Tuesday, June 25, 2013

Ini Cara Cegah Pengeroposan Tulang

Ini Cara Cegah Pengeroposan TulangTERKADANG perlu latihan untuk menjaga massa otot dan membangun tulang Anda sehat. Namun, itu semua tergantung pada jenis aktivitas yang kita lakukan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berolahraga juga dapat menyebabkan keropos dan lemahnya tulang.

Kabar baiknya, sebuah penelitian dari University of Colorado mengungkapkan, dengan mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D dimungkinkan membantu melindungi tulang dari kerusakan akibat berolahraga.

Lebih lanjut, tim peneliti memberikan 52 orang dosis 1.000 mg kalsium dan vitamin D, baik 30 menit sebelum atau 1 jam setelah berolahraga. Lalu, temuan yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Endocrine Society tersebut menunjukkan di antara orang-orang yang mengonsumsi suplemen sebelum berolahraga mengalami risiko pengeroposan tulang meningkat.

Sementara, temuan tersebut menjadi acuan di Universitas Colorado. Pada penelitian tersebut menemukan 1.000 mg kalsium dapat memperlambat kerusakan tulang sebesar 33 % dibandingkan dengan placebo.

Kemudian, penelitian menjelaskan, ketika Anda berolahraga, tingkat kalsium dalam darah akan drop. Hal ini merupakan tanda tubuh Anda memproduksi hormon yang larut pada kalsium dari tulang. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa hilangnya kalsium menyebabkan kondisi yang disebut resorpsi tulang. Hal ini dari waktu ke waktu dapat menyebabkan patah tulang, pinggul, dan arthritis.

Bahkan menurut penelitian dari Hospital Boston Beth, Israel, jika Anda tidak berolahraga, hampir 1% dari kepadatan mineral tulang menghilang.

?Jadi, sebaiknya mulai menjaga tulang Anda dengan suplemen kalsium dan vitamin D. National Institutes of Health merekomendasikan semua orang dewasa untuk mendapatkan setidaknya 1.000 mg kalsium dan vitamin D setiap hari,? jelas Vanessa Sherk, PhD, peneliti di Anschutz, Kampus Kedokteran Colorado, dikutip Prevention.

Sebanyak 1.000 mg kalsium dan vitamin D setiap hari sebelum bekerja, mungkin membantu Anda menangkal penuaan usia atau pengeroposan tulang akibat berolahraga. Untuk mendapatkan sumber kalsium bisa dengan mengonsumsi pil, yoghurt, susu, salmon, dan sayuran hijau tua. Sedangkan vitamin D memang cukup sulit didapat, tetapi masih bisa didapatkan dari lemak ikan, kuning telur, dan 15 menit dari sinar matahari pagi. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment