Saturday, June 22, 2013

Inilah Olahraga Terbaik untuk Diabetesi

Inilah Olahraga Terbaik untuk DiabetesiBILA Anda penderita diabetes, olahraga merupakan cara yang efektif untuk mengontrol kadar gula darah dan berat badan.

Ya, olahraga memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Pasalnya, orang yang menderita diabetes memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami penyakit jantung. Karenanya olahraga menjadi hal penting agar Anda dapat menghindari risiko tersebut.

Lantas, olahraga apa saja yang boleh dilakukan oleh pengidap diabetes? Berikut ini beberapa saran dan latihan bagi diabetes, seperti dilansir Boldsky.

-Upayakan sebelum memulai olahraga, diabetesi sudah berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, ada sebagian besar penyakit diabetes yang memiliki gangguan kesehatan lain, sehingga olahraga bisa sangat sulit bagi mereka.

-Periksalah kadar gula darah Anda sebelum memulai olahraga. Hal ini karena kadar gula yang tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan diabetesi. Karenanya, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan olahraga yang pas dengan kondisi tubuh Anda.

-Idealnya, latihan aerobik merupakan olahraga terbaik untuk pasien diabetes. Namun bila merasa bahwa kegiatan itu dirasa sulit, Anda bisa memililh olahraga lain, seperti berjalan, jogging, dan bersepeda.

-Latihan pernapasan juga efektif mengobati diabetes. Di mana diabetesi yang rutin mengambil napas panjang dapat membantu meningkatkan fungsi jantung dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

-Cobalah beberapa latihan kardio karena dapat meningkatkan denyut jantung dan mengontrol kadar gula darah Anda. Selain itu, berlari juga merupakan olahraga terbaik untuk meningkatkan denyut jantung.

-Usahakanlah menghangatkan badan terlebih dulu sebelum Anda memulai olahraga dan jangan lupa merilekskan tubuh setelah selesai berolahraga. Sementara itu, berlari sebelum badan hangat juga baik karena bisa menghangatkan otot kaki dan meningkatkan denyut jantung menjadi lebih lambat.

-Sebelum memulai olahraga, disarankan membawa sedikit makanan ringan seperti biskuit bebas gula dan jus. Hal ini untuk menjaga metabolisme dalam tubuh terus berkerja.

- Mulailah olahraga Anda dengan perlahan, kemudian baru meningkatkan intensitas dan durasi waktu ketika Anda bisa menjalani itu. Namun, idealnya pemula harus mulai 15 menit untuk jogging, kemudian setelah empat sampai lima hari, durasi olahraga Anda baru boleh ditingkatkan menjadi 30 menit.

Sementara itu, bila olahraga yang dijalani membuat Anda merasa pusing setelah selesai berolahraga, periksalah langsung kadar gula darah Anda. Bila Anda mengalami dehidrasi secara berlebihan, jantung berdebar, kelaparan, dan kecemasan setelah berolahraga, langsung konsultasikanlah dengan dokter. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment