Monday, June 24, 2013

Sayuran Hijau Bantu Cegah Peradangan

 Sayuran Hijau Bantu Cegah PeradanganPERADANGAN dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun, hingga membuat nyeri pada sendi, mudah lelah, dan kerusakan pembuluh darah. Untuk itu, segeralah mengambil langkah preventif sejak dini guna bebas dari risiko itu.

Ya, peradangan bila tak segera diambil penanganan dapat menggangu aktivitas harian dan produktivitas perkerjaan seseorang. Namun tak usah khawatir, pasalnya ada makanan tertentu yang dapat mencegah Anda mengalami peradangan. Berikut, beberapa makanan yang dapat mencegah peradangan menurut Magforwomen.

Lemak ikan

Ikan salmon, tuna dan sarden ialah ikan yang memiliki banyak asam lemak omega-3, dimana telah terbukti membantu mengurangi peradangan. Kemudian untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu konsumsi ikan beberapa kali dalam seminggu, dan harus dimasak dengan cara yang sehat.

Mengonsumsi gandum

Mengonsumsi berbagai jenis makanan biji-bijian seperti sereal, bubur gandum, roti gandum dan pasta gandum dapat membantu menjaga tubuh Anda bebas dari peradangan. Hal ini bisa terjadi karena gandum memiliki banyak serat, yang telah terbukti mengurangi kadar protein C-reaktif, alhasil peradangan pun bisa dihindari.

Konsumsi Sayuran hijau gelap

Mengonsumsi sayuran hijau seperti bayang, kangkung, brokoli dan lainnya berperan penting dalam melindungi tubuh dari peradangan. Pasalnya sayuran hijau berwarna gelap memiliki vitamin, kalsium, mineral yang tinggi hingga bisa selalu mencegah terjadinya proses peradangan.

Kedelai
Penelitian telah menunjukan bahwa senyawa isflavon yang ada pada kedelai ampuh membantu CRP lebih rendah dan juga tingkat peradangan pada wanita. Sementara itu, hindari untuk mengonsumsi kedelai olahan karena rentan mengandung bahan pengawet dan zat adiktif.

Kacang-kacangan

Kacang mede atau kenari dan almond memiliki manfaat yang baik dalam membantu memerangi peradangan dalam tubuh Anda. Pasalnya kedua komponen itu memiliki kandungan serat, kalsium, vitamin dan lemak omega-3 yang tinggi. Selain itu, kandungan antioksidan juga membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan peradangan. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment