Wednesday, June 26, 2013

Obat Sederhana Atasi Serangan Stroke

Obat Sederhana Atasi Serangan StrokeADA sebuah penemuan baru untuk meminimalisasi serangan stroke. Kombinasi obat sederhana aspirin dan clopidogrel menjadi pengobatan efektif menekan serangan stroke.

Dari sebuah hasil percobaan klinis fase III menunjukkan bahwa pemberian obat sederhana anti pembekuan darah, yaitu clopidogrel dan aspirin dimana mampu menurunkan sepertiga risiko stroke dibandingkan dengan terapi aspirin biasa.

Percobaan yang dijelaskan di New England Journal of Medicine tersebut juga mengatakan, bila kedua obat itu diberikan kepada pasien yang memiliki gejala stroke ringan atau sesaat, hal ini dapat mencegah serangan stroke berikutnya.

Percobaan ini melibatkan 5.170 orang yang dirawat di rumah sakit setelah menderita stroke iskemik minor dimana aliran darah ke otak terhambat. Lalu semua pasien dirawat selama 3 bulan dan dibagi jadi 2 kelompok secara acak, yaitu yang diberikan aspirin saja dan yang diberikan asipirin ditambah clopidogrel.

Menurut profesor neurologi dan wakil kanselir asosiasi penelitian di UCSF, S. Claiborne Johnston, MD, PhD, secara keseluruhan sebanyak 8,2 persen pasien yang mengonsumsi kedua obat tersebut menderita stroke setelah masa tindak lanjut tiga bulan. Hasil tersebut lebih baik dibandingkan dengan pasien yang mengonsumsi aspirin saja, yaitu sebesar 11, 7 persen kembali menderita stroke setelah tiga bulan.

?Hasil ini tentunya sangat mengejutkan kami, pasien yang diberikan kedua obat tersebut menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan yang hanya diberikan aspirin,? ujar Johnston, dikutip Medicalxpress.

Selanjutnya ia mengatakan, kombinasi dua obat tersebut bisa menjadi standar perawatan, ?Siapa saja yang menderita serangan stroke atau stroke ringan secara tiba-tiba bisa diberikan clopidogrel plus aspirin.?(ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment