Monday, June 24, 2013

Lima Tanda Dehidrasi Perlu Anda Ketahui

Lima Tanda Dehidrasi Perlu Anda KetahuiTUBUH yang terdehidrasi bisa menggangu aktivitas harian yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Pasalnya, dehidrasi bisa membuat tubuh langsung lesu, performa otot dalam tubuh menurun dan mendadak pusing.

Karena itu, penting untuk selalu membawa air minum guna saat dehidrasi Anda bisa cepat mengganti keringat yang keluar. Sayangnya, masyarakat cenderung hanya tahu bahwa berkeringat ialah satu-satunya tanda dehidrasi. Padahal tak hanya sebatas itu tanda seorang terdehidrasi, masih banyak tanda lain yang dimaknai sebagai tanda dehidrasi. Mau tahu? Berikut, paparannya seperti dilansir Mensfitness.

Anda merasa sangat haus sekali

Mulut terasa kering tak merupakan tanda bahaya. Tetapi bila Anda merasakan tenggorokan haus dan kering, hal itu merupakan cara lain tubuh mengingatkan Anda untuk segera meminum air yang banyak. Menurut Institute of Medicine, lelaki harus meminum sekira tiga liter (sekira 13 gelas) air utnuk aktivitasnya seharian penuh, namun hal itu merupakan sebenarnya panduan dasar saja. Bila Anda berolahraga dalam cuaca panas dan lembab, Anda harus meminum banyak lagi air putih.

Mendadak pusing atau lelah

Pusing bisa terjadi dikarenakan penurunan aliran darah ke otak. Dan ketika tak ada cukup air dalam darah, volume darah akan membuat tubuh jadi drop.

Detak jantung tak teratur

Ketika dehidrasi menurunkan volume darah Anda, jantung akan mempercepat untuk memompa keluar darah agar tetap seimbang, proses ini yang pada akhirnya membuat tubuh jadi terhidrasi. Atau dengan kata lain, ketika jantung berdetak sangat kencang Anda sedang mengalami dehidrasi.

Otot tertentu tubuh suka kram

Saat Anda mengeluarkan banyak keringat saat berolahraga, Anda tak hanya memaksa air keluar dari pori-pori tubuh Anda. Tetapi mengeluarkan elektrolit dengan natriuim dan kalium. Kondisi tentu tak baik untuk kesehatan otot dalam tubuh Anda, dimana membuat keseimbangan otot dalam tubuh hilang, alhasil otot pun jadi kram.

Urin Anda hampir berwarna orange

Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah Anda mengalami dehidrasi ialah mengintip air kencing Anda sebelum membersihkannya. Pasalnya, dikatakan seseorang mengalami dehidrasi ialah bila warna urinnya sudah jelas atau kuning. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment