Sunday, June 23, 2013

Olahraga Ubah Lemak Jahat Jadi Baik

Olahraga Ubah Lemak Jahat Jadi BaikPARA peneliti telah menemukan bahwa olahraga membantu lemak jahat berubah menjadi bentuk lemak baik atau lebih aktif secara metabolik. Lemak baik sendiri membakar lemak melalui kalori untuk menghasilkan panas tubuh, sedangkan lemak jahat berkembang sebagai akibat dari menyimpan kelebihan kalori tersebut.

Lebih lanjut, penemuan yang dipresentasikan pada sesi ilmiah American Diabetes Association ke-73 tersebut mengungkap orang dengan banyak lemak baik umumnya lebih ramping, dan lebih mampu untuk membuat tubuhnya tetap hangat ketika cuaca dingin. Sedangkan, orang yang memiliki tingkat lemak jahat tinggi cenderung memiliki gaya hidup malas bergerak.

Selanjutnya, dalam penelitian, para peneliti melakukan uji coba latihan intensif pada manusia dan seekor tikus percobaan. Pada seorang manusia dilakukan selama 12 minggu menggunakan sepeda latihan, sedangkan pada tikus selama 11 hari menggunakan roda latihan.

Kemudian para peneliti mentransplantasikan lemak baik pada tikus untuk melihat bagaimana lemak baik dapat mempengaruhi cara tubuh mereka menggunakan glukosa. Hasilnya transplantasi pada tikus telah meningkatkan toleransi glukosa dan sensitifitas insulin untuk setidaknya 3 bulan.

Sementara, seorang postdoctoral di Joslin Diabetes Center Boston, Kristin Stanford, PhD mengatakan, hasil penelitian tersebut menunjukkan olahraga tidak hanya memiliki efek menguntungkan pada otot, tetapi juga mempengaruhi lemak.

?Sudah jelas bahwa ketika lemak dilatih dengan olahraga, maka akan menjadi lemak baik, dan lebih aktif secara metabolik. Selain itu, kami pikir ada faktor-faktor yang dilepaskan ke dalam aliran darah dari lemak sehat yang bekerja pada jaringan lain,? ujar Stanford yang dikutip medicalnewstoday.com

Namun, hal ini masih belum pasti apakah lemak baik memiliki dampak yang sama di manusia, karena saat ini belum ada cara untuk mencoba transplantasi lemak pada manusia. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment