Sunday, June 30, 2013

Fisik Buruk, Remaja Rentan Bunuh Diri

Fisik Buruk, Remaja Rentan Bunuh DiriMEMILIKI fisik saat usia 18 tahun berhubungan dengan penurunan risiko percobaan bunuh diri di kemudian hari. Hal ini seperti diutarakan para peneliti di Sahlgrenska Academy, University of Gothenburg, Swedia.

Para peneliti meneliti 1.136.527 pria Swedia dan menunjukkan adanya hubungan antara berolahraga pada usia muda dengan penurunan risiko perilaku bunuh diri di kemudian hari.

?Berada dalam kondisi fisik buruk di usia 18 tahun setelah diukur melalui tes dengan bersepeda selama ujian medis dihubungkan dengan risiko perilaku bunuh diri 1,8 kali lebih besar pada usia dewasa nanti,? jelas Margda Waern, peneliti di Akademi Sahlgrenska, University of Gothenburg, dikutip Medicalnewstoday.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa latihan fisik memiliki efek yang sangat positif pada fungsi otak. Misalnya, melakukan latihan fisik, sel-sel saraf pada tubuh kita bisa menjadi lebih berkembang.

?Masa-masa remaja sangat krusial dalam perkembangan otak, karena masa ini sisi sosial dan emosional dibentuk. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian lebih besar mengenai pentingnya pengaruh kebugaran fisik terhadap perilaku bunuh diri,? tutur Maria Aberg, rekan profesor Waern dari Akademi Sahlgrenska.

Selain itu, dalam sebuah penelitian oleh kelompok peneliti menunjukkan bahwa kebugaran fisik yang baik pada usia remaja juga berhubungan dengan penurunan risiko depresi berat di kemudian hari. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment