diketahui bahwa emboli tidak dapat dicegah dan tidak dapat diprediksi, sehingga yang dapat dilakukan adalah memberikan terapi seperti yang disebutkan di atas secepat mungkin.  
 
Faktor Risiko

Terjadinya emboli tidak dapat diramalkan, tidak dapat diduga dan belum diketahui bagaimana terjadinya. Berikut beberapa kondisi yang diduga menyebabkan emboli, di antaranya:

- Persalinan dengan tindakan (vakum, forceps, lahir sungsang). Meskipun demikian emboli juga dapat terjadi pada persalinan normal.
- Induksi persalinan.
- Kontraksi rahim sangat kuat.
- Selaput ketuban pecah.
- Operasi sesar.
- Hamil pada usia di atas 30 tahun.
- Multiparitas (banyak melahirkan).
- Plasenta abnormal.
- Trauma.
- Kematian janin.
- Kehamilan dengan janin sangat besar.
- Mekonium di dalam air ketuban.
Meski untuk mencegah terjadinya emboli sangat sulit, tapi tak ada salahnya, jika BuMil memperhatikan hal-hal berikut:
 
- Sebelum hamil persiapkan fisik dan psikis.
- Periksakan kesehatan baik sebelum dan saat hamil.
- Waspadai dan minimalisir faktor risiko terjadinya emboli.
- Lakukan persalinan di tempat yang mempunyai fasilitas lengkap agar kalau terjadi kelainan/gangguan dapat segera ditangani.
- Kehamilan merupakan berkah Allah, sekaligus mengandung berbagai risiko, sikapilah kehamilan dengan rasa syukur, lebih berhati-hati dan cermat disertai doa dan harapan kepada-Nya.
(tty)

»

Cara Mudah Batasi Anak Konsumsi Makanan Manis

Cara Mudah Batasi Anak Konsumsi Makanan Manis MAKANAN manis umumnya menjadi incaran anak-anak ketika perasaannya sedang marah atau kesal. Pasalnya, makanan manis bisa membuat anak merasa menjadi nyaman dan senang.  
Untuk mencegah anak menyukai makanan manis secara berlebihan, maka orangtua bisa melakukan hal berikut, sebagaimana saran dr. Frieda Handayani Sp.A dari RSIA Evasari Rawamangun, Jakarta, dirilis Mom & Kiddie.
 
- Ketika anak berusia di atas 6 bulan dan mulai diperkenalkan berbagai jenis makanan, maka sebaiknya orangtua sudah harus membentuk pola makan yang sehat. Rasa manis yang diperkenalkan ke anak sebaiknya dari makanan yang mengandung rasa manis alami, misalnya dari buah. Moms bisa mencampurkan buah yang manis ke dalam makanan untuk anak.
 
- Hindari memberikan atau membiasakan anak diberi makanan olahan yang banyak mengandung gula dan lemak.
 
- Orangtua boleh saja memberikan makanan manis, namun harus dibatasi dan pantau pemberian makanan manis pada anak, misalnya hanya sekali-dua kali saja dalam seminggu dan hindari pemberian makanan manis setiap hari.
 
- Orangtua juga sebaiknya memberi contoh untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak menyediakan makanan atau camilan yang kurang sehat atau yang mengandung gula tinggi di rumah.
 
- Orangtua harus pintar dalam membuat variasi makanan pada anak setiap harinya.
 
- Perhatikan makanan sehat yang menjadi makanan favorit atau disukai anak dari berbagai makanan sehat yang disediakan. Baiknya orangtua menyiapkan makanan kesukaan anak tersebut sebelum anak menjadi lapar. Sehingga ketika anak  lapar, anak akan memilih makanan yang sudah disediakan dan tidak mencari makanan instan yang tidak sehat.
 
- Sediakan buah-buahan yang manis atau buah yang digemari oleh anak di meja makan. Sehingga ketika anak pulang bermain atau pulang sekolah dan merasa lapar maka anak bisa memilih buah tersebut untuk dikonsumsi atau mengatasi rasa laparnya.
 
- Jika memang orangtua memiliki makanan atau camilan yang manis di rumah, maka sebaiknya penyimpanannya harus dihindari dari jangkauan anak-anak.
(tty)

»

Agar Anak Tak Kecanduan Permen, Cokelat, & Es Krim

Agar Anak Tak Kecanduan Permen, Cokelat, & Es KrimTAK disangkal lagi anak-anak adalah pecinta gula sejati. Hampir semua anak kecil menyukai permen, es krim, cokelat dan makanan manis lainnya.
Bila dikonsumsi sewajarnya, ?si manis? ini tak jadi masalah, tapi jika berlebihan bisa juga membahayakan, lho moms! Selain merusak gigi, obesitas juga penyebab turunnya kemampuan otak si kecil.

Tak ingin kan buah hati Anda menjadi ketagihan ?si manis?? Yuk, moms atur asupan gula yang masuk ke tubuh si kecil. Simak tip dari dr. Frieda Handayani Sp.A, dirilis Mom & Kiddie.

Jangan Jadikan Kebiasaan!

Apakah moms selalu jadikan permen, es krim, cokelat sebagai ?senjata? untuk menyogok si kecil saat ia rewel atau ngambek. Atau makanan-makanan manis ini selalu menjadi buah tangan ketika Anda pulang dari bepergian? Jika hal ini hanya sesekali nggak masalah. Namun, bila dijadikan sebagai kebiasaan sebaiknya segera dihentikan.  

Memang, rasanya yang manis menimbulkan kesenangan tersendiri bagi yang memakannya, terutama si kecil. Makanan-makanan manis ini jika sering diberikan akan menimbulkan efek ketagihan. Jika dibiarkan tentu akan berdampak pada kesehatan si kecil nantinya. Ingat moms, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Dampak Negatif

Perlu moms ketahui makanan-makanan manis ini penyumbang kerusakan gigi terbesar setelah antibiotik. Anak yang suka mengonsumsi makanan manis akan mengalami kerusakan gigi, karena gula akan menjadi media pertumbuhan bakteri. Jika setelah mengonsumsi makanan manis anak tidak langsung membersihkan giginya, maka bakteri akan menempel dan berkembangbiak sehingga membuat gigi mengalami kerusakan seperti gigi berlubang dan karies.

Selain itu, kebanyakan mengonsumsi makanan manis yang mengandung gula dan kalori tinggi juga bisa membuat anak mengalami berat badan berlebih sehingga menyebabkan obesitas atau kegemukan.

Banyak mengonsumsi makanan manis juga membuat gula darah menjadi tinggi, sehingga anak akan merasa kenyang dan berujung malas untuk mengonsumsi makanan sehat. Misal, daging yang mengandung protein atau buah dan sayur yang mengandung vitamin dan mineral. Hal tersebut bisa membuat tubuh anak menjadi lebih mudah terserang penyakit karena kurangnya asupan gizi yang baik. Apalagi jika anak banyak mengonsumsi makanan manis dan dibarengi dengan gaya hidup yang tidak sehat, lama kelamaan anak bisa berisiko mengalami diabetes.

Selain itu, makanan-makanan manis akan meningkatkan kadar gula darah naik dalam sekejap. Fluktuasi ini menyebabkan tidak stabilnya pasokan energi ke otak, yang berakibat turunnya kemampuan konsentrasi, mudah tersinggung, dan kelelahan.

Sifatnya yang menenangkan membuat tubuh mudah mengantuk beberapa jam setelah makan. Tubuh manusia juga butuh waktu lebih lama untuk mencerna makanan manis yang mengandung gula dan lemak hingga kerja otak akan melambat.

Konsumsi gula dalam jumlah berlebihan juga mengganggu penyerapan beberapa zat gizi, sistem kekebalan tubuh tertekan, juga penurunan kemampuan tubuh mengatur kadar gula dalam darah.  

Waspadai Kondisi Anak

Untuk menghindari berbagai penyakit yang bisa dialami anak karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, maka orangtua harus waspada pada anak ketika melihat komposisi makanan anak yang sudah tidak seimbang, misalnya yang awalnya masih mau mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, menjadi bergeser ke makanan-makanan yang manis atau tidak sehat. Perhatikan juga ketika anak kehilangan nafsu makan atau sudah tidak menyukai mengonsumsi makanan yang alami seperti buah, sayur dan karbohidrat.

Tidak hanya itu, orangtua juga harus waspada ketika anak sudah mengalami masalah berat badan, misalnya anak mengalami kegemukan. Perhatikan juga jika anak sudah mengalami tanda-tanda kerusakan gigi seperti gigi berlubang, karies gigi atau gigi menghitam.

Makanan Manis ?Aman? untuk Anak

Walau bagaimana pun makanan manis tentunya dibutuhkan juga oleh anak, karena pada masa pertumbuhan anak membutuhkan kandungan dari rasa manis untuk membangun energi dan perkembangan sarafnya. Jadi, orangtua tidak bisa memutus sama sekali pemberian makanan manis.

Bahkan, Air Susu Ibu (ASI) saja mengandung rasa manis. Namun orangtua bisa memilihkan makanan manis yang baik dan sehat untuk anak. Misal buah yang manis seperti pisang, melon, semangka, sawo, alpukat, jeruk yang manis dan buah lainnya yang mengandung rasa manis. Selain buah, makanan manis lain yang bisa diberikan ke anak yaitu madu.

Beri juga alternatif makanan manis seperti buah kering, smoothie buah segar, cokelat bermutu tinggi yang terbuat dari bubuk kakao, dan yogurt buah. Makanan manis ini mengadung serat dan protein yang dapat mengurangi kadar dampak gula serta mengandung protein dan mineral. (tty)

»

Saturday, March 29, 2014

Siasat Tepat Lawan Rasa Lelah saat Kerja

Siasat Tepat Lawan Rasa Lelah saat KerjaMENJALANI rutinitas yang padat sehari-hari dapat membuat Anda mengalami penurunan tenaga dan kelelahan. Hal ini dapat menyebabkan kondisi kesehatan badan menjadi menurun hingga bisa berujung sakit.

Untuk itu, Anda harus menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dengan menjaga dan meningkatkan tenaga. Berikut cara meningkatkan tenaga dan mengatasi kelelahan, sebagaimana dilansir Boldsky.  
Peroleh sinar matahari yang cukup
 
Kurangnya paparan sinar matahari yang ehat membuat Anda menjadi lemas dan malas. Untuk itu, mendapatkan beberapa manfaat dari sinar matahari akan meningkatkan kadar hormon serotonin dan memberikan vitamin D yang diperlukan bagi kesehatan tubuh dan tulang.
 
Tetap terhidrasi
 
Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama dari kelelahan. Hal ini dikarenakan berlalunya oksigen ke otot-otot yang menyebabkan tubuh Anda kekurangan energi. Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi Anda harus banyak minum air putih dan cairan yang sehat.
 
Tingkatkan konsumsi makanan berenergi
 
Yogurt merupakan makanan yang kaya kalsium dan vitamin. Selain itu, probiotik yang terkandung dalam yoghurt baik untuk mengatasi kelelahan dan mendetoksifikasi sistem jaringan tubuh. Makanan pembangkit energi lainnya adalah buah-buahan kaya serat dan gula alami yang membantu melawan rasa lelah dan meningkatkan energi.
 
Minum teh hijau
 
Minum teh hijau adalah cara alami untuk meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan. Selain itu, minuman ini hanya mengandung sedikit kafein, namun cukup membantu mengatasi kelelahan. Bahkan, minum teh hijau akan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak dan mengubahnya menjadi energi.
 
Sertakan bubur gandum
 
Bubur gandum adalah sarapan yang ideal dalam meningkatkan energi untuk menjalani aktivitas sepanjang hari. Gandum mengandung karbohidrat dan rendah lemak, sehingga juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang membuatnya menjadi makanan sehat.
 
Istirahat sejenak
 
Saat bekerja, istirahat sejenak dapat mencegah Anda merasa lelah secara fisik dan mental. Cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam dan beberapa gerakan peregangan sederhana yang akan menenangkan pikiran Anda.
(tty)

»

Begini Cara Bikin Gigi Putih & Sehat

Begini Cara Bikin Gigi Putih & SehatSENYUM adalah modal dari setiap orang untuk tampil menawan. Oleh karena itu, memiliki gigi putih yang sehat adalah dambaan baik bagi pria maupun wanita.  
Kebiasaan dan cara menyikat gigi bisa mempengaruhi kesehatan dan cemerlangnya gigi Anda. Berikut kebiasaan dan cara menyikat gigi yang dianjurkan agar memiliki gigi putih yang sehat, seperti dilansir Magforwomen.

Menjaga kesehatan gigi dasar
 
Biasakan sikat gigi dua kali sehari, yaitu pagi dan sebelum tidur di malam hari. Pastikan Anda menggunakan sikat gigi berbulu lembut untuk menghindari pengikisan gigi. Jangan lupa untuk berkumur dan memastikannya mencapai garis gusi.



Bilas gigi secara teratur
 
Setiap kali Anda makan sesuatu, bilas gigi dengan air dingin selama minimal 30 detik. Hal ini akan membantu mengeluarkan sisa makanan di antara sela-sela gigi.

Gunakan pasta gigi yang tepat
 
Banyak pasta gigi tetapi tidak semuanya bisa membersihkan dan memutihkan gigi. Selalu bilas sikat gigi Anda dalam air dan jangan terlalu banyak menggunakan pasta gigi. Jika pemutihan gigi adalah tujuan Anda, gunakanlah pasta gigi pemutih yang dianjurkan dokter.
 
Sikat gigi dengan cara yang benar
 
Gerakan vertikal paling dianjurkan, dan menyikat dengan lembut merupakan hal yang sangat penting. Menjangkau setiap gigi tanpa melewatkan bagian belakang dan kedua sisi juga harus disikat dengan lembut. Jangan melewatkan menyikat langit-langit mulut serta lidah, dan selalu akhiri dengan membilasnya untuk memastikan tidak ada pasta gigi yang tersisa di mulut.

Hindari minuman kopi dan soda
 
Banyak minum kopi dan minuman bersoda dapat menimbulkan noda pada gigi ketika dikonsumsi setiap hari. Minum keduanya hanya akan membuat gigi tidak hanya bernoda tetapi juga berubah warna dan mudah terkikis. Namun jika memang sesekali ingin minum kopi atau soda, cobalah menggunakan sedotan agar tidak semua mengenai bagian putih gigi.

Perhatikan diet harian
 
Diet sehat tidak hanya menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat, tetapi juga penting bagi kesehatan gigi. Beralih lah ke konsumsi buah-buahan dan sayuran, serta makanan kaya asam folat karena dapat menurunkan risiko gusi berdarah. Selain itu, semangkuk yogurt setiap hari akan mengurangi risiko Anda mengembangkan penyakit yang berkaitan dengan gigi dan gusi.
(tty)

»

Nabilla Tak Bisa Lepas dari Buah Setiap Hari

Nabilla Tak Bisa Lepas dari Buah Setiap HariBUAH sudah diyakini banyak orang memberikan manfaat kesehatan dan menjaga tubuh secara keseluruhan. Tak ayal banyak orang mengonsumsinya secara teratur setiap hari.  
Hal itu rupanya dilakukan juga oleh Nabilla Shabrina, Putri Parawisata 2013. Dia bercerita bahwa buah buah tak bisa lepas dari kesehariannya, khususnya pada jam makan pagi, siang, malam, bahkan saat waktu senggang. Hal itu terjadi karena didikan ibunya saat kecil yang suka menyuruh makan buah, meskipun dulu tak berjalan mulus. Tetapi berjalannya waktu, dia pun mengaku mulai rutin mengonsumsinya karena mulai tahu manfaat demi manfaat buah yang dimakannya.
 
"Saya senang makan buah, jadi jika ada pertanyaan apakah harus ada buah setiap hari, harus banget makan buah setiap hari. Malah dulu waktu kecil kalau tidak makan, diomelin oleh mama," katanya saat bertandang ke redaksi Okezone di Gedung Highend, Kebon Sirih, Jakarta, baru-baru ini.
 
Sementara buah apa saja yang sering dikonsumsi, dara cantik ini menerangkan tak menentukan buah apa saja yang dikonsumsinya. Terpenting buah itu masih segar, enak saat dimakan, tak banyak karbohidrat.
 
"Kalau apel, saya tidak terlalu sering makan karena banyak karbohidrat. Paling biasanya jeruk, stroberi, dan nanas," terangnya.
 
(tty)

»

Cegah Flu, Nabilla Demen Minum Air Putih Ketimbang Obat

Cegah Flu, Nabilla Demen Minum Air Putih Ketimbang ObatCUACA yang tak menentu belakangan ini suka membuat daya tahan tubuh turun. Tak sedikit pula akhirnya orang jatuh sakit.

Hal itu rupanya disadari oleh Nabilla Shabrina, Putri Parawisata 2013. Dara cantik ini mengaku perubahan suhu drastis saat ini kerap mengundang flu dan penyakitnya lainnya datang. Namun, dia sendiri sudah menyiasatinya dengan meminum banyak air.  
"Kalau sudah mulai tanda-tanda flu mau datang, kita kan bisa merasakannya ya. Iya sudah langsung minum banyak air putih saja," katanya saat bertandang ke redaksi Okezone di Gedung Highend, Kebon Sirih, Jakarta, baru-baru ini.
 
Alasan dia hanya minum air putih sendiri karena dirinya tak suka mengandalkan obat-obatan dan lebih memakai cara-cara yang alami. Khususnya untuk sakit yang ringan- ringan seperti flu atau batuk.
 
"Saya tidak suka meminum obat-obatan pencegah atau antibiotik karena takut nanti kumannya kebal dalam tubuh. Lebih baik saya makan sayur atau buah. Biasanya sih jeruk dan tomat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Agar gejala-gejala mau ke arah flu itu bisa hilang," tandasnya.
 
(tty)

»

Dermatitis Statis Disebabkan Salah Konsumsi Makanan?

Dermatitis Statis Disebabkan Salah Konsumsi Makanan?MASYARAKAT luas masih banyak yang belum mengetahui apa itu penyakit dermatitis statis. Mereka hanya mengetahui bila kulit kaki mengering dan berwarna hitam, serta muncul luka borok, hal itu lantaran bertambahnya umur.

Banyak hal memang yang belum diketahui masyarakat Indonesia. Malah ada yang berpandangan dermatitis statis adalah penyakit yang disebabkan salah mengonsumsi makanan. Benarkah memang demikian?

"Dermatitis statis itu satu dari berbagai macam gambaran klinis dari chronic venous disease (CVD) atau adanya kelainan pembuluh darah vena di daerah pergelangan kaki. Jadi jelas karena masalah di venanya, faktor makanan tidak pengaruh ataupun pola diet makan. Jadi sekali lagi, makan apa pun atau diet apapun tidak masalah," jelas Dr. Alexander Jayadi Utama, SpB(K)V, tim dokter Vascular RS Premier Bintaro kepada Okezone dalam acara bertema ?Gangguan Pembuluh Darah pada Dermatitis Statis? di Ruang Krakatau, Gedung Annex, RS. Premier Bintaro, Sabtu, 29 Maret 2014.

Yang memengaruhi seseorang mengalami dermatitis statis itu ialah bertambahnya usia, berjenis kelamin wanita, genetika, obesitas, dan terlalu lama berdiri ataupun duduk. Khususnya, faktor bertambahnya usia dan kontrol yang tak kita kontrol, ucap Dr. Alex.

"Makanan itu tidak memengaruhi ataupun membuat seseorang terkena dermatitis statis. Tapi yang berpengaruh sekali terhadap dermatitis statis itu faktor keturunan keluarga dan bertambahnya usia," tandasnya.
(tty)

»

Berapa Lama Borok Akibat Dermatitis Statis Bisa Sembuh?

Berapa Lama Borok Akibat Dermatitis Statis Bisa Sembuh?BOROK yang biasanya terjadi penderita dermatitis statis memang persoalan yang tak bisa dianggap sepele. Di mana biasanya akan menghambat seseorang dalam bergerak leluasa. Tak ayal, seseorang yang mengalami penyakit ini produktivitasnya menurun.

Selain itu, banyak orang saat menyembuhkan dermatitis statis ini sudah dalam kondisi luka terbuka atau borok. Namun, biasanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari luka itu?

"Termasuk lama, sekitar dua sampai tiga bulan layaknya borok yang diderita penderita diabetes," jelas Dr. Alexander Jayadi Utama, SpB(K)V, tim dokter Vascular RS Premier Bintaro kepada Okezone dalam acara bertema ?Gangguan Pembuluh Darah pada Dermatitis Statis? di Ruang Krakatau, Gedung Annex, RS. Premier Bintaro, Sabtu, 29 Maret 2014.

Namun, kesembuhan itu balik lagi ke faktor risikonya, apakah profesi pekerjaannya mengharuskan berdiri atau duduk terlalu. Kemudian, apakah dia memiliki penyakit kronis lainnya, seperti diabetes ataupun hipertensi. Terpenting ialah perawatannya yang harus tepat, ucap Dr. Alex.

"Sebenarnya, asal perawatannya benar, luka bisa cepat sembuh. Dan kalaupun mereka menderita penyakit diabetes, ya harus dikontrol gulanya sampai batas normal agar luka boroknya cepat tertutup," tandasnya.
(tty)

»

Orang Dewasa Suka 'Ngompol', Begini Cara Atasinya

Orang Dewasa Suka SIAPA bilang hanya balita saja yang ?ngompol?, orangtua pun bisa mengalaminya atau biasa disebut inkontinensia urine. Jika menderita inkontinesia urine, seseorang akan sering buang air kecil tanpa bisa dikontrol baik pada siang hari maupun malam hari
 
Salah satu penyebab dari inkontinesia urine adalah komplikasi dari pembesaran prostat jinak atau benign prostatic hyperplasia (BPH) yang menyebabkan dinding kandung kemih menjadi lebih sensitif. Pembesaran kelenjar prostat bisa menyebabkan pembesaran otot kandung kemih disertai pembentukan jaringan ikat yang menyebabkan fungsi kontraksi otot kandung kemih tidak stabil.
 
Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada solusi efektif yang dapat membantu mengatasi masalah inkontinesia urine, berikut seperti yang dikutip Newsmaxhealth.

Peroleh vitamin D dari sinar matahari
 
Sebuah studi dalam Obstetrics & Gynecology mengatakan bahwa vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari dapat membuat tulang menjadi lebih kuat. Selain itu, studi ini juga menemukan bahwa wanita yang kekurangan vitamin D meningkatkan risiko inkontinesia urine sebesar 170 persen, pada studi sekira 82 persen wanita kekurangan vitamin D. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan pengobatan dengan bantuan suplemen vitamin D untuk mengurangi risiko inkontinesia urine.

Konsumsi biji labu
 
Pada abad ke-21 peneliti dari Jepang telah membuktikan sekali bahwa obat tradisonal dapat membantu mengobati inkontinesia urine. Mereka menemukan bahwa ekstrak biji labu mengurangi inkontinesia urin sebesar 79 persen dan mengurangi aktivitas Anda ke kamar mandi sebesar 68 persen. Biji-biji labu berperan dalam memperkuat otot-otot dasar panggul dan meningkatkan kapasitas maksimal kandung kemih.

Cranberry
 
Bahan kimia yang sama di dalam cranberry disebut proanthocyanidins yang untuk mencegah infeksi saluran kencing, ternyata dapat pula mencegah inkontinesia urine. Menurut the University of Michigan Medical Center, takaran 300 sampai 400 miligram setiap hari dari ekstrak cranberry dapat meringankan gejala dari inkontinesia urine.
(tty)

»

Begini Istri Ahmad Fathanah Rawat Organ Intim

Begini Istri Ahmad Fathanah Rawat Organ IntimSUDAH satu tahun, Sefty Sanustika ditinggal Ahmad Fathanah karena dibui. Meski tidak berhubungan suami-istri, Sefty tetap menjaga kesehatan organ intim kewanitaannya.

Dengan sambil senyum-senyum ketika ditanya Okezone, Sefty tetap membocorkan rahasianya menjaga organ intimnya. Salah satunya dengan ratus, meskipun itu tidak terlampau sering dilakukannya.

"Saya justru enggak pernah pakai apa- apa. Ratus sudah pernah dulu, beberapa kali boleh lah, tapi enggak konsen saja sih," katanya di Perumahan Permata Depok, Jalan Berlian, Citayam, Depok, Sabtu, Maret 2014.

Trik lainnya agar daerah intimnya tetap wangi, Sefty selalu rajin minum kunyit asem dan menggunakan rebusan sirih. Namun, dia tak pernah menggunakan sabun pembersih organ intim.

"Paling saya minum jamu kunyit asem yang alami-alami saja, daun sirih rebusan saja, itu juga kalau lagi ingat. Kalau kata dokter malah enggak boleh pakai produk-produk vagina, takut enggak cocok bisa iritasi. Malah picu keputihan," ujarnya.

Lalu, Sefty akhirnya menggunakan air mengalir setiap kali membersihkan organ kewanitaannya. Justru, kata dia, untuk jangan terlalu keset karena khawatir iritasi.

"Kalau saya sih pakai air mengalir saja, kalau pakai sabun kan PH asamnya enggak cocok. Kalau keputihan, justru enggak boleh pakai pembersih wanita. Malah picu iritasi dan infeksi," tuturnya.

Sefty juga rutin melakukan kontrol papsmir dan pernah melakukan suntik antikanker serviks. Konsultasi juga sering dilakukan saat sebelum mengandung Ameera Naura Fathanah.

"Saya sering konsultasi pas mau punya baby susah juga kan dulu," tuturnya.

Terakhir, agar organ intimnya tetap sehat, Sefty juga selektif dalam memilih kamar mandi mal. Dia tak mungkin asal sembarangan menggunakan toilet jika kotor.

"Kalau di tempat umum, usahakan jangan pakai kloset duduk. Saya kalau di tempat umum, kalau pipis jarang yang jongkok kan. Bokong saya enggak nempel, jadi agak bangun. Bakteri kan banyak, itu bekas siapa saja, enggak bagus. Saya lebih baik bawa tisu saja, basuh pakai tisu. Karena air pancurnya enggak bagus," tutupnya.
(tty)

»

Waspada, Orang Gemuk Risiko Tinggi Kena Dermatitis Statis

Waspada, Orang Gemuk Risiko Tinggi Kena Dermatitis Statis BANYAK masalah kesehatan yang akan dihadapi seseorang bila bertubuh gemuk. Salah satunya lebih rentan mengalami dermatitis statis yang efeknya menurunkan produktivitas hariannya.

Menurut Dr. Alexander Jayadi Utama, SpB(K)V, tim dokter Vascular RS Premier Bintaro, kenapa dermatitis statis atau peradangan di kulit akibat insufiensi kronik vena tungkai kaki itu bisa terjadi. Hal itu karena beban yang ada di perut mereka menghambat kembalinya aliran darah yang harusnya mengalir ke atas.

"Darah itu kan mengalir ke seluruh tubuh, termasuk kaki. Dan aliran darah itu harus dikembalikan ke atas untuk dicuci. Nah, saat seseorang bertubuh gemuk, otomatis menekan aliran darah yang mau ke atas. Inilah kenapa orang gemuk lebih berisiko tinggi mengalami dematitis statis. Dan berapa kali lipat risikonya? Orang bisa tiga kali lipat ataupun dua kali lipat," katanya kepada Okezone dalam acara bertema ?Gangguan Pembuluh Darah pada Dermatitis Statis? di Ruang Krakatau, Gedung Annex, RS. Premier Bintaro, Sabtu (29/3/2014).

Belum lagi, kata dia, bila seseorang itu berjenis kelamin wanita dan memiliki pekerjaan yang menambah risiko seperti SPG, teller bank, guru, dan pramugari, hal itu makin mengalilipatkan risiko yang dimiliki.

"Kalau ada orang bertubuh gemuk, kemudian berjenis wanita di mana nanti akan merasakan hamil, tentu itu akan makin menghambat aliran darah ke atas karena pembuluh darah venanya terhimpit oleh lemak dalam tubuh. Belum lagi siklus haid yang membuat dinding pembuluh darah lemas dan rentan mengalami varises. Jelas akan mempercepat dia mengalami dermatatis statis pada akhirnya,? ulasnya.
(tty)

»

Ini Orang Berisiko Kena Dermatitis Statis

Ini Orang Berisiko Kena Dermatitis StatisDERMATITIS statis atau peradangan di kulit akibat kelainan pembuluh darah vena, ternyata sangat rentan untuk dialami sebagian orang. Mau tahu?

Dr. Alexander Jayadi Utama, SpB(K)V, tim dokter Vascular RS Premier Bintaro menjelaskan bahwa risiko pekerjaan dan berjenis kelamin wanita lebih cenderung mangalami dermatitis statis. Ya, orang dengan pekerjaan yang mengharuskan berdiri lama atau duduk terlalu lama merupakan orang-orang yang lebih rentan mengalami dermatitis statis.

"Pekerjaan seperti teller bank, pramugari, SPG, dan dokter sekalipun, merupakan pekerjaan-pekerjaan yang lebih membuat orang menderita dermatitis statis. Kenapa? Karena otot di kakinya nggak bergerak. Kan orang butuh bergerak, agar ototnya bergerak dan darah bisa terpompa ke atas untuk dibersihkan. Inilah salah satu penyebab terbesar seseorang menderita," katanya kepada Okezone dalam acara bertema ?Gangguan Pembuluh Darah pada Dermatitis Statis? di Ruang Krakatau, Gedung Annex, RS. Premier Bintaro, Sabtu (29/3/2014).

Kalau untuk faktor hormonal, seperti siklus haid dan fase kehamilan seperti yang kita sudah tahu itu hanya dialami wanita.

"Kenapa risiko pada wanita besar karena mereka lebih banyak memiliki faktor risikonya. Khususnya faktor hormonal, seperti haid yang ketika datang, meningkatkan hormon estrogen dan progesteron, serta kehamilan yang membuat darah mengalir ke atas paru-paru lagi dan banyak memberi tekanan pada kakinya," tutup dr. Alex.
(tty)

»

Olahraga Ini Terbaik bagi Penderita Varises

Olahraga Ini Terbaik bagi Penderita VarisesBEROLAHRAGA itu memang baik untuk semua orang. Tapi, hal itu tak selalu untuk penderita varises (chronic venous disorder). Apa sebab?

Menurut Dr. Alexander Jayadi Utama, SpB(K)V, tim dokter Vascular RS Premier Bintaro, bagi penderita varises, mereka tak boleh sembarangan berolahraga begitu saja. Memang olahraga itu bagus, tapi karena penderita varises sudah mengalami kelainan vena di kakinya, jadi jenis olahraganya tidak boleh jenis olahraga high impact.

High impact ini adalah pengerahan tenaga dengan waktu singat dan memberi efek gravitasi ke kaki. Sehingga bagi penderita varises, harus memikirkan hal itu. Karena alih-alih varises sembuh, berolahraga malam bisa membuat kondisi memburuk.

"Olahraga yang high impact itu seperti bulu tangkis, berlari, dan jenis olahraga fitnes yang memberi beban kepada kaki lebih banyak," katanya dalam acara bertema "Gangguan Pembuluh Darah pada Dermatitis Statis" di Ruang Krakatau, Gedung Annex, RS. Premier Bintaro, Sabtu (29/3/2014)

Lantas, olahraga seperti apa yang baik untuk penderita varises?

"Berenang, berjalan ataupun hydrotheraphy, kita berjalan di kolom renang. Berjalan saja, kita tidak melakukan aktivitas berenang," terangnya. (tty)

»

Kenali Dermatitis Statis, Penyebab Kaki Jadi Borok

Kenali Dermatitis Statis, Penyebab Kaki Jadi BorokPERNAHKAH Anda melihat pergelangan kaki orang mengalami bengkak dengan kulit berwarna hitam? Ataupun luka borok di kaki orang yang sulit sembuh? Bila iya, mungkin kaki orang tersebut sedang mengalami dermatitis statis. Duh, penyakit apa itu?

Dermatitis statis adalah peradangan di kulit akibat insufiensi kronik vena tungkai bawah atau adanya kelainan pada pembuluh vena pada daerah pergelangan kaki. Dalam kondisi ini, biasanya kaki orang akan tampak kering, menghitam, atau bengkak.

"Dermatitis statis itu merupakan disease dari chronic venous disease (CVD), di mana CVD itu disease-nya ada varises, dermatitis statis ada gabungan dari itu. Bila seseorang kondisi ini, dia harus secepatnya mendapat penanganan. Karena biasanya kondisi kulit kaki kering memicu rasa gatal hingga banyak orang menggaruk dan akhirnya menjadi luka terbuka. Atau lambat kemudian menjadi borok," kata Dr. Alexander Jayadi Utama, SpB(K)V, tim dokter Vascular RS Premier Bintaro kepada Okezone dalam acara bertema ?Gangguan Pembuluh Darah pada Dermatitis Statis? di Ruang Krakatau, Gedung Annex, RS. Premier Bintaro, Sabtu (29/3/2014).

Meski begitu, kata dia, dermatitis statis bukan berarti selalu luka borok. Dermatitis merupakan kondisi peradangan di kulit yang memang seringnya banyak mengalami luka borok karena tak ditangani.

Cara sederhana mencegah seperti itu, disarankan untuk menghindari aktivitas berdiri atau duduk terlalu lama. Karena hal itu membuat otot pemompa darah ke atas tak bekerja dan akhirnya darah mengendap di kaki. Tentu kondisi itu tak baik, ucap Dr. Alexander.

"Selain menghindari aktivitas yang membuat dermatitis statis menjadi parah, seperti kelamaan duduk atau berdiri. Periksakan langsung dokter karena itu membuat kualitas hidup menurun, dengan keluhan kaki berat untuk dilangkahkan, nyeri, kram, kan itu menghambat produktivitas. Apalagi bagi kaki yang sudah menjadi borok bila ada infeksi dan ditambah penyakit kronis lain seperti diabetes, bukan tidak mungkin seseorang itu kehilangan kakinya," terangnya. (tty)

»

Friday, March 28, 2014

Bumil Preeklamsia, Bagaimana Cara Tanganinya?

Bumil Preeklamsia, Bagaimana Cara Tanganinya?KEHAMILAN seharusnya menjadi saat bahagia bagi ibu dan keluarganya. Tetapi hal tersebut akan ironis ketika menghadapi berbagai komplikasi saat hamil yang dapat membahayakan ibu dan janin.  
Salah satu masalah utama yang dihadapi selama kehamilan adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Lantas, bagaimana menangani hipertensi pada kehamilan, berikut tipnya yang dilansir Boldsky.
 
Lebih peduli
 
Untuk memastikan hipertensi dikontrol dengan baik saat hamil, wanita harus diberikan pendidikan antenatal yang tepat. Hal ini bertujuan agar mereka dapat mewaspadai gejala hipertensi dan memeroleh pengobatan sejak dini.

Waspadai riwayat penyakit
 
Wanita yang didiagnosis penyakit ginjal kronis, diabetes, dan hipertensi lebih berisiko terkena hipertensi saat kehamilan. Bahkan jika tidak ada riwayat pun, kewaspadaan diperlukan dalam kasus-kasus seperti ini.

Berkonsultasi dengan dokter
 
Hipertensi saat hamil menajadi lebih sulit jika sebelum hamil memang mempunyai riwayat penyakit ini. Untuk itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk merubah resep sebelumnya yang mungkin berbahaya bagi bayi dalam kandungan.

Waspadai gejala
 
Kewaspadaan diperlukan ketika mengalami hipertensi saat hamil. Anda harus tetap waspada terhadap gejala hipertensi atau preeklamsia seperti gangguan penglihatan, sesak napas, sakit kepala parah, dan muntah.
 
Batasi kegiatan
 
Wanita yang rentan terhadap hipertensi saat hamil perlu membatasi kegiatan dan tidak tergesa-gesa mengerjakan sesuatu. Tujuannya adalah agar tekanan darah tidak sering mengalami kenaikan, sehingga olahraga berat dan melelahkan tidak dianjurkan.

Banyak istirahat
 
Cara terbaik menangani hipertensi saat kehamilan adalah banyak istirahat dan jangan memaksakan diri untuk beraktivitas lebih. Rilekskan tubuh Anda, sehingga akan membantu mengembalikan tekanan darah ke normal.
(tty)

»

Nabilla Pikir-Pikir Kalau Mau Makan di Jalanan

Nabilla Pikir-Pikir Kalau Mau Makan di JalananPERHATIKANLAH kehigienisan penjual makanan ketika menjajakan dagangannya, apakah itu dari tempatnya berdagang, caranya memasak, dan alat yang dipakai. Sebab, semua  itu menentukan kesehatan Anda di hari selanjutnya. Mungkin inilah pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman Nabilla Shabrina saat jatuh sakit akibat makanan.  
Ya, Putri Parawisata 2013 ini mengungkapkan pernah sakit akibat jajan sembarangan. Meski kejadian itu terjadi pada masa sekolahnya, tapi baginya pengalaman itu sangat mengena dalam benaknya. Sehingga dia akan pikir dua kali bila ingin makan di jalanan.
 
"Jadi dulu pas SMA, ada jajanan es baru di depan sekolah. Dan kita hampir sekelas beli itu dan besoknya semua pada mengeluh jatuh sakit, sakit perut semua. Malah waktu itu setengah kelas sampai tidak masuk. Kemudian, besoknya saya dapat kabar bahwa air yang digunakan abang penjual es itu air mentah. Inilah pengalaman yang bagi saya masih berbekas sampai sekarang," katanya saat bertandang ke redaksi Okezone di Gedung Highend, Kebon Sirih, Jakarta, baru-baru ini.
 
Sejak saat itu, kata dia, untuk beli makanan di jalanan sampai pikir dua kali. Di mana kalau benar-benar mengonsumsi makanan di jalan harus sudah memerhatikan kehigienisan makanan, cara dia memasak, dan tampilannya.
 
"Pelajaran dari sakit itu, setiap jajanan yang di jalanan pasti menarik bagi kita. Tetapi tidak salah juga sebelum kita makan, kita lihat-lihat dulu cara memasaknya, kehegienisan tempat, dan cara memasak sampai penyajiannya," tandas dia.
 
(tty)

»

Agar Pakai Balutan Bisa Terus Nyaman

Agar Pakai Balutan Bisa Terus NyamanMEMAKAI balutan saat kita sedang cedera memang membuat tak nyaman. Gerak jadi terbatas dan cenderung terlihat orang banyak yang menurunkan rasa pede. Di sisi lain, bila tak dipakai cedera bisa lama sembuhnya.  
Untuk mengetahui agar balutan tetap nyaman dipakai, di bawah ini The American Academy of Family Physicians menawarkan saran untuk membantu Anda. Berikut ulasannya, seperti dilansir Healthmonitor.
 
-Topanglah anggota tubuh saat terluka, sehingga terhindar dari masalah kesehatan lebih besar atau muncul rasa cemas.
 
-Saat Anda istirahat, goyangkanlah jari-jari kaki atau jari Anda
 
-Untuk mengurangi rarsa sakit, tempelkan es ke bagian yang cedera selama 30 menit. Pastikan bahwa es tak akan membuat balutan basah ataupun menyentuh kulit.
 
-Berkonsultasilah dengan dokter bila Anda berpikir, Anda membutuhkan obat penghilang rasa sakit.
(tty)

»

Diet Sehat untuk Ibu Hamil Anemia

Diet Sehat untuk Ibu Hamil AnemiaSALAH satu persyaratan kehamilan yang sehat adalah konsentrasi hemoglobin yang normal. Hal ini karena hemoglobin memiliki peran yang sangat penting dalam mengedarkan oksigen dan nutrisi lainnya ke bayi melalui plasenta.  
Kadar hemoglobin yang rendah atau terkena anemia akan membuat ibu hamil menjadi mudah letih. Berikut diet sehat untuk ibu hamil yang terkena anemia, sebagaimana dilansir Boldsky.

Kurma
 
Kurma adalah pilihan yang sempurna untuk dijadikan makanan sehat ketika masa kehamilan, terutama untuk ibu hamil anemia. Makan satu atau dua kurma setiap hari akan membantu dalam meningkatkan produksi hemoglobin secara efektif.

Oat meal
 
Oat meal adalah salah satu makanan favorit dari wanita hamil karena manfaatnya, seperti rendah kalori, meningkatkan nutrisi dan mengandung serat yang tinggi. Oleh karena itu, oat meal juga menjadi pilihan yang baik jika Anda terkena anemia selama masa kehamilan.

Anggur kering
 
Buah kering adalah sumber yang kaya akan zat besi, termasuk anggur. Buah anggur kering akan membantu dalam meningkatkan kadar zat besi dari tubuh Anda, sehingga mendukung peningkatan produksi hemoglobin.

Brokoli
 
Jika Anda lebih menyukai asayuran, cobalah jenis yang paling bergizi untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Anda bisa mencoba mengonsumsi brokoli untuk diet anemia selama masa kehamilan.

Pisang
 
Diet anemia saat masa kehamilan harus mencakup makanan yang merupakan sumber zat besi tinggi. Jika Anda bingung untuk memilih makanan apa yang mengandung zat besi tinggi, maka cobalah makan pisang. Makan pisang akan membantu dalam mengelola anemia selama kehamilan secara efektif.

Buah delima
 
Buah delima adalah sumber yang kaya zat besi dan baik untu mengobati kekurangan zat besi. Hal ini akan meningkatkan produksi darah yang sangat penting untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke bayi.


Hati
 
Hati adalah sumber penting dari zat besi, sehingga Anda harus menyertakan hati dan daging merah dalam diet. Ini akan membantu mengelola anemia dan semua masalah yang terkait, seperti kelelahan. Selain itu, sumber hewani zat besi lebih efektif diserap oleh tubuh bila dibandingkan dengan sayuran, inilah alasan mengapa Anda harus menyertakan hati dalam diet harian.
(tty)

»

Masukan Cengkeh ke Teh, Jauhkan Anda dari Stres

Masukan Cengkeh ke Teh, Jauhkan Anda dari StresCENGKEH memang cespleng membuat rasa hidangan makanan jadi lezat. Tapi tahukah Anda di balik itu, cengkeh memberikan manfaat kesehatan?  
Ya, ternyata cengkeh bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan bila dikonsumsi secara teratur. Contohnya saja untuk mengatasi sakit gigi, mual, mencegah kedinginan, dan mual.
 
Tak hanya itu, masih banyak lagi manfaat kesehatan lain yang bisa Anda dapat. Tidak percaya? Berikut ulasannya, seperti dilansir Healthmeup.



Stres 
 
Campurkanlah cengkeh dengan daun kemangi, kapulaga dan mint dalam teh dan mengganti gula Anda dengan madu. Minuman ini akan menenangkan saraf dan membantu Anda jauh dari stres.



Menyembuhkan sinusitis
 
Menumbuk cengkeh dan oleslah bubuk ini disekitar lubang hidung. Anda juga bisa menggunakan sedotan dan menghirup bubuk ke dalam hidung Anda untuk mengobati sinusitis.



Perut kembung

Untuk mengatasi perut kembung, tambahkan cengkeh dalam teh Anda setiap hari.
 
Morning sickness
 
Jika Anda suka mengalami morning sickness, tumbuklah 10 sampai 12 siung bersama dengan kunyit (Haldi) dan gula, setelah itu tambahkan campuran ini ke air. Dan minum campuran ini dua kali sehari.



Melawan kelelahan
 
Cengkeh adalah makanan afrodisiak yang baik, hal itu karena mereka membantu menjauhkan stres dan melawan kelelahan.
(tty)

»

Sembuhkan Batuk Anda dengan Cengkeh

Sembuhkan Batuk Anda dengan CengkehCENGKEH adalah bumbu dapur yang bertanggung jawab memberikan rasa dan aroma pada makanan. Tapi bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat kesehatan selain menawarkan rasanya.

Pada artikel ini, kami akan memberitahu Anda sejumlah manfaat kesehatan cengkeh. Untuk mengetahuinya, di bawah ini ada ulasannya, seperti dilansir Healthmeup.

Sakit gigi  
Cengkeh digunakan dalam pasta gigi tertentu karena mereka dikenal bisa meredakan sakit gigi.



Masalah pernapasan dan batuk
 
Cengkeh adalah obat alami untuk batuk dan masalah pernapasan lainnya. Untuk mendapat manfaat itu, Anda hanya perlu menambahkan cengkeh ke makanan atau air yang diminum.



Mual
 
Ketika cengkeh ditumbuk dengan minyak cengkeh itu bisa mencegah mual.



Melawan rasa dingin
 
Tambahkan cengkeh ke air hangat bersama dengan beberapa tetes minyak cengkeh dan madu, bisa menghangatkan tubuh. Minumlah campuran ini tiga kali sehari untuk mendapat manfaat maksimal.



Bumbu makanan
 
Cengkeh bisa berpadu dengan baik di setiap menu hidangan, minuman, dan makanan penutup. Mereka memberikan aroma yang kuat dan rasa nikmat pada makanan.
(tty)

»

Jurus Cespleng Turunkan Bobot 15 Kg Setahun

Jurus Cespleng Turunkan Bobot 15 Kg SetahunSALAH satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah berolahraga. Dengan berolahraga, Anda bisa membakar kalori lebih banyak sehingga hasil penurunan berat badan jauh lebih baik.  
Namun, kebanyakan orang melakukan kesalahan dalam hal pola makan. Kebanyakan orang cenderung makan setelah berolahraga, bukan sebelum berolaharag. Padahal, mengonsumsi makanan berprotein tinggi sebelum berolahraga dapat membuat tubuh membakar kalori lebih banyak.
 
Hal ini seperti yang dikatakan dalam penelitian di the Journal of Science and Medicine. Pada penelitian tersebut, wanita usia kuliah dengan berat badan normal diberi makanan tinggi protein sebesar 45 persen dan rendah protein sebesar 15 persen sebelum melakukan lari di treadmill.
 
Hasilnya, para wanita yang mengonsumsi makanan tinggi protein satu jam sebelum berolahraga membakar lebih banyak kalori per menit daripada wanita yang tidak makan apa-apa, yaitu 185 kalori selama periode 24 jam. Apa artinya?
 
?Tubuh akan menggunakan lebih banyak kalori ketika Anda memiliki kalori tambahan untuk dikeluarkan. Dengan asumsi, Anda makan jumlah yang sama dari total kalori harian, tambahan pembakaran kalori dapat menurunkan berat badan hingga 15 kilogram selama setahun,? ujar penulis utama penelitian, Ashley Binns, PhD, dikutip Prevention.
 
Lebih lanjut, Binns menjelaskan, meskipun metode tidak makan sebelum berolahraga telah digunakan sejak lama untuk menurunkan berat badan, ini hanya akan membakar kalori lebih sedikit. Dia mengatakan bahwa tubuh memecah otot dan lemak sebagai sumber bahan bakar saat berolahraga. Namun jika kita tidak makan sebelum berolahraga, hal ini akan berpotensi mengakibatkan penurunan berat badan otot dan berarti pembakaran kalori jauh lebih sedikit.
 
Intinya, Binn mengajurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein satu jam sebelum berolahraga agar tubuh membakar kalori lebih banyak. Banyak penelitian menunjukkan peningkatan konsumsi 30 gram protein sangat ideal untuk menjaga atau menurunkan berat badan.
 
?Contoh dari sarapan yang memenuhi 45 persen protein adalah satu butir telur dan dua putih telur, ditambah dua potong roti panggang dengan mentega, plus jus jeruk,? imbuhnya.
(tty)

»

Ini Klinik Varises Pertama di Indonesia

Ini Klinik Varises Pertama di IndonesiaKINI, Anda tak perlu pergi ke Singapura lagi, bila ingin menghilangkan varises di pergelangan kaki. Karena semua itu sudah bisa ditangani di dalam negeri sendiri. Tidak percaya?

Ya, kini sudah berdirinya Venosan Clinic, sebuah klinik khusus yang menangani secara menyeluruh orang yang menderita varises, bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengobati varises . Di mana biasanya banyak masyarakat Indonesia pergi ke negara tetangga. Apalagi alat teknologinya juga sama canggihnya dengan yang dimiliki negara-negara tetangga.

"Biasanya kan masyarakat pergi ke Singapura, nah sekarang tidak perlu lagi karena kita, di dalam negeri, kita sudah memilikinya. Alat yang dipakai pun juga sama. Dan dari segi biaya lebih murah," kata Tuti Laelanus, SE, MM pendiri Venosan Clinic, di Klinik Venosan Clinic lantai 2, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (28/3/2014)

"Teman ibu saya kemarin belum lama ke Singapura, disana dia untuk menghilangkan varises saja mengeluarkan uang 90 juta. Sedangkan disini, range kita itu 30 sampai 45 juta. Dan itu juga bila ke luar negeri, belum termasuk biaya akomodasi dan makanan yang harus mereka keluarkan. Jelas klinik ini lebih murah dibanding pengobatan ke luar negeri," imbuhnya.

Ditambahkannya, alasan masyarakat Indonesia pergi berobat ke Singapura hal itu dikarenakan kesadaran akan bahaya varises di negara mereka sudah tinggi. Sehingga disana pun untuk memberikan pelayanan kesehatannya langsung mengadopsi teknologi terkini.

Berbeda kondisi penderita varises di Indonesia seperti fenomena gunung es, yang sebenarnya banyak menderita tapi mereka cenderung mengabaikan dan cuek, khususnya para wanita. Padahal kondisi itu mendatangkan masalah kesehatan di masa depan.

 

"Fenomena varises di Indonesia itu seperti gunung es, yang berobat itu hanyalah bagian kecilnya dari yang banyak menderita. Ini karena merekan kurang mengetahui dan kesadarannya masih sangat minim. Berbeda di negara tetangga seperti Singapura, yang sudah aware sehingga alat yang dipakai juga teknologi terbaru. Mungkin inilah banyak yang akhirnya masyarakat Indonesia pergi ke luar negeri," terangnya.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Dedy Pratama Sp.B (K)V, dokter bedah vaskuler dari Venosan Clinic mengatakan bahwa seluruh wanita yang ada di dunia, setidaknya ada 30 persen yang terkena penyakit varises.  Dan penyakit ini tak hanya menyerang wanita, tapi menyerang juga.

 

"10 persen sampai 15 persen pria juga terkena varises. Namun kebanyakan dari mereka tidak menyadari akan bahayanya penyakit varises. Sehingga, biasanya yang datang ke dokter sudah mengalami kondisi lanjut," ucap Dr. Deddy.

 

Kondisi lanjut itu, kata dia, diantaranya adalah sudah mengalami kaki bengkak, vena menonjol dan timbul bercak kecokelatan dan menghitam di seputar pergelangan kaki. Bahkan seringkali yang datang ke dokter sudah mengalami luka terbuka atau borok di seputar mata kaki.

 

Meski begitu, pasien sudah mengalami kondisi lanjut buka berarti tak bisa diobati. Dan di Venosan Clinic menyediakan layanan pengobatan penyakit pada pembuluh darah vena dari keluhan ringan seperti keram sampai lanjut. Dan itu dilayani secara menyeluruh.

 
(ren)

»

Bisolvon Ajak Masyarakat Cegah TBC

Bisolvon Ajak Masyarakat Cegah TBCMASIH banyaknya pasien yang terjangkit penyakit tuberculosis (TBC) di Indonesia. Menggugah PT Boehringer Ingelheim (Bisolvon) untuk mengajak seluruh masyarakat agar terbebas dari penyakit Tuberkulosis, dengan mengenali jenis batuk yang diderita.

Brand Manager Bisolvon Dewi Iskandar mengatakan, salah satu cara untuk membebaskan Indonesia dari penyakit Tuberkulosis adalah dengan mengetahui gejala awal dan penanganan penyakit tersebut.

Oleh karenanya besok, PT Boehringer Ingelheim berkerjasama dengan seluruh elemen masyarakat seperti LSM, Ahli Kesehatan dan Dokter serta masyarakat berbagi pengalaman mengenai penyakit batuk yang sering menjadi gejala awal TB.

"Sosialisasi bahaya TB kita lakukan dengan memberikan pemahaman yang cukup kepada masyarakat mengenai penyakit itu,"kata dewi melalui siaran pers yang diterima oleh Okezone, Jumat, (28/3/2014).

Dewi menjelaskan lebih dari 450 peserta akan menimba ilmu mengenai TB sehingga bisa disebarkan kepada masyarakat luas guna pencegahannya.

"Dr Telly Kamelia, SpPD akan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenali jenis batuk dan terapinya sebagai antisipasi dini penyakit TB, besok," kata Dewi.

Data kementerian kesehatan menyebutkan bahwa penderita TB di tanah air masih cukup besar. (ren)

»

Besarnya Penis Patokan Kepuasan Seks Wanita?

Besarnya Penis Patokan Kepuasan Seks Wanita?"APAKAH alat vital saya cukup besar?" Inilah kebanyakan yang ada dipikirkan para pria saat berbicara soal seks. Sehingga tak sedikit akhirnya dari mereka pergi ke pengobatan alternatif demi mendapatkan alat vital yang besar.  
Hal itu bisa terjadi karena mereka beranggapan bahwa ukuran penis merupakan patokan kepuasan seks wanita. Namun, apakah memang seperti demikian kenyataannya?
 
"Sayangnya, wanita tidak peduli tentang besarnya ukuran penis, sebanyak Anda memikirkan pentingnya memiliki penis besar," demikian dalam penelitian the Kinsey Institute di Indiana University seperti dikutip Menshealth.
 
Dalam sebuah penelitian di Inggris, sebanyak 85 persen wanita melaporkan bahwa mereka bahagia dengan "paket" yang dimiliki pasangannya. Dan penelitian terakhir sudah menunjukkan bahwa ukuran (penis) hanya satu bagian kecil dari keseluruhan untuk kepuasan seksual.
 
Dalam hasil penelitian itu, faktor yang jauh lebih penting bagi wanita ialah menjalani hubungan secara psikologis. Di mana hal itu merupakan sesuatu yang bisa meningkatkan kepuasan seksual wanita.
 
(tty)

»