Friday, June 28, 2013

Jantung Sehat, Kuncinya Deretan Asupan Berikut

Jantung Sehat, Kuncinya Deretan Asupan BerikutMENJAGA kesehatan jantung bisa dilakukan dengan melakukan keseimbangan aktivitas fisik serta memilih asupan yang tepat seperti berikut.

Beberapa makanan tertentu dikenal dapat membersihkan arteri, meningkatkan sisem peredaran darah hingga menjadi sehat, mencegah penyakit jantung, dan menurunkan tekanan darah. Untuk itu, tambahkan beberapa makanan berikut ini dalam mengelola berat badan dan membangun kesehatan jantung dan sistem peredaran darah.

-Pertama, temukan manfaat dari minum susu, dan makan keju seperti cheddar, parmesan, dan susu terhomogenisasi dalam jumlah sedang.

Menurut The Blood Pressure Center.com, makanan-makanan tersebut dapat menyediakan kalsium untuk diet Anda, serta membantu menstabilkan fungsi ginjal dan tekanan darah. Untuk itu, pilihlah susu mentah dan organik serta keju untuk mendapatkan keuntungan dari alam.

-Kemudian yang kedua pilihlah seluruh makanan berjenis biji-bijian, terutama gandum dan oat. ?Makanan jenis ini tinggi serat dan mengikat kolesterol. Selain itu, makan biji-bijian dapat meningkatkan fungsi pencernaan karena adanya tingkat serat yang tinggi,? ujar Elizabeth Applegate, Ph.D, seorang ahli gizi dan kebugaran dari University of California di Davis, dikutip Naturalnews.

-Selanjutnya, pilihlah makanan mengandung protein, seperti ikan segar yang tinggi asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam penyembuhan jantung. Selain itu, menurut The Blood Pressure Center, ikan juga mengandung lemak tak jenuh dan kalsium yang terbukti membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung.

-Berikutnya, pilihlah makanan berjenis buah-buahan, terutama buah yang mengandung serat alami pektin, seperti buah jeruk dan apel. Menurut Applegate, pektin dapat mengikat kolesterol dan membantu melancarkan darah. Ia juga menjelaskan bahwa makan apel dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10 persen selama periode enam minggu.

Jeruk dan lemon yang kaya akan kalium membantu ginjal dalam mengatur tekanan darah. Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin C dan asam folat. Tidak sampai di situ, jeruk juga mengandung lycopene, yaitu antioksidan yang memberikan perlindungan terhadap kerusakan kolesterol dan memberikan kesehatan mata dalam penglihatan.

Jadi, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan-makanan tersebut untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari diet Anda. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment