Sunday, June 23, 2013

Cek Kesehatan Otak Anda lewat Mata

 Cek Kesehatan Otak Anda lewat Mata MATA tak hanya bisa diumpamakan sebagai jendela perasaan saja, tapi juga sinyal kesehatan otak Anda.

Hal ini sesuai hasil penelitian yang dilakukan Idan Shalev, Ph.D dan dirilis dalam Jurnal Psychological Science. Dia menemukan bahwa pembuluh kecil yang ada di belakang mata bisa mengungkapkan seberapa sehat otak Anda. Hal ini bisa terjadi karena adanya kemiripan bentuk dan fungsi antara mata dan otak.

"Mengapa pembuluh mata bisa menggambarkan kesehatan otak? Pasalnya, kedua hal itu memiliki kondisi yang serupa, entah ukuran, struktur, dan fungsinya," kata Shalev, seperti dikutip Mens Health.

Lebih lanjut, para ilmuwan juga menemukan bahwa seseorang yang mempunyai pembuluh vena lebih lebar cenderung buruk dalam hasil tes IQ. Di mana faktor lain seperti merokok, diabetes, dan status sosial ekonomi tak bisa disalahkan dalam hasil nilai tersebut.

Sementara itu, penelitian sebelumnya sendiri telah mengaitkan ukuran pembuluh darah di mata dengan risiko penyakit lain, seperti demensia, penyakit jantung atau stroke pada orangtua, kata Shalev. Tetapi pada hasil penelitian ini ditemukan bahwa kesehatan mata Anda bisa menunjukkan kesehatan otak pada usia lebih muda, bahkan bisa terlihat pada anak-anak (tty)

»

0 comments:

Post a Comment