Friday, June 28, 2013

Makanan-Makanan Peningkat Hemoglobin

Makanan-Makanan Peningkat HemoglobinMENJAGA kadar hemoglobin dalam keadaan normal sangatlah penting untuk kesehatan tubuh dan kelancaran aktivitas Anda. Pasalnya, kekurangan hemoglobin dapat membuat tubuh jadi lemas, kelelahan dan mendadak sakit kepala.

Menghadapai kondisi tersebut, sesungguhnya Anda tak perlu cemas. Biasakan saja untuk mengonsumsi makanan yang kaya zat besi untuk memenuhi kadar hemoglobin di tubuh. Berikut ini makanan-makanan yang mengandung zat besi, seperti dilansir Healthmeup.

Mengonsumsi hati

Hati ialah sumber makanan yang kaya akan zat besi. Tak hanya itu, di antara makanan non-sayuran, mengonsumsi hati ialah cara terbaik untuk meningkatkan tingkat hemoglobin Anda. Bila Anda mengonsumsi hati ayam sebanyak 100 gram Anda akan mendapatkan zat besi sebanyak  9 mg atau daging sapi yang kaya juga akan sumber zat besi plus memiliki sedikit kalori dan kolesterol.

Mengonsumsi daging sapi

Daging merah ialah salah satu makanan paling direkomendasikan untuk meningkatkan hemoglobin. Namun perlu dicatat, pilihlah daging merah yang tak mengandung lemak. Di samping itu, bila Anda mengonsumsi 85 gram daging sapi, tambahan zat besi yang  tubuh Anda dapatkan ialah 2,1 mg.

Mengonsumsi dada ayam

Bagian dada merupakan salah satu makanan non-sayuran yang dapat membantu Anda melonjakkan tingkat hemoglobin. Di mana bila Anda mengonsumsi sekira 100 gram dada ayam, Anda mendapatkan 0,7 mg zat besi.

Mengonsumsi biji labu

Bila Anda mengonsumsi 100 gram biji labu Anda akan mendapat zat besi sebesar 15 mg atau 83 persen dari anjuran harian Anda. Selain itu, manfaat dari mengonsumsi biji labu juga dapat menurunkan kolesterol Anda.

Mengonsumsi gandum

Tak hanya dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung Anda, mengonsumsi aneka makanan gandum dapat meningkat zat besi dalam tubuh. Untuk dapat mendapatkan khasiat tersebut, perhatian bisa Anda tujukan pada makanan seperti sereal, bubur gandum, dan roti gandum. (ind)

»

1 comments:


I0nQQ*C0m
agen terbesar dan terpercaya di indonesia
segera daftar dan bergabung bersama kami.

Post a Comment