Wednesday, June 26, 2013

Makan Ini Bikin Fungsi Otak Meningkat

Makan Ini Bikin Fungsi Otak MeningkatFUNGSI otak tak akan bisa optimal lagi bila Anda sudah tua nanti. Namun tak usah cemas, sebab makanan berikut dapat menjaga dan meningkatkan fungsi otak Anda. Apa saja?  
Fungsi otak amat vital bagi kehidupan seseorang, entah dari hal remeh untuk memahami makna kata dan simbol saat bersosialisasi sampai menyelesaikan tugas harian sebagai pekerja atau pelajar. Namun, bertambahnya umur, khususnya saat tua akan membuat fungsi otak seseorang perlahan menurun. Pasalnya, sistem pada saraf otak pada akhirnya memiliki batas.

Namun, tak usah cemas bila yang Anda takuti itu akan mengganggu performa harian Anda. Sebab, ada makanan yang bila Anda konsumsi dan terbukti meningkatkan fungsi dan kesehatan otak, beserta sistem sarafnya. Mau tahu? Berikut ulasannya, seperti dilansir Healthmeup.
 
Bayam
 
Bayam ialah sayuran magis, sebab memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya. Tak peduli penyakit atau gangguan kesehatan, bayam merupakan rumah segala kekayaan nutrisi. Selain itu, antioksidan yang hadir dalam bayam dapat membantu memperlambat penuaan sistem otak dan saraf, sehingga meningkatkan fungsi kognitif Anda. Kognisi di sini terkait kemampuan dari Anda berkonsentrasi, mengambil keputusan, kemampuan memecahkan masalah, penalaran, dan mempelajari masalah.
 
Sayuran berdaun hijau gelap
 
Homocysteines ialah zat kimia yang bertanggung jawab atas terjadinya demensia, penyakit Alzheimer, dan menghancurkan dinding arteri bila jumlahnya sangat banyak. Tapi dengan Anda sering mengonsumsi sayuran gelap, kandungan asam folat, vitamin B dan B6 selalu akan memecah homocysteines.
 
Makan-makanan gandum
 
Aneka makanan gandum dan beras merah mengandung vitamin B6 yang dapat memecah homocysteines yang bertanggung jawab atas kemunduran fungsi otak. Selain itu, aneka makanan gandum juga mengandung magnesium yang bisa membantu Anda meningkatkan fungsi kognitif.
 
Kakao pada cokelat
 
Kandungan kakao dalam cokelat merupakan antioksidan yang kuat untuk mencegah otak terkena stres oksidatif. Di mana stres oksidatif selalu dikaitkan peneliti sebagai pemicu terjadinya penyakit Parkinson, aterosklerosis, gagal jantung, penyakit Alzheimer, dan sindrom kelelahan kronis pada seseorang.
 
Kacang-kacangan
 
Kacang-kacangan seperti almond dan kenari, atau mede memiliki kandungan yang penting untuk menjaga pembuluh darah Anda. Selain itu, asam lemak Omega-3  yang hadir dalam biji kenari juga meningkatkan fungsi otak.
 
Bawang putih
 
Bawang putih dapat mencegah penuaan sistem saraf otak dan meningkatkan sistem kardiovaskular dalam tubuh. Tentu ini sangat baik untuk performa untuk keseharian Anda. Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan yang ampuh melawan infeksi dalam tubuh.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment