Sunday, June 30, 2013

Saat Bau Mulut Menyerang si Kecil

Saat Bau Mulut Menyerang si KecilDUH, sedang asik menciumi si kecil, ada aroma tidak sedap dari mulut mungilnya. Jangan-jangan si kecil bau mulut nih!

Bau mulut atau dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan halitosis adalah suatu keadaan yang terjadi akibat proses bakteri di dalam mulut yang pada akhirnya mengeluarkan aroma tidak sedap atau bau napas. Tidak hanya disebabkan karena malas gosok gigi saja loh! Penyakit juga bisa sebabkan bau mulut pada si kecil. Inilah penyebab-penyebab bau mulut yang bisa terjadi pada buah hati Anda, menurut drg. Maureen Martina Sp.KGA.

Infeksi Sinus

Infeksi sinus atau sinusitis ternyata bisa menyebabkan bau mulut pada anak. Hal itu dikarenakan adanya infeksi ataupun alergi yang menyebabkan lendir atau ingus mengalami peningkatan, sehingga jumlah bakteri yang tumbuh di dalam sinus maupun rongga hidung meningkat dan menyebabkan mulut menjadi bau.
Untuk penanganannya harus dikonsultasikan kepada dokter spesialis telinga hidung dan tenggorakan (THT). Sedangkan untuk pencegahannya yaitu dengan menjaga kebersihan dan kesehatan rongga hidung, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

Peradangan Tonsil (Amandel)

Penyebab bau mulut juga bisa disebabkan karena adanya infeksi yang sudah menahun akibat sisa makanan yang menempel dan menumpuk pada bagian poket tonsil sehingga menyebabkan mulut menjadi bau. Sama halnya dengan infeksi sinus, penangan peradangan tonsil ini pun harus dikonsultasikan dan diperiksakan terlebih dulu kepada dokter spesialis anak atau dokter spesialis THT. Pun demikian dapat dicegah dengan menjaga kebersihan mulut dan tenggorokan.

Mulut Kering

Bau mulut pada anak juga bisa disebabkan karena mulut kering. Mulut kering terjadi karena mengonsumsi obat-obatan tertentu, kelainan kelenjar air liur ataupun kebiasaan bernapas melalui mulut (mouth breathing). Berkurangnya produksi air liur di dalam mulut menyebabkan bakteri lebih cepat berkembang biak sehingga mulut menjadi bau.
Pencegahan mulut kering dapat dilakukan dengan banyak mengonsumsi air putih. Sedangkan untuk penanganannya haruslah dilakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter gigi spesialis kesehatan gigi anak dan spesialis penyakit mulut.

Gastritis

Naiknya asam lambung ke tenggorokan atau gastritis menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut pada anak-anak. Hal itu dikarenakan adanya asam lambung yang bercampur dengan darah di lambung. Apabila jumlahnya meningkat di dalam tubuh maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap dari rongga mulut. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan makan teratur dan menghindari konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar asam dalam lambung seperti makanan atau minuman yang asam dan pedas. Untuk mengatasinya, dengan memeriksakan kondisi anak ke dokter spesialis gastrologi. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment