Tuesday, June 25, 2013

Penyebab Utama Berat Badan Bayi Tak Ideal

 Penyebab Utama Berat Badan Bayi Tak IdealKATA siapa asupan zat gizi hanya penting pada ibu hamil (bumil), terutama bagi Anda ibu vegetarian? Nyatanya saat laktasi, asupan gizi yang cukup sangat penting. Bila dibiarkan, secara signifikan akan membuat berat badan bayi Anda saat lahir tidak ideal.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian doktoral Dr. Sandra Fikawati MPH dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI). Dia menemukan data bahwa ibu vegetarian saat laktasi memiliki asupan gizi lebih rendah dibandingkan ibu non-vegetarian. Sehingga memengaruhi durasi ASI predominan (asupan ASI, tetapi juga memberi sedikit air atau teh dalam jumlah kecil) dan membuat berat badan anak jadi tak ideal.

Untuk penelitian ini, peneliti memakai desain kohort longitudinal yang dilakukan di lima kota, yakni Jakarta, Surabaya, Pontianak. Kemudian sejumlah 42 vegetarian dan 43 non-vegetarian ibu, serta bayinya berhasil diobservasi dan diwawancarai selama enam bulan setelah melahirkan. Ditemukan bahwa konsumsi makanan berenergi, protein, dan lemak yang masuk ke tubuh ibu vegetarian lebih rendah dibandingkan non-vegetarian, sehingga menghentikan pemberian ASI pada bayi dan berat badan bayi vegetarian pun tak ideal.

"Rata-rata durasi pemberian ASI predominan ibu vegetarian berhenti pada 11.4 minggu. Mereka langsung menggantinya dengan teh, air putih dan madu, sedangkan pemberian ASI pada ibu non-vegetarian berhenti pada 15.6 minggu. Sehingga dari durasi yang rendah itu membuat bayi ibu vegetarian memiliki berat badan lahir (BBL) di bawah 3000 gram. Atau data yang saya temukan ibu vegetarian saat laktasi mengalami sebesar 45 persen, berbeda ibu yang non-vegetarian yang hanya 13.9 persen," katanya saat diwawancarai Okezone dalam acara bertema Promosi Dokter: Pengaruh Vegetarian dan Non-vegetarian terhadap Status Gizi Ibu di ruang promosi Gedung G, lantai 1 FKM-UI, Depok, Jawa Barat, Selasa (25/6/2013)

Berat bayi kurang 3.000 gram, tambah Fika, bisa terjadi karena kekurangtahuan informasi kesehatan dan edukasi pada si ibu. Namun sebenarnya, tak usah cemas bila ibu vegetarian saat laktasi bisa meningkatkan jumlah kalori dalam tubuhnya seperti ibu non-vegetarian.

"Kalori yang masuk dalam ibu vegetarian itu 1.500 kalori dan 2.300 kalori bagi ibu non-vegetarian. Kalau saja ibu vegetarian bisa meningkatkan asupan kalorinya, pasti berat badan bayi akan sendiri bisa sesuai standar World Health Organization (WHO) setiap kali umurnya bertambah," terangnya. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment