Monday, June 24, 2013

Cegah Stroke & Perkuat Sendi dengan Rajin Jalan

 Cegah Stroke & Perkuat Sendi dengan Rajin Jalan INGIN memiliki sendi yang kuat atau cara jalan terus gagah sampai tua nanti? Caranya gampang, luangkan saja waktu untuk berjalan setiap hari.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian terbaru Paul Williams, Ph.D. dari Lawrence Berkeley National Laboratory. Dia menjelaskan bahwa rutin berjalan dapat mengurangi risiko osteoarthritis, kondisi di mana sendi seseorang mengalami penurunan fungsi hingga bisa menempatkan Anda di kursi roda saat tua nanti.

Dalam studi tersebut, peneliti mengobservasi 75.000 pelari dan 15.000 pejalan kaki lebih dari tujuh tahun. Hasilnya, ditemukan data bahwa berjalan dapat membantu mengurangi risiko osteoarthritis dan memangkas kemungkinan Anda membutuhkan operasi pada bagian pinggul.

"Keuntungan seorang yang berjalan ada dua. Pertama, tubuh membangun tulang rawan menjadi kuat dalam sendi Anda dan terpenting menjaga kadar proteoglikan dalam tulang rawan yang memungkinkan sendi Anda terus empuk dan terlumasi. Kedua, kendati seorang berbadan gemuk pun bila rutin membiasakan diri untuk berjalan, secara tidak langsung sudah menurunkan risiko mengalami osteoarthritis sebanyak 50 persen," jelas Paul Williams, Ph.D, penulis utama penelitian tersebut, seperti dilansir Menshealth.

Sementara untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari berjalan ini, William menambahkan, seseorang harus berjalan dengan jarak sekira satu sampai 2.2 mil per hari atau sekira delapan sampai 15 mil tiap pekan. Dalam sebuah hasil penelitian terpisah, dijelaskan bahwa berjalan juga mencegah Anda mengalami stroke atau gagal jantung. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment