Sunday, June 30, 2013

Yang Kurangi Resiko Kanker Prostat

Yang Kurangi Resiko Kanker ProstatBEBERAPA rekomendasi gaya hidup sehat dari World Cancer Research Fund (WCRF) yang dipublikasikan dalam The Jounal Nutrition and Cancer telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko perkembangan kanker prostat.

Pada penelitian yang dilakukan para peneliti di UCLA Jonsson Comprehensive Cancer Center (JCCC) mengatakan, beberapa rekomendasi gaya hidup WCRF, diantaranya membuat aktivitas fisik dan konsumsi makanan sehat yang rendah kepadatan kalori (di bawah 125 kilokalori per 100 gram makanan)

Lebih lanjut, tim peneliti yang dipimpin oleh Lenore Arab, PhD, anggota JCCC dan profesor di Departments of Medicine and Bilogical Chemistry berencana untuk menentukan apa dampak dari mengikuti rekomendasi mengurangi risiko kanker prostat tersebut.

Selanjutnya, tim peneliti menggunakan penilaian skor sistem Gleason dan kadar antigen prostate secara spesifik utnuk menentukan agresivitas dari kanker. Hasilnya, sebanyak 2.212 laki-laki berusia antara 40 sampai 70 tahun terdiagnosis kanker prostat di North Carolina-Louisiana Prostate Cancer Project.

Kemudian, tim peneliti menemukan bahwa makan kurang dari 500 gram daging merah per minggu dapat mengurangi risiko tumor agresif. Begitu pula dengan makan kurang dari 125 kilokalori per 100 gram per hari mendapatkan manfaat yang sama.

?Kebanyakan pria berisiko kanker prostat, tetapi itu adalah tingkat agresivitas penyakit yang paling relevan secara klinis. Temuan ini menunjukkan pria dengan kanker prostat dapat mengontrol penyakit mereka melalui diet dan gaya hidup tertentu,? ujar Lenore Arab, dikutip Medicalnewstoday.

Sementara, risiko perkembangan kanker prostat agresif mungkin menurun sekitar sebesar 13 persen bila seseorang mengubah gaya hidupnya menjadi gaya hidup sehat. Contohnya, rajin bergerak, mengatur pola makan sehat, dan rajin berolahraga.

Sebelumnya, sebuah penelitian dari American Cancer Society juga mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kanker prostat. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment