Saturday, June 22, 2013

Manfaat Penting Vitamin C Perlu Anda Tahu

 Manfaat Penting Vitamin C Perlu Anda TahuINGIN bernapas lebih ringan lagi? Jawabannya, Anda cukup mengonsumsi vitamin C.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Harri Hemila, MD, Ph.D dalam jurnal Annals of Allergy, Asthma and Immunology. Menurutnya, vitamin C dapat membantu membuka saluran udara paru-paru Anda dan mencegah batuk dan mengi (bunyi siul) yang kadang muncul saat olahraga.

"Bekerja bisa menyebabkan sesak napas sebesar 10% bagi semua orang dan 50% risiko itu terjadi pada atlet. Namun tak usah cemas, sebab dengan Anda mengonsumsi 500 sampai 1.000 miligram (mg) vitamin C, risiko itu bisa dihilangkan. Selain itu, vitamin C dapat membantu menurunkan gejala bronkokonstriksi (penyimpitan pernapasan) sebesar 50% dibandingkan dengan memakai placebo," kata Dr. Hemilia, penulis penelitian tersebut.

Kendati ilmuwan masih belum yakin atas penelitian ini, tapi mereka tahu bahwa olahraga menyebabkan tubuh melepaskan histamin dan senyawa lainnya yang dapat menyebabkan jaringan otot di sekitar saluran udara paru-paru mengencang dan terus bergerak. Namun, kata Dr. Hemilia, seorang yang mengonsumsi vitamin C yang dibutuhkan tubuh dapat membatasi gerak pengetatan otot melalui senyawa histamin.

Tak hanya itu manfaat mengonsumsi vitamin C, Anda pun tak akan menggunakan inhaler dalam waktu dekat. Dr. Hemilia menyarankan, untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, seseorang harus mengonsumsi 1.000 mg vitamin C dua jam sebelum Anda berangkat bekerja atau beraktivitas.

Menanggapi hal, United States Department of Agriculture (USDA) sendiri merekomendasikan asupan vitamin C sebanyak 90 mg setiap hari. Namun, Anda tak perlu takut mengonsumsi hingga 2.000 mg dan mengkhawatirkan efek samping seperti diare dan mual. Pasalnya, asupan vitamin C yang banyak semakin membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bila Anda bukan tergolong seorang yang tak menyukai mengonsumsi supleman, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti jeruk, paprika, dan tomat yang sarat dengan vitamin C sebagai penggantinya. Demikian seperti dilansir Mens Health. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment